Pengertian, Contoh dan Teknik Penulisan Catatan Kaki Terlengkap

Pengertian, Contoh dan Teknik Penulisan Catatan Kaki Terlengkap
Pengertian, Contoh dan Teknik Penulisan Catatan Kaki Terlengkap - Sebelum masuk ke tujuannya apa sih yang kalian tau tentang catatan kaki? Pasti masih banyak di antara kalian masih bingung apa sih catatan kaki itu, bagaimana sih cara membuatnya ? nah sobat disini kebingungan kalian akan terjawab. 

Catatan kaki bukan berarti catatan yang ada di kaki kalian ya sobat, Catatan kaki adalah catatan atau kata atau penejelasan tentang istilah yang digunakan dalam kutipan dan biasanya catatan kaki berupa rujukan penjelas (isi). Biasanya catatan kaki berupa rujukan penjelas (isi) dan silang atau bintang. 


Catatan kaki dapat digunakan untuk 

  1. Mengakui pernyataan, kutipan, dan/atau gagasan yang telah di ambil dari penulis lain / orang lain. 
  2. Membuktikan atau membenarkan pernyataan dengan menyebutkan sumber informasi. Hal ini agar terhindar dari kata plagiat. 
  3. Mengutip halaman tertentu, maksudnya yaitu ketika kita sedang membuat laporan atau tugas dan kita mengutip atau mengambil dari buku dan halaman tertentu. 
  4. Menjelaskan istilah – istilah yang digunakan dalam tulisan tersebut. 


Tata cara Penulisan catatan kaki, sebagai berikut. 

  1. Penulisan pertama untuk suatu catatan kaki harus mengandung informasi lengkap nama penulis atau orang, tahun, penulisan atau ucapan, judul tulisan harus jelas, tempat penerbit atau makalah atau ucapan dibacakan atau diucapkan hal tersebut harus sangat jelas. 
  2. Nama penulis di tulis mulai dengan nama kecil atau nama pertama yang diikuti dengan huruf besar pertama nama tengah (jika memiliki) dan nama akhir, jika tidak memiliki nama akhir maka menggunakan nama keluarga (contoh: Sisil Aprilia, Tarjo). 
  3. Tanda baca yang digunakan dalam catatan kaki, yaitu tanda baca koma.


Cara Pengetikan catatan kaki, sebagai berikut. 

  1. Jika menggunakan identasi untuk setiap entri catatan kaki, identasi di mulai pada baris pertama dan berjarak lima ketukan atau spasi dari sembir (margin). 
  2. Catatan kaki tidak digabungkan dengan naskah oleh garis tidak terputus sepanjang 10 ketukan dan menggunakan dua spasi dari naskah. 
  3. Catatan kaki menggunakan spasi tunggal atau satu spasi dan spasi ganda digunakan pada antar catatan kaki. 
  4. Kutipan atau penulisan dalam naskah ditandai atau diikuti dengan penulisan angka di atas garis. 
  5. Nomor yang sama (juga tik atas) diketik pada awal catatan kaki pada bagian bawah halaman tempat yang terdapat dalam kutipan tersebut. 
  6. Nomor –nomor  tik yang sudah di ketik langsung setelah tanda baca dalam naskah dan tanpa spasi atau jarak. 
  7. Setelah nomor tik di atas, tidak menggunakan tanda baca apapun. 
  8. Catatan kaki penjelas atau rujukan silang di beri nomor dengan urutan yang sama. 
  9. Cara membuat nomor kecil yaitu Insert lalu pilih symbol (paling kanan). 


Berikut contoh penulisan catatan kaki 

Catatan kaki untuk menerangkan istilah yang digunakan . 

Kesalahan atau kekurang tepatan di dalam memilih sebuah kalimat atau menentukan sebuah kalimat atau paragraf disebabkan oleh banyak hal. Di anataranya dapat disebabkan ketidaktahuan macam-macam paragraf, pemahaman yang tidak tepat terhadap wacana atau ebuah paragarf. Namun, perlu kita sadari bahwa kesalahan atau kekurangtepatan pemilhan macam wacana diakibatkan oleh ketidaktahuan mereka tentang analisis wacana⁶ atau tidak mengetahui jenis-jenis wacana⁷ yang tepat dan sesuai. 

 
ᾴ⁶ yang dimaksud dengan analisis wacana adalah menganalisis suatu bahasa yang digunakan secara alamiah dalam bentuk lisan maupun tulisan atau penggunaan bahasa yang terjadi dalam komunikasi sehari-hari . 
ᾴ⁷ jenis-jenis wacana yang dimaksud, sebagai berikut, 1. Wacana berdasarkan saluran komunikasi, 2. Wacana berdasarkan peserta komunikasi, 3. Wacana berdasarkan tujuan komunikasi. 

Dari penjelasan di atas tentang catatan kaki dari pengertian, tata cara penulisan, tata cara pengetikan , bahkan sampai contoh mudah-mudahan kalian paham dan mengerti fungsi dari catatan kaki itu sendiri. 

Nah itulah sobat artikel tentang pengertian contoh dan teknik penulisan catatan kaki. Semoga dapat bermanfaat artikel ini dan sampai jumpa lagi.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Contoh dan Teknik Penulisan Catatan Kaki Terlengkap"

Posting Komentar