Cara dan Teknik Membaca Cepat beserta Rumus Menghitungnya Lengkap

Cara dan Teknik Membaca Cepat beserta Rumus Menghitungnya Lengkap
Cara dan Teknik Membaca Cepat beserta Rumus Menghitungnya Lengkap - Membaca merupakan hal yang sangat pokok dalam memahami sebuah tulisan. Jika kita hendak membaca karya tulis yang cukup panjang maka akan sangat merepotkan jika kita harus memahami kata demi kata. Oleh karena itu, teknik membaca cepat sangatlah dibutuhkan dalam hal ini. Nah penjelasan tentang teknik membaca cepat beserta rumus menghitungnya telah kami rangkum pada pembahasan di bawah ini.

Cara dan Teknik Membaca Cepat

Membaca cepat adalah sebuah teknik membaca yang digunakan untuk membaca tulisan dengan waktu yang relatif lebih cepat daripada membaca dengan teknik biasa. Untuk menguasai teknik dan cara membaca cepat maka diperlukan keahlian dalam memahami kata per kata dan juga dapat memindahkan pandangan mata kepada kata berikutnya. Setidaknya ada empat langkah membaca cepat antara lain sebagai berikut.

1. Konsentrasi
Konsentrasi sangatlah dibutuhkan dalam membaca. Pada teknik membaca biasa saja sangat diperlukan konsentrasi apalagi pada teknik membaca cepat. Konsentrasi dibutuhkan agar kita dapat memahami maksud kata dan kalimat meskipun membacanya dengan cepat.

2. Membaca Dalam Hati
Untuk dapat membaca cepat usahakan agar tidak membaca dengan cara bersuara, melainkan hanya membaca di dalam hati. Hal ini sangat mempengaruhi dalam memahami bacaan.

3. Memperluas Jangkauan Mata
Jangkauan mata sangat mempengaruhi ketika menggunakan teknik membaca cepat. Memperluas jangkauan mata ditujukan agar dapat membaca kata selanjutnya sebelum dilafalkan dalam hati. Hal ini sangat berpengaruh terhadap cepat atau tidaknya ketika membaca.

4. Jangan Mengulang Bacaan
Mengulang bacaan hanya akan memperlambat kecepatan membaca. Namun agar tidak mengulang bacaan diperlukan latihan-latihan dalam membaca cepat. Hal ini bertujuan untuk melatih konsentrasi disaat membaca. 

Teknik membaca cepat sangatlah penting untuk dikuasai. Terutama untuk memahami isi bacaan yang panjang dan membutuhkan waktu yang singkat untuk memahaminya seperti halnya dalam mengerjakan soal-soal ujian. Agar anda lebih mahir dalam membaca cepat maka bacalah artikel, koran, contoh soal, dan lain sebagainya. Teknik membaca cepat dapat dikatakan berhasil apabila anda mampu memahami isi bacaan paling tidak 70%.

Rumus Menghitung Membaca Cepat

Untuk mengetahui kecepatan membaca seseorang dibutuhkan rumus menghitungnya. Rumus untuk mengetahui kecepatan membaca adalah sebagai berikut.
Cara dan Teknik Membaca Cepat beserta Rumus Menghitungnya Lengkap
Keterangan:

Kpm= Kecepatan per menit
q = Jumlah kata yang mampu dibaca
t  = Lama waktu yang dibutuhkan untuk membaca
60= Satuan detik dalam satu menit

Contoh soal:

Budi mampu membaca 500 kata dalam waktu 3 menit 30 detik. Berapa kecepatan membaca budi?

Diketahui: 
q = 500
t = 3 menit 30 detik (210 detik)

Jawab:
Kpm = q/t x 60  
        = 500/210 x 60
Kpm = 142,8


Demikian tadi telah kita simak bersama-sama artikel tentang Cara dan Teknik Membaca Cepat beserta Rumus Menghitungnya Lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan menambah ilmu tentang membaca. Sampai jumpa dan semoga sukses.

Related Posts:

0 Response to "Cara dan Teknik Membaca Cepat beserta Rumus Menghitungnya Lengkap"

Posting Komentar