Pengertian dan 10 Contoh Kalimat Majas Sinestesia Terlengkap

Pengertian dan 10 Contoh Kalimat Majas Sinestesia Terlengkap
Pengertian dan 10 Contoh Kalimat Majas Sinestesia Terlengkap - Hay sobat disini saya akan memberi sedikit ilmu tentang kalimat majas sinestesia, pasti banyak di antar kalian yang masih bingung tentang kalimat sinestesia. Seperti pada ulasan-ulasan sebelumnya, BBI sudah membahas berbagai jenis majas. Maka dari itu untuk lebih melengkapi pemahaman sobat semua mari kita bahas tentang majas sinestesia, berikut penjelasannya. 

Pengertian Kalimat Majas Sinestesia

Kalimat Sinestesia atau majas sinestesia merupakan suatu kalimat yang mengalami perubahan makna kata disebabkan oleh adanya pertukaran tanggapan antara dua indra yang berbeda. Contohnya pada indra pendengar dengan indra peraba atau indra perasa dengan indra pengelihatan. 

Contoh Kalimat Majas Sinestesia

Berikut contoh kalimat sinestesia:

1. Bambang pamungkas dapat memasukan bola ke gawang dengan tendangan manis. 
Maksudnya pada “tendangan manis” yaitu sebuah tendangan yang dilihat secara teratur bukan tendangan yang mempunyai rasa manis. Jadi, hal ini terjadai pertukaran antara indra penglihtan dengan indra perasa. 

2. Ketika sedang bercanda tiba – tiba muka ani berubah menjadi pahit dan serentak diam. 
Maksudnya yaitu pada kata ”pahit” bukan berarti muka ani mempunyai rasa pahit melainkan muka ani berubah dengan tidak enak di lihat. Jadi hal ini telah terjadi pertukaran antara indra penglihat dengan indra perasa.

3. Edi telah dikecewakan oleh teman dekatnya, sehingga dia bersikap seperti kanebo kering. Maksudnya yaitu pada kata “kanebo kering” bukan berarti seperti lap yang kering tetapi bersikap kaku yang diibartakan seperti kanebo kering. Hal ini terjadi pertukaran antara indra penglihtan dengan indra perasa. 

4. Mulutmu harimaumu. 
Maksud dari sebuah kalimat yang sering kita dengar bukan berarti mulut harimau tetapi mulutnya seperti harimau. Jadi hal ini terjadi pertukaran antar indra penglihatan dengan perasa. 

5. Sekarang banyak sekali anak yang kecanduan smartphone seperti kecanduan narkoba karena tidak bisa jauh dari smartphonenya. 
Maksudnya yaitu pada kata kecanduan narkoba bukan berarti anak kecanduan narkoba tetapi diibaratkan sperti kecanduan tersebut. Hal ini terjadi pertukaran antara indra penglihatan dan indra perasa.  

6. Bapak sedang marah marah dengan ibu dengan gaya burung berkicau. 
Maksudnya yaitu pada kata “burung berkicau” berarti marah dengan serentetan kata yang tidak berhenti henti bukan berarti seperti burung yang berkicau. Jadi hal ini terjadi pertukaraan antara indra pendengar dengan indra penglihatan. 

7. Suasana di dalam ruang rapat itu terdapat suara gemericih air yang deras sehingga pembicara satu tidak terdengar. 
Maksudnya pada kalimat “ gemericih air deras” yaitu berisik terlalu keras suara yang sedang mengbrol. Jadi hal ini terjadi pertukaran antara indra pendengaran dengan indra perasa. 

8. Orang tua tidak baik jika berbiacara kasar dan seharusnya tidak bebricara kasar depan anaknya bila tidak ingin berbicara kasar. 
Maksudnya pada kata berbicara kasar yaitu berbicara yang tidak enak di dengar. Hal ini terjadi pertukaran antara indra pendengaran dengan indra perasa. 

9. Bunga mawar itu indah sekali, dan baunya pun sedap sekali sehingga aku ingin menanamnya dan ingin melihat keindahannya setiap hari. 
Maksudnya pada kata “baunya sedap” bukan bau yang kita rasakan dengan lidah. Jadi hal ini terjadi pertukaran antara indra penciuman dengan indra perasa

10. Seorang artis selalu ada salah satu yang melontarkan kata kata pedas dengan salah atu temannya atau fansnya sehingga membuat mereka serontak kaget. 
Maksudnya yaitu pada kata yang beruoa “ pedas” hal tersebut bukan berarti pedas yang memiliki rasa yang dapat di rasakan oleh indra perasa melainkan ungkapan. Jadi pada contoh di atas terjadi pertukran antara indra perasa dengan indra penglihatan. 

Nah, jadi ini sobat pengertian dan contoh kalimat sinestesia, mudah mudahan kalian paham dengan apa yang kami tuangkan dalam tulisan ini. Sampai jumpa dan semoga sukses. 

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan 10 Contoh Kalimat Majas Sinestesia Terlengkap"

Posting Komentar