Contoh Teks Ulasan Novel "Surat Kecil Untuk Tuhan"

Contoh Teks Ulasan Novel "Surat Kecil Untuk Tuhan"

Contoh Teks Ulasan Novel "Surat Kecil Untuk Tuhan" - Teks ulasan adalah teks yang berisi tentang ulasan dari sebuah karya baik itu novel, film, buku dan sebagainya. Teks ulasan bertujuan menggambarkan sebuah karya seni lewat sebuah tulisan ringkas untuk menjadi bahan pertimbangan masyarakat luas. Jikasobat belmu terlalu jelas tentang penjelasannya maka pada pertemuan sebelumnya admin telah menjelaskan secara lengkap tentang contoh teks ulasan.

Pada perjumpaan kali ini admin akan memberikan contoh tentang contoh teks ulasan tentang novel surat kecil untuk tuhan. Mari lihat dan perhatikan cara penulisannya di bawah ini.

Contoh Teks Ulasan

Surat Kecil Untuk Tuhan

Novel ini mengisahkan ulang cerita seorang gadis remaja bernama Gita Sesa Wanda Cantika atau biasa disapa dengan panggilan Keke. Ia adalah gadis yang memiliki penyakit yang dapat dikatakan langka bernama Rabdosmiosarkoma atau yang dikenal juga dengan sebutan kanker jaringan lunak. Keke adalah orang pertama di Indonesia yang mengidap penyakit tersebut, hal inilah yang menjadikan kisah hidup keke sangat menguras perasaan dan menggugah hati para pembaca novel ini. Novel ini diadaptasi dari kisah nyata. Penulis mengemas perjuangan keke melawan penyakit langka itu dengan amat baik dan mampu menguras perasaan para pembacanya karena alur ceritanya benar-benar mengharukan. Namun, toh, buku ini tetap memberi spirit utamanya bagi generasi muda bahwa seberapapun cobaannya, kita harus berani berdiri dan menghadapinya.

Keke divonis terkena penyakit ini pada usia 13 tahun dan hanya dalam waktu 5 hari saja setelah divonis, penyakit tersebut perlahan-lahan mengubah wajah belia keke. Bagaimana tidak? wajah belia keke perlahan berubah dan membuat orang yang melihatnya sangat prihatik karena wajah belianya dirubah menjadi sangat tak elok dilihat. Perjuangan keke melawan penyakit mematikan tersebut sempat berbuah manis karena tim dokter berhasil menyembuhkan penyakit ganas tersebut. Namun meskipun sempat di sembuhkan tetapi penyakit itu kembali menyerang Keke dan membuat semangatnya hancur. Hingga pada akhirnya keke tak sanggup untuk menahan penyakitnya dan pada akhirnya Keke menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 26 Desember 2006. Sebelum Keke dipanggil sang kuasa, dirinya sempat menuliskan surat yang diberi judul "Surat Kecil Untuk Tuhan". 
Penulis mengemas ksiah perjuangan gadis cantik itu melawan penyakit kanker yang dideritanya dengan sangat baik hingga pembaca mau tak mau ikut merasakan apa yang ada di dalam novel itu. Namun terdapat beberapa bagian penulis terlalu memaksakan penyampaian pesan moral masuk pada dialog beberapa tokoh yang pada akhirnya terkesan mengacaukan setting. Meskipun begitu, buku ini tetap menyuguhkan semangat juang yang tinggi bagi generasi muda tentang seberapa besar cobaan yang dapat, kita harus berani menghadapinya.

Alur yang disuguhkan pada novel ini adalah alur campuran. Sedangkan latar tempat yang digunakan dalam cerita antara lain rumah Keke, rumah sakit, sekolah dan juga beberapa potongan kejadian di sebuah villa. Sudut pandang yang digunakan adalah cerita orang pertama. Dengan kata lain jika anda membaca novel ini seakan anda akan mendengarkan tokoh utama bercerita yaitu Keke. Dalam pemilihan gaya bahasa yang digunakan sang penulis juga mudah dipahami sehingga memudahkan pembaca untuk mengerti maksud dan alur di dalam cerita. Novel ini juga menyuguhkan pesan moral dan agama pada pembaca. Jadi wajar saja jika novel ini merupakan salah satu novel terbaik yang diadaptasi dari kisah nyata.

Novel ini sangat layak untuk dibaca dan merupakan novel yang memiliki banyak pesan positif kepada pembaca. Semangat juang Keke melawan penyakit yang di deritanya membuat pembaca ikut turun langsung menyaksikan kisah ini meskipun hanya dengan membaca. Oleh karena itu, jika anda pecinta novel maka anda harus membaca novel yang satu ini.


Itulah sobat contoh teks ulasan novel surat kecil untuk tuhan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bahan bacaan sobat yang baik. Sampai jumpa lagi.

Related Posts:

0 Response to "Contoh Teks Ulasan Novel "Surat Kecil Untuk Tuhan""

Posting Komentar