Cara Membuat Proposal Kegiatan Sekolah dan Formatnya Terlengkap

Cara Membuat Proposal Kegiatan Sekolah dan Formatnya Terlengkap

Cara Membuat Proposal Kegiatan Sekolah dan Formatnya Terlengkap - Hai sobat, apa kabar? semoga sehat selalu yaaa. Pada pertemuan kali ini admin akan memberikan materi pelajaran terbaru kepada sobat semua yang tentunya materi ini belum admin berikan sebelumnya. Pada pertemuan kali ini admin akan sajikan materi terbaru tentang cara membuat proposal.

Pernahkah sobat membuat proposal? jika sudah maka sobat beruntung. Namun jika belum, jangan khawatir karena admin akan menjelaskannya secara rinci. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) proposal adalah rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja. Proposal juga disebut usulan kegiatan. Dalam proposal tertuang suatu deskripsi kegiatan atau pekerjaan yang akan dilakukan. 

Selain proposal untuk melakukan kegiatan, ada pula proposal yang lain, yaitu proposal penelitian, proposal pengembangan, proposal perencanaan pembangunan, dan jenis proposal lain untuk kepentingan yang berbeda-beda. Untuk lebih memahami format penulisan proposal, maka perhatikan dan cermati contoh proposal kegiatan berikut ini.

Bab I
PENDAHULUAN
Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bandar Lampung
Tahun Pelajaran 2015/2016

Bab I
PENDAHULUAN

1.1 Dasar Pemikiran
Akhir tahun pelajaran bagi kelas XII merupakan langkah akhir dalam menamatkan pendidikan di sekolah. Kegiatan akhir bagi siswa kelas XII ditandai dengan dilaksanakannya UAS dan UAN. Kegiatan ini menentukan keberhasilan belajar bagi siswa selama 3 tahun di SMA.

Dalam upaya menanamkan rasa cinta almamater, memelihara dan membawa nama baik SMA Negeri 1 Bandar Lampung di dunia kampus dan masyarakat, maka kelas XII akan dilepas melalui kegiatan perpisahan yang pelaksanaan kegiatannya akan disesuaikan dengan kemampuan sekolah.

Diharapkan denggan kegiatan perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII ini akan tertanam nilai-nilai moral dan iktikad baik pada setiap individu sehingga antara pihak sekolah dan alumni terpelihara jalinan kekeluargaan yang erat.

1.2 Landasan Kegiatan
Landasan kerja penyelenggaraan perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII tahun pelajaran 2015/2016 ini antara lain sebagai berikut:
  1. Program Kerja OSIS SMA Negeri 1 Bandar Lampung masa bakti 2015/2016 yang juga menjadi agenda tahunan.
  2. Rapat pengurus OSIS SMA Negeri 1 Bandar Lampung dengan Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK)
1.3 Tujuan Kegiatan
Kegiatan perpisahan kelas XII ini memiliki beberapa tujuan antara lain sebagai berikut:
  1. Menumbuhkan dan mempererat rasa kekeluargaan baik antar siswa, antar siswa dengan guru, aupun guru dengan guru yang didasari rasa memiliki dan cinta terhadap almamater.
  2. Menumbuh kembangkan keyakinan seluruh siswa untuk berusaha mewujudkan kemampuan dan keterampilan dalam seni budaya khususnya bercorak kedaerahan. 
  3. Mengadakan pagelaran seni sebagai langkah  dalam menumbuh kembangkan kreatifitas secara individu maupun secara kelompok.
1.4 Sasaran Kegiatan
Sasaran kegiatan perpisahan dan pelepasan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016 adalah sebagai berikut:
  1. Siswa kelas XII sebagai calon alumnus SMA Negeri 1 Bandar Lampung agar hidup bermasyarakat maupun sebagai mahasiswa dapat menjaga dan mengangkat nama baik almamaternya.
  2. Siswa kelas X dan XI dalam kegiatan ini dapat memperlihatkan bakat, kemampuan, keterampilan dan seni budaya yang berkesan serta membangkitkan rasa haru yang dalam.
  3. Guru-guru sebagai pendidik, pembimbing, dan pengajar untuk mengkoordinasi dan memotivasi siswa agar memperoleh pengalaman berorganisasi, khususnya dalam OSIS melalui kegiatan pelepasan dan perisahan ini.

Bab II
ISI KEGIATAN

2.1 Nama Kegiatan
"Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Bandar Lampung"

2.2 Tema Kegiatan
Tema acara kegiatan perpisahan ini adalah "Perpisahan adalah tanda bahwa kita pernah saling berjumpa. Oleh karen itu, kenanglah apa yang baik dari perjumpaan agar kita tetap saling asih, asah, dan asuh."

2.3 Waktu dan Tempat Kegiatan
Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII ini, insyaallah akan dilaksanakan pada:

Hari / tanggal: Sabtu, 28 Juni 2016
Waktu          : Pukul 08.30 s.d. selesai
Tempat         : Halaman SMA Negeri 1 Bandar Lampung 


2.4 Kepanitiaan
Terlampir

2.5 Anggaran Biaya
Terlampir

Bab III
PENUTUP

Dengan selesainya penyusunan proposal kegiatan Perpisahan dan Pelepasan Siswa Kelas XII ini, diharapkan semua yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan ini dapat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas masing-masing. Selain itu, juga diharapkan adanya kerjasama antar seksi sehingga terjalin kesamaan langkah dalam menjalankan tugas. 

Besar harapan kami semoga proposal ini dapat bermanfaat sehingga dapat dicapai tujuan yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.


Contoh proposal diatas mungkin terlalu singkat jika dibandingkan dengan proposal aslinya. Namun contoh diatas hanyalah gambaran dan harapannya sobat dapat membuat proposal kegiatan yang baik dan dapat diterima oleh banyak orang. 

Dengan melihat contoh proposal kegiatan sekolah diatas maka sobat dapat menyimpulkan formatnya bukan. Nah untuk lebih rincinya format proposal kegiatan sekolah adalah sebagai berikut.

Bab I
PENDAHULUAN
1.1 Dasar Pemikiran
1.2 Landasan Kegiatan
1.3 Tujuan Kegiatan
1.4 Sasaran Kegiatan

Bab II
ISI KEGIATAN
2.1 Nama Kegiatan
2.2 Tema Kegiatan
2.3 Waktu dan Tempat Kegiatan
2.4 Kepanitiaan
2.5 Anggran Biaya

Bab III
PENUTUP


Itulah sobat materi hari ini tentang Cara Membuat Proposal Kegiatan Sekolah dan Formatnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa pada materi selanjutnya yang tentunya tak kalah penting dengan materi ini. Sampai jumpa dan semoga sukses!

Related Posts:

0 Response to "Cara Membuat Proposal Kegiatan Sekolah dan Formatnya Terlengkap"

Posting Komentar