10 Contoh Karangan Bebas dan Pengertiannya Terlengkap

10 Contoh Karangan Bebas dan Pengertiannya Terlengkap

10 Contoh Karangan Bebas dan Pengertiannya - Dalam Bahasa Indonesia terdapat banyak sekali jenis paragraf dan jenis kalimat oleh karena itu bentuk dari karangannya juga menjadi sangat bervariasi. Salah satu jenis karangan tersebut adalah karangan bebas. Tahukah sobat tentang karangan bebas dan bisakah sobat membuatnya? Jika belum mari kita bahas secara jelas pada pertemuan kali ini. Simak baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Karangan Bebas

Karangan bebas merupakan salah satu jenis karya tulis yang tidak memiliki aturan terikat dalam penulisannya bertujuan untuk menghibur pembaca dengan pengungkapan gagasan-gagasan yang dibuat oleh penulis melalui imajinasinya. Oleh karena itu karangan bebas juga dapat disebut dengan prosa. Untuk lebih jelasnya mari lihat contoh karangan bebas di bawah ini.

Contoh Karangan Bebas

Pertama Kali Sakit Hati

Ketika itu aku masih SMA, aku suka dengan seorang gadis. Inisialnya I. dia cantik, anggun, sederhana, matanya indah sesuai dengan namanya. Aku pernah bermimpi mendapatkannya. Sampai suatu ketika ada teman yang memberikan nomor handphonenya, tak banyak berpikir aku pun langsung menerimanya. Malamnya ketika santai, aku berkenalan dengannya lewat sms. Dia pun menanggapinya dan kami mengobrol hingga larut malam. Sampai pada akhir percakapan sms itu aku pun memberikan salam penutup “selamat tidur ya”, walaupun tidak dibalas aku pun tetap senang. 

Suatu ketika, tidak tahu mengapa dia tidak membalas sms dariku. Itu terjadi beberapa hari. Sampai suatu ketika aku mencari tahu, dan ternyata dia dekat dengan temanku sendiri, dengan sangat kecewa tidak ada yang bisaku perbuat. Setelah itu aku mencoba sms dia, dengan sedikit perasaan kesal dan dia membalasnya. Itu terjadi beberapa waktu namun aku tetap berhubungan dengannya tanpa sepengetahuannya bahwa aku tahu bahwa dia dekat dengan temanku sendiri. Namun yang lebih mengherankan lagi setelah satu minggu, aku iseng mengajaknya jalan-jalan dan herannya ternyata di mengiyakannya. Akhirnya aku pun jalan-jalan dengannya berkeliling kota menggunakan motorku yang tak seberapa ini.

Sampailah pada suatu hari ketika aku melihatnya dia jalan dengan temanku sendiri, dengan perasaan geram, marah. dan malamnya saya putuskan untuk menyatakan perasaan saya kepadanya. Saya menyatakannya lewat sms dengan kata “I love you”, dia membalas “ apa maksudnya”, ”iya itu isi perasaanku sama kamu, kamu bisa memberiku jawaban sekarang kepadaku?”. Intinya dalam percakapanku dengannya, dia jujur kepadaku sebenarnya dia telah memiliki teman laki-laki namun itu bukan temanku. Aku pun marah merasa di permainkan. Rasa marah bercampur dengan sakit hati mengisi hatiku karena dia telah membuatku menjaga jarak dengan temanku yang sudah sejak kecil aku mengenalnya. Aku pun berfikir untuk menjauhinya dan tidak berhubungan lagi dengannya, meskipun sangat sulit tetapi aku tetap berfikir kalau jodoh pasti tidak akan kemana.


Liburan Nekat

Namaku Andi dan aku tinggal di Lampung. Pada saat liburan sekolah desember lalu aku memutuskan untuk nekat liburan ke bandung. Bagaimana tidak nekat? Aku pergi menggunakan sepeda motor bersama ezi temanku. Perjalanannya memang cukup melelahkan namun aku tetap semangat karena ini pengalaman pertamaku berlibur menggunakan sepeda motor. Perjalanan yang di tempuh memakan waktu 12 jam. Kami berangkat dari Bandar Lampung jam 10 pagi dan tiba di Bandung pukul 10 malam. Dalam perjalanan ketika kami melewati puncak bogor udara sangat dingin dan kebetulan sehabis hujan jadi udara disana memang membuat kami menggigil.

Setibanya disana, kami sangat senang sekali akhirnya sampai juga walaupun badan terasa lelah sekali. Kami langsung menuju kerumah teman kami yang tinggal disana namanya Adrian. Itupun sekaligus perkenalan pertamaku dengannya. Dia orangnya baik kami disambut dengan ramah olehnya. Kami pun memutuskan untuk menginap sementara disana. Keesokan harinya, Adrian mengajak aku dan ezi untuk bersenang-senang menikmati liburan kami. Ia mengajak kami pergi ke Tangkuban Perahu, aku pun senang sekali. Pemandangan disana sangat indah sekali dan udaranya pun cukup dingin. Kami disana berfoto karena ingin mengabadikan pengalaman berharga kami.

Setelah seminggu disana kami pun memutuskan untuk pulang, dengan perasaan berat hati kami meninggalkan kota yang cukup terkenal itu namun memang uang kami hanya cukup untuk biaya pulang saja. Kami pamit dengan mengucapkan banyak terima kasih kepada Adrian karena dia telah banyak membantu kami disana. Kami pulang dan tiba dirumah dengan selamat. Aku dan temanku pun menganggap pengalaman ini sangat berharga dan tidak akan melupakannya.


Nah itulah sobat contoh karangan bebas dan pengertiannya semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. Sampai jumpa dan semoga sukses.

Related Posts:

0 Response to "10 Contoh Karangan Bebas dan Pengertiannya Terlengkap"

Posting Komentar