Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri Karangan Narasi Terlengkap

Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri Karangan Narasi Terlengkap

Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri Karangan Narasi - Pada pertemuan kali ini admin akan memberikan materi yang baru kepada sobat setia. Materi tentang karangan masih menjadi materi kita pada perjumpaan kali ini namun pada pertemuan kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang karangan narasi baik contoh, jenis-jenisnya dan ciri-cirinya. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Karangan Narasi

Karangan narasi adalah karangan yang berisi tentang suatu kejadian atau peristiwa yang diceritakan dengan urutan yang sistematis sesuai kronologinya. Karangan narasi bertujuan untuk menghibur pembaca dari cerita yang disajikan. Karangan jenis ini bisa merupakan fiksi maupun non fiksi. karangan narasi juga banyak sekali ditemukan di karya tulis seperti autobiografi, novel, cerpen, roman dan sebagainya.

Ciri-Ciri Karangan Narasi

Adapun ciri-ciri dari karangan narasi antara lain sebagai berikut:
  1. Berisi dan menceritakan sebuah cerita dari peristiwa tertentu baik fiksi maupun non fiksi.
  2. Penyajian cerita berurutan berdasarkan urutan waktu.
  3. Terdapat konflik di dalam cerita.
  4. Memiliki unsur yang jelas seperti latar, pemeran, tema dan sebagainya.

Jenis-Jenis Karangan Narasi

Karangan narasi pada dasarnya dibagi menjadi 3 jenis yaitu:
  1. Narasi Informatif, yaitu narasi yang bersifat memberikan suatu informasi dari suatu kejadian dan peristiwa yang telah terjadi kepada pembaca.
  2. Narasi Artistik, yaitu karangan narasi yang berisi tentang karangan yang menceritakan suatu peristiwa yang bertujuan untuk menghibur pembaca dan memberikan kesan estetis kepada pembaca. Karangan narasi artisitik bisa berupa peristiwa fiksi maupun non fiksi.
  3. Narasi Sugestif, yaitu narasi yang menceritakan sebuah peristiwa namun dengan maksud yang kurang jelas atau terselubung.

Nah itu tadi sobat Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri Karangan Narasi Terlengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan sampai jumpa pada perjumpaan selanjutnya dengan artikel lainnya yang lebih menarik tentunya.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Jenis, dan Ciri-ciri Karangan Narasi Terlengkap"

Posting Komentar