Aturan Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah yang Benar

Aturan Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah yang Benar

Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah - Saat ini banyak anak sekolah bahkan mahasiswa pun yang masih kebingungan tentang cara penulisan makalah. Baik itu dari format penulisannya hingga sistematika penulisannya. Sebenarnya dalam penulisan makalah atau karya tulis ilmiah tatacara penulisannya berbeda antara satu sekolah dengan sekolah yang lain atau satu universitas dengan universitas yang lain. Namun pada pertemuan kali ini admin akan memberikan contoh dan cara penulisan makalah secara umumnya yang banyak digunakan orang.

Sebelum kita memasuki ke sistematika penulisannya alangkah baiknya jika sobat mengetahui terlebih dahulu tentang format atau seting dalam penulisan makalah maupun karya ilmiah. Oke mari lihat penjelasan di bawah ini.

Format Penulisan / Aturan Penulisan

Dalam penulisan makalah terdapat beberapa hal yang harus disesuaikan dengan cara penulisan yang benar agar makalah dapat terlihat menarik dan mudah dipahami. Adapun hal-hal tersebut antara lain:

1.   Huruf
Pada umumnya huruf yang digunakan dalam penulisan makalah adalah Times New Roman dengan ukuran huruf 12 pt. Sedangkan untuk bagian ukurannya cover dapat disesuaikan yang terpenting dapat dilihat menarik dan tak terdapat kerancuan di dalamnya.

2.   Spasi
Ukuran Spasi yang digunakan umumnya pada makalah adalah 1.5 spasi namun ada pada karya tulis ilmiah seperti skripsi biasanya menggunakan 2 spasi.

3.   Paragraf
Umumnya pengaturan paragraf yang digunakan pada makalah maupun karya tulis ilmiah adalah rata kanan-kiri. Hal ini bertujuan agar tulisan terlihat lebih rapi ketimbang menggunakan rata kiri.

4.   Nomor halaman
Nomor halaman sebetulnya tak ada aturan khusus yang menjelaskan penempatan nomor halaman pada makalah atau karya tulis ilmiah. Namun pada umumnya nomor halaman diletakan pada bagian bawah sebelah kanan halaman.

5.   Margin
Margin adalah jarak antara batas kertas dengan awal penulisan. Margin yang digunakan pada makalah maupun karya tulis ilmiah antara lain:

Untuk halaman pembuka bab seperti halaman Kata Pengantar, Daftar Isi, Bab I, Bab II, Bab III dan seterusnya menggunakan margin:
top: 5 cm
right: 3 cm
bottom: 3 cm
Left: 4 cm.

Perlu diingat pengunaan margin tersebut hanya digunakan pada 1 halaman saja yakni pada halaman yang telah disebutkan diatas. Untuk margin pada halaman biasa (bukan pembuka Bab) menggunakan margin:
top: 3 cm
right: 3 cm
bottom: 3 cm
Left: 4 cm.

Penggunaan margin bertujuan untuk membuat halaman terlihat lebih rapi dan enak dilihat. Oleh karena itu sobat harus benar-benar memahami tentang pengaturan margin ini. Jika sobat  telah memahaminya mari kita lanjutkan penjelasan berikutnya tentang sistematika penulisan makalah.

Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Tulis Ilmiah

HALAMAN JUDUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN KATA PENGANTAR
HALAMAN DAFTAR ISI
HALAMAN DAFTAR GAMBAR/GRAFIK 

BAB I     : PENDAHULUAN
1.1.    LATAR BELAKANG
Latar belakang umumnya berupa hal-hal yang melatar belakangi dalam Karya Tulis tersebut.

1.2.    TUJUAN
Tujuan berisi tentang maksud atau tujuan dari karya tulis tersebut.

1.3.    Permasalahan
Permasalah berisi tentang masalah yang akan dibahas pada karya tulis tersebut

BAB II            : TINJAUAN PUSTAKA
Tinjauan pustaka berisi tentang peninjauan dari poin-poin penting yang menjadi topik permasalah pada karya tulis tersebut. Tinjauan pustaka berguna untuk mereview masalah-masalah yang berkaitan dengan topik permasalahan.

BAB III          : PEMBAHASAN    
Pembahasan berisi tentang data-data hasil penelitian yang diperoleh dari hasil kuisioner maupun data tertulis yang diambil dari instansi-instansi terkait. 

BAB IV          : PENUTUP
4.1.    KESIMPULAN
Kesimpulan berisi tentang rangkuman atau poin terpenting dari hasil pembahasan pada makalah atau karya tulis.

4.2.    SARAN 
Saran berisi tentang permintaan penulis kepada pembaca antara lain untuk melengkapi hasil penelitiannya dan juga memperbaiki jika ditemukan kesalahan dengan cara memberitahukan kepada penulis agar penulis memperbaikinya.

DAFTAR PUSTAKA
Daftar pustaka berisi tentang semua sumber-sumber dari data yang terdapat pada karya tulis baik itu fakta maupun opini yang jelas daftar pustaka adalah semua sumber dari kutipan yang ada di karya tulis atau makalah tersebut. Penulisan daftar pustaka haruslah mengikuti kaidah penulisan yang benar yang sudah pernah kita bahas sebelumnya.

LAMPIRAN
Lampiran berisi data-data hasil pengolahan data baik berupa tabel, grafik, gambar dan sebagainya. Lampiran juga dapat diisi dengan gambar atau foto kegiatan penulis dalam menyelesaikan makalah atau karya tulis tersebut.


Nah itulah sobat artikel tentang Aturan Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah yang Benar dan telah kita bahas secara terperinci diatas. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih telah membaca.

Related Posts:

2 Responses to "Aturan Sistematika Penulisan Makalah dan Karya Ilmiah yang Benar"

  1. Terimakasih min, lg dsuruh bikin makalah di sekolah :v
    oiya, mampir yaa http://biarapa.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus