Pengertian dan Contoh Sinopsis Novel Terlengkap

Pengertian dan Contoh Sinopsis Novel Terlengkap
Pengertian dan Contoh Sinopsis Novel Terlengkap - Sobat semua pasti sudah tahu apa itu novel bukan? Novel terasa sudah tidak asing lagi di telinga kita. Novel merupakan salah satu karya sastra bahasa. Novel dianggap sebagai salah satu karya sastra yang sangat menarik oleh karena itu sangat banyak penulis novel yang ada saat ini. Bagi anda yang memang pecinta novel pastinya jika ingin membeli salah satu novel maka akan mencari sinopsis atau ulasannya dulu. Sinopsis merupakan gambaran ringkas tentang isi novel itu sendiri. Nah jika sobat mendapatkan tugas sekolah untuk membuat sinopsis novel, coba sobat simak ulasan di bawah ini.

Pengertian Novel

Novel merupakan salah satu bentu karya sastra fiksi. Fiksi yaitu karya yang berupa imajinatif yang dilandasi kesadaran dari segi kreativitas sebagai seni. Dalam dunia fiksi berbeda dengan dunia nyata. Kebenaran dunia fiksi yaitu keyakinan pengarang dalam sebuah cerita yang di yakini “keabsahannya” , hal ini merupakan pandangannya terhadap masalah kehidupan. Dalam dunia keastraan terdapat bentuk karya sastra yang nyata dan terdapat jenis karya sastra atau karya fiksi yang berdasarkan fakta/nonfiksi, yaitu fiksi historis, fiksi biografis, fiksi sains. Sedangkan  Novel merupakan karya sastra yang menceritakan kehidupan tokoh yang luar biasa sehingga dapat menimbulkan perubahan pada nasib tokohnya. Novel memliki unsur pembangun di dalamnya, yaitu unsur intrinik dan unsur ekstrinsik.

Novel sangat luas di dunia kesastraan, karena ada istilah novel populer/novel pop. Novel populer merupakan karya sastra yang bersifat sementara, cepat ketinggalan zaman, dan tidak membuat orang penasaran untuk membacanya lagi, contohnya seperti novel romantis, novel ini biasanya disukai dengan banyak remaja. Novel populer banyak di minati karena banyak hal yang semata – mata menyampaikan cerita secara romantis, lebih mengejar selera pembaca, dan tidak menceritakan di dalamnya dengan serius, hal ini yang membuat novel populer. 

Novel merupakan karya sastra yang ceritanya lebih panjang daripda karya sastra cerpen, alur yang digunakan lebih dari satu, mendeskripsikan ceritanya secara detail beserta tokohnya, tema dalam novel pun lebih dari satu, yaitu tema utama dan tema tambahan, dan memiliki waktu yang cukup lama untuk membacanya. 

Sinopsis Novel

Sinopsis novel merupakan ringkasan dari sebuah cerita novel. Ringkasan novel merupakan cuplikan atau pemotongan dari sebuah novel dengan tetap memperhatikan unsur intrinsik sebuah novel. Sinopsis merupakan suatu cara yang efektif untuk membuatat karangan novel yang panjang menjadi dalam bentuk yang singkat. 

Contoh Sinopsis Novel

Ayahku ( bukan ) Pembohong 
Karya: Tere Liye 


Makan malam itu tidak menakutkan seperti yang aku bayangkan. Taani menyenangkan, memperlakukan ayahnya penuh hormat, membantuku menyiapkan makanan, mendengarkan cerita ayah dengan baik, dan tertawa dengan sopan. Dua jam sudah berlalu, ayah mengingatkanku kembali untuk mengantar Taani pulang, karena langit sudah mendung daripada nanti kehujanan, dan kami pun berpamitan kepada ayah. “ seandainya ibu kau masih hidup dan di akan senang sekali melihat kalian, kau tau taani dam pernah bilang dia tidak akan pernah pacaran karena bagi dia ibunya wanita nomor satu di dunia”. Kilat pun semburat menerangi teras rumah 

“boleh kah aku memeluk mu”? ayah berkata pelan.
Taani yang mengangguk tapi dia keliru dia hendak memelukku. Dan aku pun salah tingkah. Terakhir kali aku memluk ayah kapan? Mungkin sudah lima atau enam tahun yang lalu, aku tidak ingat. Pagi itu, bahkan ayah melambaikan tangan pun tidak, masih marah karena semalam, karena saat ulang tahun ibu aku menanyakan apakah cerita apel emas Lembah Bukhara itu sungguhan atau bohong. 

Sedikit anak laki-laki yang memeluk ayahnya sendiri, mereka tidak tahu bahwa sebenarnya ayah mereka kesepian di usia yang sudah tua. Aku pun menepis pikiran itu. Persoalannya bukan ada di diriku. Aku dulu senang dan selalu memeluk ibu, memijatnya, menemaninya setiap malam. Ayah tidak pernah mau mengaku bahwa cerita-ceitanya itu pun bohong, itu masalahnya, dan ayah tidak pernah meminta maaf bahwa keputusannya menolak membawa ibu terapi itu adalah salah besar. 

Demikian baru kita simak tentang Pengertian dan Contoh Sinopsis Novel Terlengkap semoga artikel yang ringkas ini dapat membantu sobat menemukan jawaban dari pertanyaan sobat tentang apa itu novel dan apa itu sinopsis novel. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Sinopsis Novel Terlengkap"

Posting Komentar