Pengertian, Ciri-ciri, struktur dan Contoh Teks Cerita Anekdot Singkat

Pengertian, Ciri-ciri, struktur dan Contoh Teks Cerita Anekdot Singkat

Pengertian, Ciri-ciri, Struktur dan Contoh Teks Cerita Anekdot Singkat - Terdapat berbagai jenis teks di dalam Bahasa Indonesia. Salah satu jenis teks yang harus sobat pelajari adalah teks anekdot. Pada pertemuan kali ini admin akan menjelaskan secara rinci tentang pengertian, ciri-ciri, tujuan, struktur beserta contoh teks anekdot. Maka dari itu simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Teks Anekdot

Teks anekdot adalah sebuah teks atau cerita singkat yang menggambarkan tentang suatu kejadian lucu atau yang mengundang tawa dari pembacanya. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks anekdot adalah cerita lucu yang menarik dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal berdasarkan kejadian yang sebenarnya. Dengan bentuk dan gambaran yang singkat dan pendek, anekdot mempunyai sifat yang sangat lentur sehingga memiliki banyak pembaca. 

Tujuan Teks Anekdot

Adapun tujuan dari teks anekdot antara lain:
1. Menghibur pembaca atau pendengar
2. Mengundang tawa
3. Menggambarkan karakter seseorang secara singkat
4. Mengungkapkan kenangan masa lampau melalui cerita singkat

Ciri-ciri Teks Anekdot

Adapun ciri-ciri dari teks anekdot adalah:
1. Menyerupai dongeng
2. Menceritakan manusia ataupun hewan yang pada umumnya secara realistis/nyata.
3. Memiliki sifat mengundang tawa, sindiran ataupun lelucon.
4. Biasanya cerita mengenai orang penting.

Struktur Teks Anekdot

Terdapat beberapa penyusun struktur teks anekdot antara lain:
1. Abstrak: yaitu bagian awal paragraf yang menggambarkan tentang gambaran secara umum tentang cerita yang akan diangkat.
2. Orientasi: yaitu bagian awal dalam teks yang menggambarkan tentang latar belakang, kejadian, ataupun permulaan dari suatu peristiwa.
3. Even: yaitu bagian yang menjelaskan tentang jalannya cerita beserta latar dan watak pemain.
4. Reaksi: yaitu bagian yang menjelaskan jalan keluar atau penyelesaian dari sebuah masalah.
5. Koda: yaitu bagian yang menjelaskan kesimpulan.
6. Re-orientasi: yaitu bagian penutup cerita.

Contoh Teks Anekdot 1

Pada suatu hari, ada seorang preman kampung ingin ke kota naik bus AC. Di bus si preman berdiri tepat di bawah AC yang sangat dingin.
Preman : Siapa yang berani-beraninya niup-niup kuping gue? mana dingin banget, abis makan permen mint lu!
Para penumpang pun ketakutan karena wajah yang seram dari si preman.
Preman : Belum berenti juga ngeledekin gue? berhenti niup kuping gue atau gue hajar!
Penumpang : Maaf bang, kami ga ada yang niup-niup kuping abang.
Preman : Berarti siapa kalau bukan kalian?
Penumpang : Itu AC bang. Ac nya diatas kepala abang pas.

Preman : Jangankan Si Ase! Si Tono, Si Budi, gua hajar nanti. Berhenti kagak!!!
Penumpang: Ini loh bang yang niup-niup kuping abang. (penumpang menunjuk AC)
Preman: Oh itu gue pikir orang.
Preman pun akhirnya berhenti dihalte terdekat karena sudah malu oleh para penumpang yang lainnya.

Contoh Teks Anekdot 2

Seorang Petugas Kebun Binatang mendapat laporan bahwa satu ekor gajah telah mati di kandangnya di karenakan sudah tua. Pimpinan kebun binatang pun langsung mengecek kebenaran tentang berita tersebut. Ternyata ketika sesampainya di kandang gajah, benar saja gajah sudah tak bernyawa dan ada satu orang yang menangis tersedu-sedu. Pimpinan kebun binatang pun langsung menghibur dengan mengajak berbicara orang tersebut.
"Sebagai pawang gajah ini yang sudah bertahun-tahun bersama bapak pastinya bapak sangat sedih atas kematiannya. yang sabar ya pak, bapak harus kuat " sang Pimpinan mencoba menghibur.
"Iya pak saya selalu sabar. Tapi saya bukan pawang gajah ini pak. tapi saya orang yang ditugaskan untuk menggali kuburan untuk gajah ini. Bagaimana bisa saya menguburkan gajah sebesar ini pak. Apalagi rekan saya sedang pulang kampung. Gajahnya saja besar sekali pak. bagaimana kuburnya? Apa bapak mau membantu saya?"
"Gimana ya pak, saya lagi banyak kerjaan ini" jawab si pimpinan sambil tersenyum malu.
Akhirnyya pimpinan kembali lagi ke kantornya dan si tukang kubur kembali bersedih.

Contoh Teks Anekdot 3

Pada suatu pagi ada seorang pengendara yang dengan sengaja melanggar lalu lintas dan 
terlihat oleh seorang polisi yang sedang bertugas dan polisi itupun memberhentikannya.
"Selamat pagi pak, Apa bapak tidak melihat lampu merah?"  tanya polisi tersebut kepada pengendara sepeda motor.
"Selamat pagi pak, iya saya lihat, Pak." jawab pengendara motor
"Terus kenapa bapak nekat menerabas lampu merah dan tidak berhenti?" tanya pak polisi

"Abisnya saya tidak melihat bapak." jawab pengendara motor
"Kalau begitu bapak saya tilang" kata pak polisi.
Pengendara motor pun hanya bisa pasrah karena dia harus di tilang.

Itu dia sobat penjelasan tentang Pengertian, Ciri-ciri, struktur dan Contoh Teks Cerita Anekdot Singkat. Bagaimana sobat? semoga sobat paham dan mengerti tentang materi yang satu ini ya. Jika sobat belum mengerti sobat bisa tanyakan pada kolom komentar. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang lebih menarik tentunya. 

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Ciri-ciri, struktur dan Contoh Teks Cerita Anekdot Singkat "

Posting Komentar