Tips dan Cara Mudah Berpidato yang Baik juga Menarik

TIps dan Cara Mudah Berpidato yang Baik dan Menarik
Cara Mudah Berpidato yang Baik dan Menarik - Berbicara di depan umum bagi sebagian orang adalah hal yang tidak mudah. Baik berbicara dalam pidato, ceramah, khutbah ataupun yang lainnya. Berbicara di depan umum tentu berbeda dengan bicara bertatap muka karena dalam berbicara di depan umum pembicara harus berhadapan dengan banyak audience. Oleh karena itu, untuk berbicara di depan umum seseorang harus menguasai teknik dan cara yang tepat agar semua penonton dan pendengar dapat menerima maksud dari apa yang dibicarakan.

Seperti halnya pidato, Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberi gambaran akan suatu hal kepada orang banyak. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi - orasi dan pernyataan tentang suatu hal yang penting dan patut untuk diperbincangkan. Selain itu, pidato juga adalah sebuah seni dalam memilih kata - kata yang baik untuk disampaikan dan juga kontrol intonasi serta penyampaianya kepada audience. Namun hal ini tentunya tidak mudah untuk sebagian orang pemula yang akan berpidato di depan umum. Oleh karena itu, mari kita bahas tips dan cara berpidato yang baik dan benar agar meminimalisirkan resiko kesalahan dalam pidato anda nantinya.

Cara Mudah Berpidato yang Baik dan Menarik

Tahap Persiapan Pidato
Pada tahap persiapan ini seseorang harus melakukan beberapa hal yang nantinya akan menentukan baik atau buruknya pidato serta dapat diterima atau tidaknya pidato. Oleh karena itu simak ulasannya berikut.

1. Buat dan susun konsep pidato
Buatlah konsep pidato dengan tema yang akan anda bawakan. Susunlah konsep pidato secara terstruktur poin - poin yang akan anda bahas dan tulislah di secarik kertas. Setelah itu tentukan pada poin - poin tersebut kata - kata yang akan anda sampaikan dan hindari untuk mengulangi materi yang sudah disampaikan. Sisipkan juga cerita menarik tentang pengalaman pribadi atau pengalaman orang lain yang sama dengan tema yang dibawakan atau anda juga dapat menyisipkan sedikit humor agar ruang pidato tidak terlalu kaku.

2. Berlatih dan Cari Referensi Pidato
Setelah anda menulis konsep yang akan di bahas nantinya, coba anda berlatih terlebih dahulu tentang konsep pidato anda. Latihan dapat dilakukan di depan kaca atau di depan teman atau saudara anda agar ketika ada kesalahan anda dapat mengetahuinya. Latihan berpidato sangatlah penting setidaknya anda akan mengetahui gambaran pidato secara sungguhan. Anda juga harus mencari referensi pidato baik berupa video youtube atau berupa rekaman suara. Hal ini penting agar anda dapat mengerti tentang intonasi suara serta pemilihan diksi yang tepat.

Tahap Berpidato
Ada beberapa tips dan cara yang mudah agar pidato anda mengesankan. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Persiapkan diri dan rileks
Jika anda pertama kali akan berpidato maka gugup adalah hal yang akan anda temui. Jika gugup ini anda tidak bisa menanganinya dengan baik maka ini akan menjadi hal buruk untuk anda. Hal yang perlu anda lakukan adalah rileks dan atur nafas anda agar detak jantung anda stabil karena biasanya orang yang gugup detak jantungnya akan berdebar - debar dan akan berkeringat secara berlebihan. Oleh karena itu, ajaklah seseorang untuk anda aja ngobrol agar mengurangi rasa gugup. Dan jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu.

2. Naik ke mimbar pidato dengan menyapa pengunjung dan tamu istimewa
Setelah anda dipanggil oleh pembawa acara, maka berdiri dan berjalanlah dengan santai dan rileks menuju ke mimbar pidato. Anda juga jangan lupa untuk menyapa para pengunjung dengan senyuman dan yang terpenting adalah tamu istimewa seolah - olah anda meminta agar di perkenankan untuk membawakan pidato di atas panggung. Dengan cara ini anda akan terlihat ramah dan rendah hati oleh audience dan akan menimbulkan prasangka baik terhadap anda.

3. Berdiri Tegak dan Berwibawa
Pembawaan yang santai namun tegas dan berwibawa sangatlah efektif dalam berpidato. Hal ini harus anda kuasai bagaimana berdiri yang tegak dan berwibawa agar anda terlihat positif di mata audience. Jika penilaian audience sudah positif terhadap anda maka apa yang anda sampaikan akan mudah diterima oleh audience. 

4. Perhatikan struktur materi dan intonasi dalam penyampaian materi pidato
Bawalah secarik kertas yang telah anda tulis poin - poin tentang materi yang akan anda sampaikan. Sampaikan materi tersebut secara berurutan dengan intonasi yang tepat sesuai dengan yang telah anda pelajari pada referensi yang telah anda cari. Selain itu, anda juga jangan terlalu terpaku pada kertas contekan yang anda buat anda harus berinteraksi kepada audience. Perhatikan pula tatapan mata anda, tataplah audience secara bergantian jangan terpaku pada satu tatapan saja karena hal ini akan memperlihatkan bahwa anda terlihat enjoy dan rileks pada saat berpidato.

Nah demikian sobat telah kita simak tips dan cara mudah pidato yang baik dan menarik. Artikel di atas hanya pandangan dari pendapat kami saja, jika sobat punya pendapat lain dan ternyata lebih baik maka apa salahnya untuk di coba. Apa bila ada saran dari kami yang kurang tepat mohon di maafkan. Sampai jumpa dan semoga sukses.

Related Posts:

1 Response to "Tips dan Cara Mudah Berpidato yang Baik juga Menarik"

  1. terimakasih banyak infonya, mantab webnya, jangan lupa mampir ya gan ke www.materi-sekolah.com, salam kenal ya

    BalasHapus