Contoh Esai Argumentatif Tentang Lingkungan hidup dan sampah di Indonesia

Contoh Esai Argumentatif Tentang Lingkungan Hidup
Contoh Esai Argumentatif Tentang Lingkungan hidup dan sampah di Indonesia - Hai sobat, tahukah anda pengertian esai argumentatif tersebut ? Esai argumentatif adalah suatu karangan yang berisi pandangan atau opini pribadi penulis terhadap sebuah permasalahan.berikut ini contoh esai argumentatif mengenai lingkungan hidup dan sampah. Sebelumnya sobat membaca artikel di bawah ini, apakah sobat sudah perduli dengan lingkungan sekitar? Apa kalian sudah membuang sampah pada tempatnya? Ayo sobat mulai sekarang kita harus sadar dan peduli bahwa banyak sekali sebab dan akibat dari kita jikalau membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah di sungai.

Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup dan sampah di Indonesia

Sampah merupakan masalah yang sering kita dengar di televisi atau lingkungan sekitar. Sampah merupakan kotoran atau barang bekas yang berbau tidak sedap bahkan menimbulkan beberapa penyakit ketika sampah tertumpuk. Setiap daerah ada cara dalam mengatasi timbunan sampah yang jumlahnya terus meningkat  setiap hari.tetapi masyarakat tidak menyadari akibatnya. Sampah sekarang menjadi Masalah yang difokuskan dan paling utama karena berkaitan dengan kondisi lingkungan suatu daerah tertentu karena selain tidak enak di pandang, mengakibatkan bau yang tak sedap dan yang sering terjadi dan menimbulkan masalah besar adalah bencana banjir.

Bukan hanya ada Di ibukota DKI Jakarta ada juga di berbagai daerah di Indonesia, sampah merupakan permasalahan yang tak kunjung menemukan penyelesaian, sedangkan pemerintah sudah melaksanankan program re-use dan re-cycle, tetapi  permasalahan lingkungan dan sampah di ibukota dan daerah lainnya ini belum juga terselesaikan. Banyak sekali masyrakat tidak peduli dengan lingkungan sekitar bahkan tidak berpikir panjang tentang perbuatan membuang sampah sembarangan, bukan hanya sampah melainkan penebangan pohon liar juga dapat menimbulkan bencana, pembakaran hutan pun begitu. Berikut ini terdapat permasalahan – permasalahan yang dapat mengakibatkan kerusakan yang cukup parah di lingkungan atau setiap daerah di Indonesia.

1. masalah yang pertama, yaitu penebangan kayu liar. bahan – bahan kayu tersebut diambil dari hutan tanpa memperhatikan akibatknya sehingga banyak hutan yang habis ditebangi dan manusia tidak bertanggung jawab, mereka tidak memikirkan sebab dan akibatnya. Akibatnya, hutan menjadi gundul dan kehilangan fungsi – fungsinya, sehingga tidak dapat mencegah kebanjiran.

2. masalah yang kedua, yaitu polusi. Polusi ini yang sangat menganggu sekali tanpa masayarakat yang memliki pabrik dan motor berasap akan mengganggu masyarakat atau lingkungan sekitar. Hal ini dikarenakan banyaknya asap pabrik, kendaraan bermotor dan lain masih banyak lagi yang dihasilkan.

3. masalah yang ketiga yaitu kurangnya ketersediaan tempat pembuangan sampah. Sehingga banyak diantaranya warga atau masyarakat indonesia masih membuang sampah sembarangan, terutama warga yang masih tertinggal didaerah yang terdapat sungai, warga masih saja membuang sampah atau lainnya yang menyebabkan kebanjiran ketika hujan. Bukan hanya banjir tetapi menyebabkan bau yang tak sedap.

4. masalah yang keempat yaitu rendahnya tingkat kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan sekitarnya. Hal ini bisa dapat di lihat dari banyaknya sampah yang beserakan atau numpuk di sungai dikarenakan mereka malas dalam membuang sampah pada tempatnya. Mereka lebih memilih membuang sampah di sungai daripada di tempat sampah yang telah disediakan.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa masalah lingkungan di Indonesia belum dapat terselesaikan karena masih banyak warga Indonesia tingkat kesadaran masih kurang, sehingga dapat mencemarkan lingkungan sekitar. Upaya pak presiden beserta jajarannya mudah-mudahan cepat terealisasikan akan tidak menimbulkan bencana ketika musim hujan datang.

Nah itulah tadi contoh esai argumentatif tentang lingkungan hidup terbaru. Semoga sobat semakin bertambah wawasannya tentang Bahasa Indonesia dan semoga bertambah cerdas. Salam pelajar cerdas!

Related Posts:

0 Response to "Contoh Esai Argumentatif Tentang Lingkungan hidup dan sampah di Indonesia"

Posting Komentar