5 Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap

5 Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap

Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap - Karangan adalah karya tulis yang berupa gagasan-gagasan yang ditulis oleh penulis dengan imajinatif yang bertujuan untuk menyampaikan maksud dan tujuannya kepada pembaca tentang karangan yang dibuatnya. Karangan dalam Bahasa Indonesia terdiri dari 5 jenis karangan yaitu karangan deskripsi, narasi, eksposisi, argumentasi dan persuasi. Sebenarnya semua jenis karangan telah dijelaskan namun admin sajikan secara terpisah. Nah pada pertemuan kali ini admin akan menyajikan semua jenis karangan tersebut menjadi satu dan beserta contohnya. Mari lihat penjelasannya di bawah ini.

1.   Karangan Deskripsi

Karangan deskripsi adalah karangan yang berisi tentang gambaran atau penjelasan yang berupa wujud, sifat, warna dan sebagainya tentang objek yang dibahas. Karangan deskripsi bertujuan agar pembaca secara tidak langsung dapat mengerti akan hal-hal yang digambarkan sehingga seakan-akan pembaca dapat melihat, merasakan dan mampu memahaminya. Baca Juga: Contoh karangan deskripsi lainnya

Ciri-ciri Karangan Deskripsi
adapun ciri-ciri dari karangan deskripsi adalah sebagai berikut:
  1. Berisi gambaran dari suatu objek yang digambarkan dengan sejelas-jelasnya agar pembaca mampu memhami maksud dari penulis.
  2. Melibatkan panca indra untuk memahami isi karangan.
  3. Cara dan metode penulisan menggunakan metode objektif dan subjektif serta memberikan kesan-kesan penulis terhadap objek yang diangkat.

Contoh Karangan Deskripsi

Sekolahku

Aku bersekolah di SD Negeri 1 Kota Bandar Lampung. Sekolahanku adalah sekolahan yang hijau dan asri. Bangunan sekolahku pun sangat bagus dan tertata rapi. Hal tersebut membuat para siswa dapat belajar dengan baik dan dapat berkonsentrasi dengan baik di sekolah. Guru-guru yang mengajar pun merupakan guru-guru pilihan yang sangat baik dan sangat serius ketika mengajar. Oleh karena itu tak heran sekolahanku sering menjuarai lomba-lomba akademik maupun non akademik baik tingkat daerah maupun nasional. Bahkan ada beberapa siswa sekolahku yang telah pergi keluar negeri untuk berlomba.

Tahun ini sekolahku mendapat penghargaan dari Kementerian Pendidikan sebagai sekolah dasar terbaik se Indonesia yang penghargaannya diserahkan langsung oleh Pak Menteri di sekolahku. Sangat membanggakan rasanya aku dapat bersekolah disekolahan ini. Sekolahku juga terdapat fasilitas-fasilitas yang sangat baik seperti laboraturium IPA, Laboratorium Komputer, Perpustakaan yang sangat lengkap, Kantin yang bersih dan lapangan futsal yang berkelas internasional. Semuanya fasilitas tersebut berguna untuk mendukung siswa agar dapat berlomba-lomba meraih prestasi.

2.   Karangan Narasi

Karangan narasi merupakan bentuk karya tulis yang berisi serangkaian peristiwa dan kejadian baik nyata maupun tak nyata yang disampaikan penulis melalui urutan waktu yang sistematis dan logis. Pada jenis karangan ini terdapat tahap-tahap dan proses-proses peristiwa yang terjadi dengan jelas, dimulai dari perkenalan, permasalahan, konflik, solusi dan cara penyelesaian dan akhir.

Ciri-ciri Karangan Narasi
Adapun ciri-ciri karangan narasi adalah sebagai berikut:
  1. Berisi tentang peristiwa ataupun kejadian yang menarik untuk di baca oleh orang banyak.
  2. Cerita pada peristiwa yang diangkat disajikan secara sistematis atau berurutan dari awal hingga akhir.
  3. Terdapat konflik dan tokoh.
  4. Seting yang disampaikan di sajikan secara jelas.
  5. Tujuan dari karangan narasi adalah sebagai hiburan pembaca.

Contoh Karangan Narasi

Liburanku di Lampung

Saat liburan kemarin aku bersama teman-temanku memutuskan untuk berlibur dan setelah berdiskusi sangat lama akhirnya kami pun memilih Lampung sebagai tujuan wisata kami. Pagi itu aku berangkat bersama Dina, Dini, Rio dan Abdi menggunakan transportasi umum dari terminal kampung rambutan menuju ke pelabuhan merak. Saat itu kami benar-benar belum ada yang pernah pergi ke Lampung jadi kami pun sedikit ragu sebenarnya. Tetapi setelah kami sampai di Lampung ternyata kami telah disajikan oleh pemandangan laut yang sangat indah dan sangat bersih.

3.   Karangan Eksposisi

Karangan eksposisi adalah karangan yang berupa penjelasan dan pemaparan tentang suatu informasi yang bermanfaat dan menarik untuk pembaca. 

Ciri-ciri karangan eksposisi
Adapun ciri-ciri karangan eksposisi antara lain sebagai berikut:

  1. Bertujuan untuk memberikan informasi kepada pembaca
  2. Informasi yang diberikan merupakan fakta yang benar-benar ada
  3. Tidak bermaksud mempengaruhi pembaca untuk mengikuti maksud penulis
  4. Berisi tentang penjelasan tentang suatu analisa peristiwa.

Contoh Karangan Eksposisi

Cara Membuat Nasi Goreng

Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia yang sudah lama kita kenall sebagai makanan yang sangat enak dan berbeda dari jenis masakan lainnya. Nasi goreng dibuat dari nasi yang diberi bumbu lalu di goreng. Nasi goreng biasanya disajikan dengan kerupuk dan telor ceplok. Cara membuat nassi goreng ternyata sangat mudah karena semua orang pun bisa membuatnya. Pertama-tama anda dapat menyiapkan bahan-bahannya seperti nasi secukupnya, bawang merah 2 siung, bawang puting 2 siung, cabe rawit secukupnya, garam, penyedap rasa dan telur. Setelah semua bahan disiapkan maka semua bumbu dapur dihaluskan terlebih dahulu. Lalu setelah halus masukan meinyak goreng ke penggorengan secukupnya tunggu hingga minyak panas lalu masukan bumbu dapur yang telah dihaluskan kedalam penggorengan. Aduk-aduk bumbu agar tidak gosong lalu masukan telur kedalamnya lalu aduk-aduk terus hingga telur menjadi orak-arik. Selanjutnya masukan nasi kedalamnya dan aduk terus dan masukan kecap dan garam secukupnya. Tunggu hingga semua bahan tercampur rata pada nasi. Selanjutnya matikan kompor dan nasi goreng buatan anda sudah siap dinikmati pada keadaan hangat.

4.   Karangan Argumentasi

Karangan argumentasi adalah karangan yang berisi pendapat-pendapat yang merupakan pandangan penulis. Karangan argumentasi bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan suatu hal.

Ciri-ciri Karangan Eksposisi
Adapun ciri-ciri karangan eksposisi antara lain sebagai berikut:

  1. Berisi pendapat-pendapat penulis akan suatu hal.
  2. Pendapat didukung oleh data dan fakta yang ada.
  3. Bertujuan untuk meyakinkan pembaca akan hal yang dibahas.

Contoh Karangan eksposisi

Internet Membuat Manusia Menjadi Manja

Saat ini memasuki tahun 2016 internet telah berkembang pesat dari 10 tahun yang lalu ketika internet belum sehebat dan secanggih ini. Hal ini sangat mempengaruhi manusia untuk menjadi ketergantungan dengan internet dan membuat manusia menjadi lebih manja karena akses yang sangat mudah. Apapun yang dicari pasti ada di internet. Ditambah lagi dengan murahnya paket internet yang dikeluarkan provider membuat banyak pelajar semakin dimanjakan oleh hal itu. Memang murahnya harga paket internet merupakan hal yang baik tetapi dilain sisi merupakan hal yang merugikan juga karena semakin cepat dan semakin murah paket internet membuat banyak orang secara tak terbatas menggantungkan nasib mereka dari internet yang akan membuat otak jarang terpakai dan membuat generasi semakin mundur bukan semakin maju.

Internet di Indonesia sebenarnya termasuk lelet, dibawah Malaysia, Singapura, Thailand dan masih banyak lagi. Ketergantungan manusia terhadap internet membuat manusia saat ini mengalami kemunduran moral karena mudahnya mereka mengakses gaya hidup orang barat dan akhirnya budaya ketimuran yang dipegang masyarakat Indonesia semakin terpinggirkan. Hal ini tentunya sangat menyedihkan karena identitas bangsa kita semakin lama akan semakin pudar. Tentunya hal ini diperlukan kesadaran-kesadaran dari masyarakat untuk lebih menjunjung tinggi budaya Indonesia dan tidak terpengaruh dengan budaya orang barat.

5.   Karangan Persuasi

Karangan persuasi adalah karangan yang berisi tentang ajakan-ajakan yang didukung dengan adanya pendapat pembaca untuk mempengaruhi pembaca mengikuti maksud dari penulis. Karangan persuasi hampir sama dengan karangan argumentasi hanya saja pada karangan persuasi terdapat ajakan-ajakan untuk mempengaruhi pembaca karena sifat dari karangan persuasi bersifat ajakan.

Ciri-ciri Karangan Persuasi
  1. Karangan berisi ajakan-ajakan kepada pembaca
  2. Bersifat mempengaruhi pembaca dan didukung dengan data dan fakta yang ada.
  3. Karangan ini tak terdapat konflik untuk menghindari pembaca kehilangan kepercayaan.
  4. Karangan ini berusaha mendapatkan kesepakatan untuk melakukan hal yang sama seperti yang diinginkan penulis.

Contoh Karangan Persuasi

Merokok Membunuhmu

Merokok saat ini sudah bukan lagi hal yang aneh di mata masyarakat luas. Jika yang merokok orang dewasa mungkin sudah biasa, tetapi jika yang merokok anak-anak apa yang kita fikirkan jika kita tak prihatin. Merokok sangat berbahaya bagi tubuh karena akan mengancam kesehatan dan merenggut nyawa jika racun-racun yang terkandung di dalam rokok telah menyebar dan menggerogoti seluruh organ tubuh. Harga rokok yang semakin mahal pun saat ini tak mengurungkan minat pembeli untuk tetap membeli rokok. Hal ini tentunya sangat menyedihkan karena banyak generasi muda kita yang sudah sejak kecil sudah merokok. Oleh karena itu, mari kita lawan rokok! jaga keluarga kita dari pembodohan rokok dan jangan biarkan rokok merebut nyawa orang yang kita sayangi!

Nah itulah sobat artikel tentang 5 Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap. Semoga artikel ini dapat membantu anda dan semoga dapat bermanfaat. Sampai jumpa dan semoga sukses!

Related Posts:

0 Response to "5 Jenis - Jenis Karangan dalam Bahasa Indonesia Pembahasannya Lengkap"

Posting Komentar