Pengertian, Cara dan Teknik Membaca Cepat Terlengkap

Pengertian, Cara dan Teknik Membaca Cepat Terlengkap
Pengertian, Cara dan Teknik Membaca Cepat Terlengkap - Hay sobat, sekarang kita akan membahas tentang membaca cepat dan beberapa teknik membaca cepat ya, sebelumnya kalian harus tahu apa sih fungsi membaca cepat? Fungsi membaca cepat yaitu untuk membaca suatu berita atau tulisan yang diberikan waktu atau agar tidak ketinggalan membaca dengan yang cepat membacnya, adapun teknik membaca cepat, sebelumnya kita harus mengetahui pengertian membaca cepat dulu ya, 

Pengertian Membaca Cepat

Membaca cepat merupakan membaca yang mengutamakan kecepatan dengan menggunakan gerakan mata yang teliti dan melakukannya tanpa suara hal ini bertujuan untuk memperoleh informasi secara tepat dan teliti dalam waktu singkat hal ini untuk menghemat waktu.

Jadi, membaca cepat dapat disimpulkan yaitu membaca dengan kecepatan yang sangat tinggi tetapi teliti. Membaca cepat biasanaya membaca kalimat demi kalimat dan paragraf bukan kata demi kata. Hal ini bertujuan untuk mempercepat mendapatkan  informasi, gagasan utama, dan penjelasan inti dari suatu bacaan dalam waktu yang singkat. Membaca cepat harus dipelajari agar mampu membaca lebih cepat dan teliti. Kecepatan dalam membaca juga sangat tbergantung pada bahan dan tujuan membaca, dan sampai mana seseorangakrab dengan bahan bacaan. Kecepatan membaca ini harus seiring dengan kecepatan memahami bahan bacaan.


Teknik-Teknik Membaca Cepat

Teknik – teknik membaca cepat ini harus dilakukan dengan latihan yang berulang- ulang dan tidak semua orang langsung mahir dalam membaca cepat, dengan sering berlatih secra ulang akan dapat mudah memhami dan menguasai teknik teknik membaca cepat. Terdapat Syarat utama untuk mengetahui membaca cepat yaitu memperhatikan dengan seksama bahan apa yang sedang dicari atau dituju. Hal ini dilakukan agar pemindaian secara cepat. Berikut teknik membaca cepat. 

1. Teknik Scanning
Teknik membaca scanning merupakan membaca suatu bacaan dengan membaca secara loncat – loncat dengan melibatkan utama asosiasi dan imajinasi. Jadi di dalam teknik scanning ini tidak menyeluruh secara kalimat. Pada teknik ini yang di cari dan dibaca yaitu kata-kata kuncinya menjadi pusat perhatian si pembaca. Teknik ini dapat digunakan untuk membaca koran, mencari judul –judul atau topik yang menarik, dan mengerjakan soal bacaan dengan mudah. 

2. Teknik Skimming
Teknik membaca Skimming merupakan teknik membaca secara garis besar (sekilas) untuk mendapatkan gambaran umum isi buku. Untuk mempercepat proses skimming di lakukanlah membaca daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, judul atau sub judul, dan kesimpulan di bagian buku ini hal ini agar kita dapat menemukan inti dari sebuah buku yang akan di baca. Teknik  ini digunakan biasanya untuk mencari sebuah buku di perpustakaan, atau dapaat mempermudah kita untuk mencari kata kata yang ingin kita cari di dalam kamus, untuk mengetahui pendapat orang lain dalam suatu teks, mengetahui ide pokok dalam suatu tulisan. 

Teknik membaca Skimming adalah membaca secara garis besar (sekilas) untuk mendapatkan gambaran umum isi buku. Setelah itu melacak informasi yang ingin diketahui secara mendalam. Untuk memperlancar proses skimming maka lakukanlah terlebih dahulu membaca daftar isi, kata pengantar, pendahuluan, judul atau sub judul, serta kesimpulan. Dari bagian-bagian buku ini minimal kita bisa menafsirkan apa inti dari isi buku yang akan kita baca tersebut. Teknik ini biasanya dilakukan ketika kita mencari sesuatu yang khusus dalam teks. 

Teknik  Membaca Cepat  SQ3R
Teknik membaca cepat ini sangat membantu kita dalam mendapatkan informasi tertulis. Berikut teknik membaca cepat. 

1. Survey
Survey merupakan mencari tahu pada bagian daftar isi, pendahuluan, bab pertama atau pengantar dan bagian ringkasan agar mendapatkan dengan mudah gambaran umum isi buku. Tujuan survei ini biasanya untuk menangkap arti dalam kata, mendapatkan absatra, mengetahui ide-ide pokok, bahkan dapat memudahkan kita untuk mengingat lebih banyak lagi dan dapat memahami lebih mudah dalam suatu tulisan

2. Question
Question yang berati bepertanyaan, sudah sangat jelas bahwa untuk mempermudah teknik membaca kita membuat daftar pertanyaan yang berkaitan dengan bahan-bahan yang sedang dituju . Pertanyaan atau question ini biasanya dapat digunakan untuk  membaca buku.

3. Read
Read atau membaca, sudah jelas bahwa kita membca isi buku, dan lewati bagian buku yang kurang menarik, dan ketika udah menemukan bagaian yang dituju buatlah sebagi bahan penulisan, bacalah dengan teliti dan cermat

4. Recall
Recall atau mengulas kembali bacaan yang sudah di baca. Maka dari itu fungi recall yaitu untuk memahami kata kata kunci di dalam ingatan. Hal ini merupakan suatu proses yang sangat penting . 

5. Review
Review merupakan tahap terakhir yaitu mengingat kembali, mengulas kembali materi yang sudah di dapat. 


Semoga dengan melihat artikel ini sobat mengerti akan pengertian dan teknik membaca cepat. Sekian perjumpan kita pada artikel Pengertian, Cara dan Teknik Membaca Cepat Terlengkap. Sampai jumpa pada artikel yang lebih menarik lainnya.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Cara dan Teknik Membaca Cepat Terlengkap"

Posting Komentar