Pengertian dan Contoh Teks Iklan dalam Bahasa Indonesia

Pengertian dan Contoh Teks Iklan dalam Bahasa Indonesia
Pengertian dan Contoh Teks Iklan dalam Bahasa Indonesia - Hay sobat kalian sudah tahu ya sebelumnya apa sih iklan itu? Bahkan kita sering melihat di televisi atau bahkan media iklan lainnya, sekarang kalian tau pengertian dari iklan itu sendiri ? apa sih perbedaan iklan dengan poster? Nah sekarang saya akan menjelaskan sedkit tentang perbedaan iklan dan poster ya. Iklan dan poster ini pada darnya memiliki tujan yang sama dalam menawarkan produk atau jasa pada umumnya, salah satu perbedaan iklan dan poster, yaitu iklan mengutamakan kata-kata atau kalimat sedangkan poster lebih mengutamakan gambar dibanding kata atau kalimat. Nah sobat itu tadi perbedaannya sekarang saya menjelaskan pengertian iklan, sebagi berikut. 

Pengertian Iklan 

Pengertian iklan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia  yaitu berita atau pesan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang atau jasa yang ditawarkan. Jadi iklan merupakan kegiatan yang memberitahukan atau menginformasikan suatu hal berupa barang atay jasa melalui media cetak, online atau bahkan offline sekalipun. Biasanaya media yang sering digunakan adalah televisi, majalah, HP, internet, brosur, bahkan spanduk lainnya. Iklan dalam bentuk relame biasanya dibuat dengan tulisan dan gambar yang menarik dan di tempel atau di pasang di tempat yang strategis. 

Jenis-Jenis Iklan Berdasarkan Isinya;

1. Iklan keluarga, iklan ini merupakan berita keluarga seperti kelahiran, kematian, pernikahan atau sebagainya. 

2. Iklan pengumuman dan undangan ini merupakan berita yang biasanya di umumkan di tempat umum.

3. Iklan penawaran atau reklame ini merupakan iklan yang biasanya menawarkan barang dan jasa. 

4. Iklan permintaan ini merupakan iklan yang meminta masyarakat untuk bergabung untuk menyetuji apa yang di minta oleh iklan 

5. Iklan layanan masyarakat ini merupakan iklan yang bertujuan memberikan penerangan kepada masyarakat

6. Iklan artikel merupakan iklan yang dikemas berupa artikel.

7. Iklan kecil merupakan iklan yang biasanya di tulis dalam bentuk kecil dan singkat. Iklan ini biasanya berada di dalam surat kabar atau majalah. 

Jenis iklan berdasarkan media yang digunakan itu biasanaya iklan radio, iklan media cetak, dan iklan televisi atau internet.

Bahasa yang digunakan dalam iklan harus mudah dipahami semua orang dengan baik dan benar. Bahasa dalam iklan harus memperhatikan beberapa hal, yaitu 
1. kata kata yang jelas, singkat, padat dan langsung tertuju pada tujuan atau sasaran, 
2. kalimatnya yang digunakan mudah dipahami dan diingat orang, 
3. berkontosi yang postif agar mempengaruhi dan meyakinkan masyarakat, 
4. iklan harus menumbuhkan rasa penasaran, 
5. terdapat unsur rima. 

Iklan yang menawarkan barang atau jasa dapat menggunakan media cetak, televisi, atau internet dan disertai gambar atau menarik perhatian dan menambahkan keindahan pada iklan.  Isi iklan harus memiliki sifat-sifat yang jujur, singkat dan jelas, menarik perahtian umum, dan tidak menyinggung masyarakat atau produsen lainnya, tidak menyalahkan sebuah aturan. 

CONTOH IKLAN 


Pada contoh iklan di atas bermaksud untuk mematikan listrik yang tidak digunakan yang kurang penting atau gunakanlah listrik dengan seperlunya. 
Contoh iklan yang dibuat lagu 

Iklan pada mie instan indomie 
"Dari sabang sampai merauke 
Dari Timur sampai kota laut 
Indonesia tanah airku
Indonesia selerakuu
Indomie.... indomie seleraku 
Indomie dari dan bagi... Indonesia....."
Contoh iklan di atas yaitu bentuk konversi dari teks iklan, iklan dapat di konversi menjadi paragarf, di ubah menjadi sebuah fil, bulletin bahkan seperti contoh di atas dapat di buat lagu. 

Demikianlah sobat artikel tentang pengertian dan contoh teks iklan yang sudah semestinya harus sobat pahami. Semoga dengan adanya postingan ini sobat dapat semakin paham tentang luasnya Bahasa Indonesia kita tercinta. Sampai jumpa dan salam cerdas.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Teks Iklan dalam Bahasa Indonesia"

Posting Komentar