Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia

Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia - Kita semua tahu bahwa Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi Negara Republik Indonesia. Bahasa Indonesia resmi dijadikan sebagai bahasa nasional bersamaan dengan diadakannya Sumpah Pemuda pada tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Jakarta. Adapun bunyi dari isi Sumpah Pemuda antara lain:
  1. Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah air Indonesia.
  2. Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
  3. Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.

Menurut isi dari sumpah pemuda di atas, Bahasa Indonesia resmi dinyatakan sebagai bahasa nasional yang memiliki kedudukan dan fungsi sebagai bahasa pemersatu bangsa. Adapun fungsi dari bahasa Indonesia antara lain:

1.   Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Kedudukan Sebagai Bahasa Nasional

Fungsi Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional dibagi menjadi empat aspek antara lain:

A.   Bahasa Indonesia Sebagai Lambang Kebanggaan Nasional.

Bahasa Indonesia Sebagai lambang kebanggaan Nasional yaitu bahasa Indonesia di dalamnya terkandung nilai-nilai sosial dan nilai budaya leluhur.Nilai yang terkandung di dalam Bahasa Indonesia mencerminkan sifat dan kepribadian bangsa Indonesia yang santun dan sopan. Oleh karena itu sebagai bangsa Indonesia kita harus bangga memiliki Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama di Indonesia.

B.   Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Bangsa Indonesia

Bahasa Indonesia merupakan satu-satunya bahasa nasional yang ada di Indonesia. Oleh karena itu bahasa Indonesia patut dijadikan sebagai simbol bangsa Indonesia karena bangsa Indonesia hanya memiliki satu bahasa nasional berbeda dengan Malaysia atau Singapura atau Filipina yang menjadikan Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa nasional mereka.

C.   Bahasa Indonesia Sebagai Alat Komunikasi antar Suku, Budaya dan Daerah.

Di Indonesia sendiri terdapat sangat banyak sekali suku, budaya dan bahasa daerah. Oleh karena itu untuk menjalin komunikasi yang baik antar suku, antar daerah diperlukan bahasa penghubung. Peran Bahasa Indonesia lah yang menghubungkan bahasa-bahasa dari daerah-daerah di Indonesia. Sehingga antar suku, budaya dan daerah terjalin hubungan yang baik tanpa adanya salah komunikasi.

D.   Bahasa Indonesia Sebagai Alat pemersatu Bangsa Indonesia
Bahasa Indonesia merupakan alat pemersatu bangsa yang paling efektif apabila melihat perbedaan suku dan pastinya kebiasaan dan prilaku antar daerah karena pada setiap daerah pasti memiliki cara adat dan istiadatnya masing-masing. Oleh sebab itu Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pemersatu dari keberagaman suku tersebut. Sehingga timbul rasa kesatuan yang kuat antar daerah, suku dan budaya untuk membela tanah air tercinta.

2.   Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Kedudukan Sebagai Bahasa Negara   

Fungsi Bahasa Indonesia sebagai bahasa negara tertuang pada UUD 1945 Bab 15 pasal 36 yang berbunyi, "Bahasa Negara adalah bahasa Indodonesia." Landasan konstitusional tersebut membuat kedudukan yang kuat bagi Bahasa Indonesia sebagai bahasa pesatuan dan kesatuan negara Indoensia. Fungsi Bahasa Indonesia dalam kedudukannya sebagai bahasa negara di bagi menjadi empat aspek antara lain:

A.   Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan

Bahasa Indonesia sebagai bahasa kenegaraan yang harus digunakan pada setiap penyelenggaraan acara yang menyangkut kepentingan kenegaraan baik pemerintah maupun jajarannya. Bahasa Indonesia harus digunakan pada setiap pidato, upacara dan kegiatan-kegiatan lainnya.

B.   Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan

Bahasa Indonesia telah digunakan sebagai bahasa nasional sudah sejak lama sekali. Penggunaannya dalam penyampaian ilmu pengetahuan di sekolah harus diutamakan maka dari itu di setiap sekolah dari jenjang SD hingga Perguruan tinggi pun terdapat pelajaran Bahasa Indonesia.

C.   Bahasa Indonesia sebagai alat penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan tata-cara perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional serta pemerintahan

Bahasa Indonesia adalah alat penghubung komunikasi pada seluruh daerah di Indonesia untuk menjalin komunikasi yang baik. Kedudukan Bahasa Indonesia juga digunakan sebagai alat komunikasi pemerintah di berbagai daerah untuk melaksanakan pembangunan daerah.

D.   Bahasa Indonesia Sebagai pengembangan kebudayaan Nasional, Ilmu dan Teknologi (iptek)

Kedudukan Bahasa Indonesia sebagai fungsi sebagai alat komunikasi yang pokok sangat diperlukan untuk pengembangan kebudayaan, ilmu dan teknologi. Oleh karena itu setiap buku-buku pelajaran, dan semua yang menyangkut dengan budaya serta ilmu pengetahuan harus menggunakan bahasa Indonesia

Fungsi Khusus Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia juga memiliki fungsi secara khusus yang juga dibagi menjadi empat aspek antara lain:

1. Mewujudkan hubungan dalam Interaksi Dalam Kehidupan sehari-hari.
2. Mewujudkan Seni (Sastra).
3. Mempelajari bahasa-bahasa kuno.
4. Memahami IPTEK.

Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia telah kita bahas bersama-sama diatas. Semoga artikel ini dapat membantu sobat semua dan sampai jumpa semoga sukses!

Related Posts:

1 Response to "Penjelasan Lengkap Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia "