Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet Lengkap


Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet Lengkap

Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet Lengkap - Daftar pustaka merupakan ciri yang khas dari karya tulis ilmiah. Penulisan daftar pustaka bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca bahwa data-data yang terdapat dalam karya tulis tersebut terpercaya sumbernya atau dengan kata lain data atau opini yang dikutip memiliki sumber yang jelas.

Cara penulisan daftar pustaka pada umumnya menggunakan unsur NATAJUKOPEN atau nama, tahun, judul, kota penerbit dan nama penerbit. Namun berbeda dengan daftar pustaka yang diambil dari internet. Misalnya saja wikipedia ataupun situs-situs perujuk lainnya. Mungkin masih banyak sobat yang bingung dalam penulisan daftar pustaka yang diambil dari internet. Maka dari itu mari kita bahas bersama-sama agar sobat dapat memahaminya.

Cara penulisan daftar pustaka dari internet

Teknis menulis daftar pustaka dari internet yang benar tidaklah sulit bahkan lebih mudah dan lebih praktis dari daftar pustaka yang diperoleh dari buku karangan seseorang. Coba perhatikan sumber dibawah ini.

Jenis tanaman hias indoor yang sangat indah  jika diletakan di dalam ruangan antara lain adalah anthurium, calathea, krisan anggrek, dan agloanema.
Sumber: http://seputarpertanianoke.blogspot.co.id/2015/12/81-jenis-tanaman-hias-indoor-murah-dan.html

Teknik penulisanya juga cukup mudah mari ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

  1. Nama pengarang, dalam penulisan nama pengarang sama dengan penulisan daftar pustaka biasa yaitu nama depan diletakan dibelakang. 
  2. Judul, penulisan judul diberikan tanda kutip sama halnya dengan penulisan daftar pustaka biasa.
  3. Tanggal akses, yaitu tanggal mengakses data tersebut di internet.
  4. Alamat internet data tersebut yang dilutiskan dalam bentuk alamat URL.
Jadi data diatas bentuk daftar pustakanya dapat dituliskan sebagai berikut.

Arif Ramadhan, Andi. "Jenis Tanaman Hias Indoor Murah dan Indah". 10 Januari 2016. http://seputarpertanianoke.blogspot.co.id/2015/12/81-jenis-tanaman-hias-indoor-murah-dan.html

Mudah bukan cara menulis daftar pustaka dari internet. Admin yakin sobat pasti bisa menulisnya. Namun jika masih kurang paham mari lihat contoh dibawah ini.

Kutipan: "Virus adalah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya". Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Virus

Daftar Pustaka: 
Wikipedia bahasa Indonesia. "Virus". 10 Januari 2016. https://id.wikipedia.org/wiki/Virus

Itulah sobat Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet Lengkap semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua. Sampai jumpa pada artikel lain yang lebih menarik tentunya.

Related Posts:

0 Response to "Contoh dan Cara Penulisan Daftar Pustaka dari Internet Lengkap"

Posting Komentar