10 Contoh Teks Prosedur Kompleks Terbaru

10 Contoh Teks Prosedur Kompleks Terbaru

Contoh Teks Prosedur Kompleks Terbaru - Pada pertemuan sebelumnya admin telah menjelaskan tentang pengertian, struktur dan ciri-ciri teks prosedur kompleks. Nah pada pertemuan kali ini admin akan menjelaskan tentang contoh teks prosedur kompleks. Namun jika sobat belum memahami teks prosedur kompleks, sobat dapat memahaminya dengan mengunjungi link diatas. 

Contoh Teks Prosedur Kompleks 1

Cara membuat facebook

Kita semua tahu bahwa facebook saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi berbagai kalangan dari remaja hingga orang dewasa. Untuk itu, rasanya aneh sekali jika diantara sobat ada yang tak memiliki aku facebook. Cara membuat facebook pun sebenarnya tak sulit namun jika tak mengetahui caranya dan memahami urutannya secara sistematis maka akun facebook tak akan berhasil anda miliki. Oleh karena itu mari lihat cara membuat akun facebook di bawah ini.
  1. Pertama-tama hidupkan komputer/laptop. Jika belum terkoneksi dengan internet maka sambungkan terlebih dulu dengan internet melalui modem atau wifi.
  2. Setelah komputer/laptop hidup dan telah terhubung dengan internet lalu silahkan buka google chrome atau mozila firefox sebagai browser untuk mengakses ke internet. 
  3. Selanjutnya buatlah email menggunakan yahoo, gmail, hotmail dan lain sebagainya. Namun pada langkah ini admin memberikan contoh menggunakan email. Jika sobat telah memiliki email maka tak perlu membuat email baru. Namun jika belum sobat harus membuat akun yahoo terlebih dahulu.
  4. Saya asumsikan sobat belum memiliki email. Untuk membuat email sobat harus mengunjungi yahoo.com, lalu klik sign up, selanjutnya sobat akan diarahkan ke kolom identitas yang harus sobat isi. Setelah semuanya diisi lalu sobat dapat menekan Creat Account.
  5. Selamat sobat telah memiliki email yahoo!!! namun jangan santai dulu karena akun facebook anda belum jadi. Langkah selanjutnya sobat harus mengunjungi facebook.com.
  6. Tekan sign up dan sobat akan diarahkan ke kolom identitas.
  7. Setelah semua identitas telah diisi maka sobat diminta untuk memasukan email yahoo sobat dan creat account.
  8. Selanjutnya  sobat akan diminta mengkonfirmasi kepemilikan email dengan cara mengunjungi dan log in ke yahoo.com lalu pilih mail dan tekan confirmation pada pesan yang dikirim oleh     facebook.
  9. Selanjutntya facebook anda siap untuk digunakan dan pasanglah foto profil yang baik menurut anda agar orang tertarik untuk menjadikan anda teman.

Contoh Teks Prosedur Kompleks 2

Cara Terhindar dari Nyamuk Berbahaya

Saat ini telah memasuki musim hujan di Indonesia. Demi menjaga kesehatan keluarga anda maka anda dituntut untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tak menjadi sarang penyakit. Salah satu penyakit yang kerap muncul pada musim hujan adalah demam berdarah yang diakibatkan oleh nyamuk Aides Aigepty yang berkembang biak pada musim hujan karena banyaknya genangan air dan suhu dingin yang memungkinkan untuk hewan ini berkembang biak. Nyamuk ini menyerang ketika pagi hari dan sore hari. Oleh karena itu anda harus menghindarinya, mari ikuti langkah-langkah dibawah ini agar terhindar dari demam berdarah.
  1. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghindari nyamuk berkembang biak adalah dengan cara membersihkan sampah-sampah yang ada di rumah dan lingkungan.
  2. Jangan biarkan sampah diletakan di dalam rumah terlalu lama karena akan mengundang nyamuk untuk datang. 
  3. Selanjutnya kuras bak mandi anda setiap satu minggu sekali dan juga bak-bak penampungan air lainnya.
  4. Tutup bak mandi dan penampungan air dengan menggunakan penutup agar menghindari nyamuk meletakan telurnya di bak penampungan air.
  5. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah berikan lotion anti nyamuk kepada keluarga anda pada pagi dan menjelang sore hari untuk mencegah gigitan nyamuk.
  6. Gunakan lampu yang cerah pada ruangan dan hindari adanya pakaian yang menggantung.
  7. Minumlah vitamin agar tubuh tetap prima.

Contoh Teks Prosedur Kompleks 3

Cara membuat jus jeruk 

Membuat jus jeruk memanglah cukup mudah hanya saja perlu keterampilan khusus agar jus jeruk dapat langsung dinikmati dan tidak perlu ditambah gula lagi. Biasanya orang yang tidak pernah membuat jus jeruk rasa jus jeruk buatannya akan terasa kurang manis atau bahkan kemanisan. Untuk itu mari lihat cara berikut ini agar jus jeruk anda lebih terasa nikmat dan segar.

Bahan-bahan:
1.   2 Buah jeruk segar 
2.   3 Sdm gula pasir
3.   Gelas
4.   Sendok
5.   Pipet atau sedotan
6.   Air secukupnya
7.   Blender
8.   Pisau
9.   Saringan
10. Es Batu

Cara Membuat:
1.   Pertama-tama ambil 2 buah jerus segar dan potong menjadi dua bagian.
2.   Selanjutnya peras jeruk kedalam blender dengan saringan agar biji jeruk tak ikut masuk.
3.   Masukan air secukupnya untuk takaran satu gelas ke dalam blender.
4.   Masukan 3 Sdm gula pasir dan campurkan juga es batu kedalamnya.
5.   Blender semua bahan tersebut dan tunggu hingga tercampur rata.
6.   Setelah itu sajikan kedalam gelas dan masukan sedotan.
7.   Jus jeruk segar sudah bisa dinikmati.

Contoh Teks Prosedur Kompleks Terbaru telah kita bahas bersama-sama. Semoga sobat dapat memhami contoh-contoh tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa.

Related Posts:

1 Response to "10 Contoh Teks Prosedur Kompleks Terbaru"