Pengertian, Jenis dan Ciri-ciri Dongeng Sage, Mite, Fabel, dan Legenda Terlengkap

Pengertian, Jenis dan Ciri-ciri Dongeng Terlengkap
Pengertian, Jenis dan Ciri-ciri Dongeng Terlengkap - Sangat banyak jenis-jenis karya yang termasuk di dalam karya sastra. Pada pertemuan kali ini kita akan bersama-sama membahas tentang salah satu bentuk dari sastra lama. Mungkin sobat sudah tidak asing lagi dengan yang namanya dongeng. Akan tetapi banyak pula di antara kita yang tak mengetahui apa pengertian dari dongeng, apa saja jenis-jenis dongeng dan bagaiman suatu cerita dapat dikatakan dongeng. Nah maka dari itu mari kita bahas bersama-sama materi tentang dongeng berikut ini.

Pengertian Dongeng

Dongeng adalah cerita tentang suatu peristiwa atau kejadian yang dianggap luar biasa oleh pembacanya dan penuh akan khalayan serta dianggap masyarakat sebagai suatu hal yang tidak pernah terjadi atau dengan kata lain merupakan cerita fiksi. Dongeng juga merupakan cerita yang telah turun temurun telah disampaikan nenek moyang. Pada umumnya dongeng bersifat menghibur dan sebagai sarana pembelajaran moral.

Sedangkan pengertian dongeng menurut Boscom dalam Danandjaja mengartikan dongeng sebagai prosa fiktif yang bertujuan untuk menghibur, pembelajaran (moral) dan bertujuan lain untuk menyindir. Meskipun demikian dongeng merupakan suatu karya sastra fiktif yang tak terikat oleh waktu, dongeng banyak terinpirasi dari dunia nyata.

Jenis-jenis Dongeng

Pada umumnya dongeng memiliki tujuh jenis yakni mite, sage, fabel, legenda, cerita jenaka, cerita pelipur lara dan cerita perumpamaan. 

1. Mite
Dongeng Mite adalah suatu bentuk dongeng yang memiliki unsur cerita mistis atau horor. Mite banyak menceritakan tentang dewa-dewa, peri, malaikat dan sejenisnya.

2. Sage
Sage adalah bentuk dongeng yang menceritakan tentang kisah kepahlawanan, keperkasaan, keberanian dan pembela kebenaran.

3. Fabel
Fabel adalah bentuk dongeng yang menceritakan tentang binatang sebagai tokohnya. Binatang dalam fabel memiliki tingkah laku layaknya manusia dan dapat berbicara.

4. Legenda
Legenda adalah dongeng yang menceritakan tentang asal usul benda maupun suatu tempat yang saat ini dianggap melegenda seperti dongeng malin kundang.

5. Cerita Jenaka
Cerita jenaka adalah cerita yang dikembangkan dari cerita masyarakat yang bersifat mengundang tawa dengan kata lain merupakan cerita komedi.

6. Cerita Pelipur Lara
Cerita pelipur lara adalah bentuk cerita yang bertujuan untuk menghibur para tamu pada suatu perjamuan dan diceritakan oleh seorang ahli cerita seperti wayang yang diceritakan oleh seorang dalang.

7. Cerita Perumpamaan
Cerita perumpamaan adalah bentuk dari dongeng yang mengandung kiasan nasihat-nasihat, yang bertujuan untuk mendidik seperti kisah seorang Haji yang pelit.

Ciri-ciri Dongeng

Adapun ciri-ciri dongeng adalah sebagai berikut.
  1. Dongeng pada umumnya menggunakan alur sederhana agar mudah dimengerti.
  2. Dalam penulisannya dongeng ditulis dengan singkat dan bergerak cepat.
  3. Dongeng biasanya tidak menceritakan tentang tokoh pemeran secara terperinci.
  4. Penulisan dongeng ditulis seperti pada gaya penceritaan lisan.
  5. Pendahuluan pada cerita sangat singkat sehingga langsung menuju topik utama.

Struktur Dongeng


Dongeng memiliki struktur yang dapat dikatakan sederhana. Adapun struktur dongeng adalah sebagai berikut.

1. Pendahuluan
Pendahuluan adalah kata pengantar yang bertujuan untuk mengantarkan pembaca kedalam isi dari dongeng yang dibaca. Pendahuluan dongeng biasanya dituliskan secara singkat.

2. Peristiwa atau Isi
Peristiwa atau isi adalah bagian dongeng yang menceritakan permasalahan utama atau letak dari peristiwa pada dongeng tersebut.

3. Penutup
Penutup merupakan bagian paling akhir dari suatu dongeng. Pada penutup biasanya terdapat pesan yang dapat diambil.

Demikian sobat telah kita simak bersama-sama tentang pengertian, jenis dan ciri-ciri dongeng. Semoga artikel ini dapat menjadi sumber referensi sobat semua. Pada perjumpaan selanjutnya kita akan membahas lebih jauh tentang dongeng. Maka dari itu ikuti terus update dari kami. Sampai jumpa dan semoga sukses.

Related Posts:

2 Responses to "Pengertian, Jenis dan Ciri-ciri Dongeng Sage, Mite, Fabel, dan Legenda Terlengkap"