Pengertian dan 6 Contoh Paragraf Induktif Lengkap

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif Lengkap
Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif Lengkap - Banyak sebelumnya yang belum kita ketahuai tentang macam- macam paragraf. Macam- macam paragaraf, yaitu berdasarkan tujuan, letak kalimat utama, dan berdasarkan isinya. Berdasarkan tujuannya terdapat paragaraf pembuka, paragaraf penghubung, dan paragaraf penutup. Berdasarkan letak kalimat utama terdapat paragaraf deduktif, paragraf induktif, dan paragraf campuran. Sedangkan paragraf berdasarkan isi, antara lain paragraf deskripsi dan pragaraf proses. Paragraf induktif sendiri terdapat 3 jenis, yaitu generaslisasi, analogi, dan hubungan klausal. Sebelum masuk ke contoh paragraf induktif, apa kalian sudah tahu apa yang di maksud dengan paragraf induktif ? nah, Saya akan membahas tentang paragraf berdasarkan letak kalimat utama, yaitu paragraf induktif. 

Pengertian Paragraf Induktif

Paragraf Induktif adalah sebuah kalimat utama yang berada di akhir paragraf dan biasanya paragaraf induktif diawali dengan uraian atau penjelasan yang bersifat khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum, atau lebih mudah di ingat menggunakan K-U (khusus-umum). Setelah kalian mengetahui pengertian dan macam-macamnya sekarang kalian bisa liat contoh paragraf induktif.

Contoh paragraf induktif 

Contoh 1
Faktor utama untuk bersaing ialah SDM yang keseluruhan sebagai subjek dalam berproduksi . SDM perusahaan atau industri harus memiliki kemampuan teknis profesional dan adaptif. Kemampuan adaptif adalah kesanggupan SDM untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan alam, sosial, dan lingkungan kerja di perusahaan. Kemampuan teknis profesional adalah keahlian menghasilkan barang dan jasa dengan sarana teknologi yang memadai. Selain itu, mereka harus memiliki semangat kerja, displin, dan nilai-nilai dalam perusahaan itu sendiri. Dengan kata lain, mereka harus memiliki kemampuan normatif. 

Contoh 2
Kadar kolestrol yang tinggi dalam darah dapat meyebabkan pengerasan, penyempitan, atau bahkan penyumbatan pembuluh darah. Jika keadaan itu terjadi pada anggota badan, hal itu, akan menyebabkan atau menimbulkan komplikasi, seperti hilangnya fungsi dan rasa. Jika penyempitan atau penyumbatan itu terjadi pada pembuluh darah jantung ( arteria coronaria), maka dapat mengakibatkan atau timbulnya penyakit koroner, dan jika terjadi pada pembuluh darah otak, maka akan menimbulkan atau mengakibatkan stroke. Hal ini di karenakan pola makan yang yang tidak teratur. Makan makanan yang tidak teratur akan memperbanyak lemak jenuh yang akan meningkatkan kadar kolestrol dalam darah. 

Contoh 3 
Banyak orang yang tidak menyadari dan tidak menjaga kebersihan baik dari segi lingkungan, makanan, bahkan pakaian yang kita gunakan sehari-hari, padahal mereka sudah tau bahwa menjaga kebersihan akan menghindarkan kita dari penyakit, hal ini dilakukan untuk kesehatan kita.

Contoh 4
Suku jawa, Suku lampung, suku madura, suku palembang, suku betawi ataupun lainnya yang terdapat di Indonesia. Bukan hanya suku yang beragam di Indonesia melainkan budaya dan beragam kepercayaanpun berada di Indonesia, maka dari itu Indonesia di kenal dengan negara bersatu atau majemuk.

Contoh 5 
Di sekolah terbadapt bebrbagai jenis tingkah laku, agama tetapi bukan hanya ada itu di sekolah pun terdapat berbagai karakter anak dan bukan hanya mendapatkan perbedaan, melainkan ilmu, maka dari itu pendidikan merupakan gerbang anak untuk mencapai karakter anak bangsa yang baik. 

Contoh 6 
Di mana kita berada pasti akan meneukan karakter manusia yang berbeda-beda, dari sifat emosional, gembira, menyengkan, tetapi hal itu terkadang tidak disadari oleh kebanyakan sehingga terjadinya perselisihan di antara persaudaraan sendiri, maka dari itu manusia harus menyadari sifat atau karakter manusia berbeda-beda hal itu agar menciptakan saling menghargai satu sama lain. 

Itulah penjelasan tentang Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif, semoga artikel ini dapat membantu sobat semua. Sampai jumpa pada perjumpaan selanjutnya yang tentunya dengan artikel yang lebih menarik. Salam cerdas

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan 6 Contoh Paragraf Induktif Lengkap"

Posting Komentar