Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Autobiografi Terlengkap

Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Autobiografi Terlengkap

Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Autobiografi - Mungkin sobat sedang bingung tentang autobiagrafi? atau sedang bingung bagaimana membuatnya? Nah pada pertemuan kali ini admin akan memberikan penjelasan tentang autobiografi baik pengertian beserta contohnya. Patut diketahui autobiografi sangat berbeda dengan Biografi yang kita ketahui selama ini.

Autobiografi atau otobiografi adalah riwayat hidup yang diceritakan melalui karangan yang ditulis sendiri berdasarkan pengalaman pribadi. Autobiografi juga dapat diartikan sebagai biografi yang pribadi yang menceritakan riwayat hidup baik itu tempat dan tanggal lahir, jenjang pendidikan yang ditempuh hingga pencapaian atau prestasi-prestasi yang telah didapat. Pada dasarnya semua orang bisa menulis autobiografi karena isi dari autobiografi adalah pengalaman hidup diri sendiri.

Meskipun demikian, dalam menulis autobiografi dibutuhkan teknik tersendiri yang mana akan menjelaskan secara sistematis dari awal mula perjalanan hidup hingga selesai pada masa kini. Maka dari itu mari lihat contoh autobiografi dibawah ini agar sobat dapat mampu memahaminya secara mendetil.

Contoh Autobiografi 

Nama saya Putri Wulandari, saya biasa dipanggil Putri. Saya lahir di Bandung, 21 Maret 1995. Saya adalah anak Kedua dari 2 bersaudara. Ayah saya bernama Nur Jaelani dan ibu saya bernama Supatmi Murni. Ayah saya bekerja di salah satu perusahaan Swasta di Bandung. Sedangkan ibu saya adalah ibu rumah tangga. Saya memiliki kakak laki-laki yang bernama Alexander Mangkubrata, Kakak saya sudah menikah dan memiliki 1 orang anak. Saya bersama ayah dan ibu saat ini tinggal dalam satu rumah di Desa Murti Rahayu RT 002/RW 009, kecamatan. Lembang. Jawa Barat.

Pada tahun 1999, saya mulai memasuki jenjang pendidikan di Taman Kanak-kanak "Hati Ibu" yang berada tidak jauh dari rumah saya. Saya menempuh pendidikan TK selama 2 tahun yakni TK nol kecil dan TK nol besar. Selanjutnya setelah lulus TK, kemudian saya melanjutkan di SD Negeri 4 Bandung dan saya juga merupakan siswa berprestasi yang menjadi lulusan terbaik pada tahun 2005. Setelah itu saya melanjutkan pendidikan di SMP Negeri 1 Bandung. Di seklah tersebutlah saya mulai mengembangkan bakat menulis saya karena disana terdapat ekstra kulikuler Karya Sastra dan pada akhirnya saya menjadi juara menulis karya tulis jenjang SMP tingkat nasional ketika saya duduk di kelas 9. Setelah lulus pada tahun 2008, saya melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 2 Bandung. KEHidupan saya semasa SMA tak terlalu baik karena persaingan banyak sekali siswa cerdas disana. Saya lulus dari SMA N 2 Bandung pada tahun 2012 dan langsung melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi di Institut Pertanian Bogor pada pada tahun 2012. Saya di ITB mengambil jurusan ilmu tanah karena saya mendapatkan beasiswa bidik misi. Hingga selesai pada tahun 2015 lalu saya menjadi lulusan terbaik dan menerima predikat cumlaude dengan IPK 3,91. Saya juga di daulat sebagai lulusan tercepat dan termuda pada saat itu dengan lama masa pendidikan selama 3,3 tahun untuk jenjang pendidikan Strata 1 (S1). 

Nah itulah artikel tentang Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Autobiografi. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat sekalian dan semoga sukses.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Autobiografi Terlengkap"

Posting Komentar