Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Terbaru

Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Terbaru

Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi - Jika pada pertemuan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian paragraf eksposisi, dan strukturnya maka pada pertemuan kali ini admin akan memberikan contoh terbaru mengenai teks eksposisi. Mari kita lihat contoh dibawah ini agar sobat lebih memahami cara membuat teks eksposisi.

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi 1

Judul: Tantangan Tenaga Kerja Indonesia pada Masyarakat Ekonomi Asean

Pada akhir tahun 2015 lalu Indonesia dan seluruh anggota negara-negara di ASEAN resmi memberlakukan MEA atau Masyarakat Ekonomi Asean yang bertujuan untuk meningkatkan kestabilan ekonomi di negara-negara ASEAN serta menjadi wilayah dengan ekonomi yang kuat. Pada akhir 2015 seluruh negara-negara ASEAN akan mengalami aliran bebas barang, jasa, investasi dan juga tenaga kerja terdidik. Hal tersebut tentunya akan menjadi tantangan bagi tenaga kerja Indonesia karena harus bersaing dengan tenaga kerja asing yang juga bebas bekerja di Indonesia semenjak diberlakukan MEA. Hal ini tentunya harus sudah dipersiapkan agar SDM tenaga Indonesia dapat bersaing dengan orang asing. 

Tak dapat dipungkiri bahwa SDM di Indonesia belum merata termasuk untuk para pencari kerja yang notabene merupakan golongan usia produktif. Hal tersebut sangat disayangkan ditambah lagi dengan tak diberlakukannya wajib Bahasa Indonesia bagi tenaga asing yang bekerja di Indonesia tentu akan membuat tenaga kerja dalam negeri semakin terancam posisinya. Coba lihat saja seperti di Filipina dan Malaysia, masyarakat disana sangat fasih berbahasa inggris karena bahasa inggris juga dijadikan bahasa nasional. Berbeda dengan Indonesia yang hanya memiliki satu bahasa. Hal ini sungguh mengkhawatirkan karena kunci keberhasilan kerja juga didasarkan dengan baiknya komunikasi antar tim. Oleh karena itu, jika tenaga kerja dan calon tenaga kerja Indonesia tak bisa berbahasa Inggris maka hal tersebut akan menyulitkan dirinya dan menjadikan Indonesia dikuasai oleh tenaga kerja asing.

Dengan diberlakukannya MEA maka dampak positifnya adalah kemungkinan Indonesia untuk bersaing dengan negara tetangga dalam sektor ekonomi semakin kuat karena Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah. Oleh karena itu jika hal ini didukung oleh tenaga kerja dalam negeri yang kompeten maka akan membuat Indonesia menjadi negara yang kuat dalam sektor ekonomi baik di ASEAN maupun di dunia. 

Contoh Teks Eksposisi tentang Ekonomi 2

Judul: Kondisi Ekonomi Indonesia

Dibandingkan dengan tahun 2008, sejak tahun 2015 akhir hingga awal tahun 2016 ini para pakar ekonom mengatakan bahwa kondisi ekonomi Indonesia lebih baik dan lebih kompleks. Hal ini karena kesiapan Indonesia dari berbagai sektor yang mampu menahan dampak krisis global yang banyak terjadi pada negara-negara eropa. Krisis global bermula dari negara adidaya Amerika Serikat dan menular hingga ke Eropa hingga membuat sektor industri utama disana kebingungan untuk melakukan penyelamatan terhadap bisnisnya sehingga tak sedikit pengusaha yang gulung tikar.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang menganut konsep pasar bebas yang menjadi anutan Negara maju. Banyaknya paket-paket kebijakan yang dikeluarkan untuk kepentingan kelas pemodal atau investor. Umumnya dampak dari krisis global untuk Indonesia telihat sangat jelas. Sejak dilanda krisis global, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami penurunan. BI memperkirakan penurunan pertumbuhan ekonomi Indonesia berkisar dari 6,1 persen ke 4 persen. Sejak dilanda krisis tingkat ekspor Indonesia mengalami penurunan drastis dari mulanya 12,5 miliar dollar AS pada Juli 2008 ke angka 7,1 miliar dollar AS pada Januari 2009, bukan hanya ekspor, impor juga mengalami penurunan yang signifikan dari 10,7 miliar dollar AS ke 5 miliar dollar AS pada periode yang sama. Penurunan ekspor tersebut terjadi karena disebabkan oleh adanya pengurangan tingkat permintaan dari Negara maju seperti Amerika, Eropa dan juga pasar Asia karena masalah ekonomi pada Negara-negara tersebut akibat dari krisis global. Selain itu, disisi lain Indonesia mengalami tingkat ketergantungan yang cukup tinggi terhadap pasar luar negeri. Berbeda dengan krisis global tahun 2015 lalu, meskipun nilai mata uang rupiah melemah sangat lemah terhadap dollar namun pelemahan tersebut bukanlah yang terburuk jika dibandingkan Negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand dan bahkan China yang pelemahan mata uangnya lebih rendah dari Indonesia. Selain itu pertumbuhan ekonomi Indonesia juga meningkat meskipun merangkak lambat.

Penguatan mata uang Rupiah terhadap Dollar memang perlahan menguat. Hal tersebut karena paket kebijakan-kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah untuk memperbaharui regulasi yang ada baik itu aliran barang, jasa maupun investasi. Meskipun Negara-negara Eropa belum sepenuhnya pulih dari dampak krisis global lalu tetapi Indonesia sudah mulai bangkit dengan meningkatnya nilai investasi dalam negeri dan juga penguatan sektor tanaman pangan sehingga nilai impor dapat diperkecil.

Nah itulah sobat artikel tentang Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Terbaru. Semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa pada contoh karangan yang lebih menarik tentunya.

Related Posts:

0 Response to "Contoh Karangan Teks Eksposisi Tentang Ekonomi Terbaru"

Posting Komentar