2 Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup Tentang Fenomena Alam Terbaik

2 Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup Tentang Fenomena Alam Terbaik
2 Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup Tentang Fenomena Alam Terbaik - Hai sobat setia SBI, semoga kalian sehat selalu ya. Pada perjumpaan kali ini admin akan memberikan contoh artikel terbaik tentang lingkungan hidup. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup 

Indonesia Negara Penyumbang Gas Emisi CO2 Nomor 6 Terbesar di Dunia

Berdasarkan data yang dirilis oleh World Resource Insitute (WRI) yang bermarkas di Washington DC, Indonesia merupakan negara penyumbang emisi karbon terbesar ke-6 dunia. Hal ini tentunya menjadi perhatian khusus baik dari pihak dalam maupun dan luar negeri karena jika hal ini tidak ditangani maka akan menambah parah kerusakan lingkungan di masa mendatang. Seperti dilansir Daily Mail (3/10/2014), WRI menyatakan bahwa rangking Indonesia dalam penyumbang emisi karbon (CO2) berada di bawah China, USA, Uni Eropa, India dan Rusia. Sedangkan total produksi emisi karbon yang dihasilkan Indonesia adalah 2,05 miliar ton.

WRI merilis laporan tentang emisi karbon dioksida negara-negara di dunia sejak tahun 1850 hingga 2011 melalui sebuah peta interaktif. Dari peta interaktif ini terlihat bahwa emisi gas rumah kaca di dunia mengalami perubahan drastis selama hampir 160 tahun terakhir. Jika pada tahun 1990-an sekitar 2/3 dari emisi karbon dioksida berasal dari negara-negara maju,  akan tetapi pada tahun 2011, emisi karbon yang dihasilkan oleh negara-negara berkembang meningkat drastis, termasuk Indonesia dan melampui produksi emisi karbon dari negera-negara maju..

Menurut laporan World Resource Institute tersebut, pada tahun 2011, telah di total bahwa dunia memproduksi emisi karbon (CO2) sebesar 46 miliar ton. Dan tiga negara penyumbang gas emisi terbesar yaitu China, USA dan Uni Eropa. China merupakan negara penghasil emisi gas karbon terbesar di dunia dengan total emisi lebih dari 10,26 miliar ton. Disusul Amerika Serikat dan Uni Eropa dengan emisi masing-masing sebesar 6,135 miliar ton dan 4,263 miliar ton. Indonesia sendiri menyumbang sebanyak 2,05 miliar ton emisi yang dihasilkannya menduduki peringkat keenam. Sedangkan India dan Rusia yang masing-masing menghasilkan emisi 2,358 miliar ton dan 2,217 miliar ton emisi karbon berada masing-masing satu tingkat di atas Indonesia.

Selengkapnya daftar 10 negara penghasil emisi karbon terbesar di dunia berdasarkan study World Resources Institute adalah sebagai berikut :
(Seluruh Dunia : 45,914 miliar ton)

China : 10,26 miliar ton
US : 6,135 miliar ton
EU : 4,263 miliar ton
India : 2,358 miliar ton
Rusia : 2,217 miliar ton
Indonesia : 2,053 miliar ton
Brazil : 1,419 miliar ton
Jepang : 1,17 miliar ton
Canada : 847 million tons
Jerman : 806 million tons

Berdasarkan data diatas, Sejatinya Indonesia memang bukanlah negara penghasil emisi gas karbondioksida terbesar di dunia. Akan tetapi hal ini patut untuk diperhatikan berbagai pihak karena jika hal ini dibiarkan berangsur-angsur maka jangan salahkan jika anak cucu kita kelak tak bisa hidup dengan normal karena sulitnya mendapatkan udara yang bersih. Pemerintah serta pihak-pihak terkait dan juga masyarakat dunia harus peduli akan hal ini dengan begitu maka solusi akan ditemukan untuk mengurangi dampak dari kerusakan lingkungan akibat emisi gas rumah kaca.

Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup 

Penyebab Kebakaran Hutan di Indonesia

Penyebab kebakaran hutan di Indonesia pada dasarnya memiliki dua penyebab yaitu kebakaran yang disebabkan oleh faktor alam dan juga faktor manusia. Namun sebagian besar kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia belakangan ini disebabkan karena ulah dari manusianya sendiri. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan jika mengingat Indonesia dahulu merupakan paru-paru dunia karena sebagian besar hutan dunia ada di Indonesia. Sedangkan dampak dari kebakaran hutan sendiri bukan hanya merugikan Indonesia, akan tetapi negara-negara tetangga pun ikut dirugikan akibat tercemarnya udara.

Penyebab kebakaran hutan yang disebabkan oleh faktor alam dipicu oleh berbagai hal salah satunya adalah sambaran petir. Sambaran petir dapat menimbulkan percikan api yang dapat menyammbar ranting dan dedaunan. Cuaca ekstrim juga dapat menimbulkan kebakaran hutan misalnya musim kemarau berkepanjangan yang dapat membuat hutan kehabisan stok air dan pohon-pohon pun mengering dan lambat laun akan terbakar karena panas yang berkepanjangan.

Sedangkan Menurut Syaufina (2008), kebakaran hutan di Indonesia 99% diakibatkan karena ulah oknum-oknum yang tak bertanggung jawab. Oleh sebab itu tak heran kebakaran hutan di Indonesia terjadi di setiap tahun. Berbagai aktifitas manusia yang dapat menimbulkan kebakaran hutan seperti membuka lahan dengan cara membakar hutan, ilegal loging dan tak ada perhatian terhadap lingkungan hutan di Indonesia baik dari pemerintah maupun masyarakat. Tentunya jika hal ini dibiarkan tanpa adanya perhatian dari berbagai pihak maka Indonesia dalam beberapa tahun ke depan bukan lagi negeri yang kaya akan flora dan faunanya karena jelas semuanya akan mati dilahap si jago merah.

Kebakaran hutan yang diakibatkan oleh ulah manusia bukann hanya dapat terjadi karena faktor kesengajaan akan tetapi faktor ketidak sengajaan pun dapat memicu kebakaran hutan. Beberapa hal yang tidak disengaja tetapi dapat menimbulkan kebakaran seperti membuang putung rokok sembarangan, membiarkan api unggun tetap hidup saat ditinggalkan, membakar sampah. Hal ini perlu diperhatikan bagi para penggiat aktifitas outdoor dan juga pecinta alam serta masyarakat sekitar hutan agar dapat menjaga kelestarian hutan dengan cara meminimalisir aktifitas yang dapat menimbulkan kebakaran hutan. Beberapa hutan telah menjadi korban akibat keteledoran manusia misalnya saja Gunung Muria dan Gunung Sindoro.

Penyebab kebakaran hutan juga bisa terjadi karena adanya kebakaran yang terjadi di bawah tanah atau yang biasa disebut ground fire. Ground fire dapat terjadi pada lahan gambut dan uap panas yang ditimbulkan bisa menyebabkan vegetasi diatas tanah juga ikut terbakar. Kebakaran jenis ini dapat terjadi hanya pada musim kemarau panjang.

Penanggulangan bencana kebakaran memang sudah seharusnya di awali dengan mengetahui penyebab-penyebab utamanya. Selanjutnya hanya perlu tindakan dari pihak yang berwajib untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar tetap berhati-hati agar hutan tetap terjaga. Hal tersebut juga harus dibarengi dengan tindakan tegas dari kepolisian agar tidak sungkan-sungkan menghukum oknum-oknum yang dapat menyebabkan kebakaran. Hal ini harus dilakukan agar pelaku jera dalam melakukan tindakannya. 

Demikian tadi sobat telah kita simak bersama-sama contoh artikel tentang lingkungan hidup yang bertema penyebab kebakaran hutan dan juga emisi CO2. Semoga setelah melihat artikel ini sobat dapat lebih peduli dengan lingkungan dan juga tentunya lebih pandai dalam menulis artikel. Sampai jumpa dan semoga sukses!

Related Posts:

3 Responses to "2 Contoh Artikel Tentang Lingkungan Hidup Tentang Fenomena Alam Terbaik "

  1. terimakasih sangat membantu :)

    BalasHapus
  2. Mau tanyak sebaiknya membuat judul dengan tema kehidupan manusia dan lingkungan, apa ya?

    BalasHapus