Contoh Esai Singkat Pentingnya Pendidikan di Indonesia

Contoh Esai Singkat Pentingnya Pendidikan di Indonesia
Contoh Esai Singkat Pentingnya Pendidikan di Indonesia - Esai merupakan suatu tulisan yang merupakan gambaran dari opini penulis tentang topik yang sedang diangkat. Esai dibuat untuk menjelaskan kepada pembaca tentang pentingnya informasi yang sedang dibicarakan. Nah pada postingan kali ini admin akan memberikan contoh menarik tentang esai yang bertema pentingnya pendidikan di Indonesia. Mari simak ulasannya berikut ini.

Contoh Esai Singkat Pentingnya Pendidikan di Indonesia


Pendidikan merupakan hal yang paling penting untuk anak atau kita karena pendidikan suatu jenjang mendidik karakter kita. Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang harus diperhatikan, disiapkan, dan diberikan sarana dan prasarananya dengan baik. Harapan kita dapat mendapatkan generasi penerus yang berkompetensi, yakni pengetahuan, sikap, dan keterampilan atau sering kita dengar afektif, kognitif, dan psikomotorik yang terealisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan juga merupakan kewajiban bagi semua warga Negara yang harus dilaksanakan untuk meningkatkan kemajuan dan membentuk sebuah karakter Negara tersebut. Pendidikan di indonesia harus memiliki sauri tauladan yang baik untuk di contoh dan guru memiliki pedagogis yang baik. 

Pendidikan di Indonesia memiliki seorang figur yang sangat populer masa ke masa dalam dunia pendidikan di Indonesia,yaitu Ki Hadjar Dewantara. Beliau merupakan pelopor pendidikan dan sebagai bapak pendidikan dan beliau juga salah satu tokoh perjuangan dalam merebut kemerdekaan. Semangat dan kegigihan beliau menjadi teladan bagi kita semua dalam menuntut ilmu, apalagi kita saat ini hidup dalam era globalisasi yang perlu memperjuangkan pendidikan di dunia tanpa batas. Pendidikan adalah salah satu  faktor terpenting agar kita mampu membentuk suatu karakter yang baik dan dapat bersaing dengan negara-negara maju, seperti Amerika, Cina, Jepang, Inggris, Prancis dan negara-negara barat maupun negara-negara eropa lainnya. Pendidikan di zaman sekarang bukan dari pembentukan awal atau bahasa pertama yang anak dapat dari orang tua, dari balita membutuhkan pendidikan agar sudah membentuk karakter anak bangsa yang diinginkan. Pendidikan di Indonesia memulai jenjang bukan dari TK, melainkan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sampai kepada jenjang pendidikan di perguruan tinggi, tetapi di indonesia menerapkan wajib sekolah 9 tahun. Dan berikut pentingnya pendidikan karakter diciptakan dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini

Pendidikan Anak Usia Dini atau dikenal dengan PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir atau anak umur dari dua tahun sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan Anak Usia Dini ini dilakukan agar anak membentuk suatu karakter yang dapat membangun bangsa lebih baik, sebagai penerus bangsa.

Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini

Anak merupakan asset terbesar setiap orang tua untuk masa depan.  Sangat banyak harapan besar yang diinginkan dan ditumpukan oleh orang tua kepada anak. Demi kemajuan dan keberhasilan anak, orang tua bisa mengorbankan apa saja termasuk pendidikannya untuk anaknya. Setiap orang tua menginginkan pendidikan yang terbaik bagi anak. Namun, ada beberapa  bagian besar yang orang tua masih kurang tepat dalam memberikan tuntutan atau pemerolehan bahasa kedua dalam pendidikan bagi anak.

Banyak orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang yang pintar, cerdas dan juara dalaam akhirat maupun dunia dengan menjejalkan atau memaksa anak dari  berbagai macam les mata pelajaran yang terdapat di luar jam sekolahnya ketika anak masuk di sekolah dasar. Tanpa memiliki bekal yang cukup, tuntutan orang tua yang seperti itulah yang mengakibatkan anak depresi atau tumbuh sangat pesat sebelum waktunya, dalam hal lain akan membebani anak. Jadi anak usia dini tidak perlu di paksakan untuk jam tambahan karena masih terbilang anak usia dini.

Berdasarkan artikel yang saya tulis di atas, simpulan yang dapat di ambil, yaitu pendidikan dari jenjang Pendidikan Anak Usia Dini sangatlah penting untuk membangun karakter yang baik sebagai penerus bangsa, tetapi tidak di paksakan untuk menambahkan jam di luar ekolah karena mengakibatkan tumbuh dewasa sebelum waktunya, bahkan anak dapat depresi.

Demikian baru kita simak Contoh Esai Singkat Pentingnya Pendidikan di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat untuk sobat semua.Sampai jumpa dan salam pelajar cerdas!

Related Posts:

0 Response to "Contoh Esai Singkat Pentingnya Pendidikan di Indonesia"

Posting Komentar