Contoh Teks Berita 5W+1H Bahasa Indonesia Terbaik

Contoh Teks Berita 5W+1H dalam Bahasa Indonesia
Contoh Teks Berita 5W+1H dalam Bahasa Indonesia - Sehari-hari kita sudah sering mendengarkan tentang berita bukan? baik berita nasional baik yang mancanegara. Berbagai kejadian telah diliput menjadi berita dan disebarkan keseluruh orang. Berita merupakan hal yang sangat penting karena dengan berita orang-orang mampu mengetahui apa yang sedang menjadi perbincangan hal layak ramai. Selain itu di dalam berita juga terdapat banyak informasi penting lainnya yang dibutuhkan banyak orang. 

Pengertian Teks Berita Menurut Para Ahli

Menurut Paul de Massenner, Berita adalah sebuah informasi penting yang menarik perhatian serta menarik minat khalayak ramai. 

Menurut Charnley dan James M. Neal, berita merupakan laporan tentang suatu kejadian, pendapat, kecenderungan, situasi, kondisi interpretasi yang penting, menarik, masih baru dan harus disampaikan secepatnya kepada banyak orang.  

Menurut Assegaf, dalam Sumadiria 2005 : 64 - 65, Berita adalah laporan tentang kejadian atau ide yang termasa, yang mampu menarik perhatian pembaca ataupun pendengar, karena sesuatu yang luar biasa penting, mencakup sisi human interest seperti emosi, humor dan ketegangan.

Menurut Mitchel V. Charnley dalam bukunya Reporting edisi III (Holt-Reinhart & Winston, New York, 1975 halaman 44) mengatakan bahwa berita adalah suatu laporan yang tepat waktu mengenai fakta ataupun opini serta memiliki daya tarik atau hal penting atau kedua-duanya bagi khalayak ramai. 

Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa Berita adalah suatu fakta, ide atau opini aktual yang menarik perhatian dan akurat serta dianggap penting oleh sebagian besar pembaca, pendengar maupun penonton.

Unsur-unsur Teks Berita

Untuk mendapatkan berita yang tajam, akurat dan menarik maka diperlukan unsur-unsur berita sebagai syaratnya. Berita yang baik harus memiliki beberapa unsur yang dikenal sebagai 5W+1H. Simak penjelasanya sebagai berikut.

1. What (Apa)?
What atau apa merupakan hal yang sangat penting dan harus ada di dalam berita. What berguna sebagai penjelas tentang kejadian apa yang terjadi. What juga dapat dikatakan sebagai judul berita.

2. Who (Siapa)?
Who atau siapa adalah penjelasan berita yang menjelaskan tentang siapa yang menjadi sorotan dalam berita yang akan diliput.

3. Where (Dimana)?
Where atau dimana menjelaskan tentang lokasi yang sedang menjadi perbincangan dalam berita tersebut.

4. When (Kapan)? 
When atau kapan adalah unsur berita yang menjelaskan tentang waktu kejadian. Waktu kejadian dianggap sangat penting untuk menentukan bahwa berita tersebut aktual atau tidak.

5. Why (Mengapa)?
Why atau mengapa adalah unsur berita yang menjelaskan tentang sebab terjadinya atau latar belakang dari berita.

6. How (Bagaimana)?
How atau bagaimana merupakan unsur berita yang menjelaskan tentang kronologi dari berita tersebut. Where juga dapat menjelaskan tentang dampak dari kejadian tersebut.

Contoh Berita 5W+1H

Contoh Teks Berita 1

Dua buah pesawat maskapai Sriwijaya Air bergesekan sayap di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Untungnya Tak ada korban pada insiden ini.

Dua pesawat Sriwijaya Air yaitu pesawat PK-CMF (B738) tujuan Jakarta - Silangit dengan pesawat PK CLF (B735) tujuan Malang - Jakarta mengalami insiden bergesekan pada bagian sayap di parkiran pesawat Bandara Internasional Soekarno - Hatta, Cengkareng, Banten pada hari Rabu (12/10/2016).

"Kejadian terjadi sekitar pukul 10.00 WIB," kata Senior Manager Coorporate Communication Sriwijaya Air, Agus Soedjono ketika dijumpai di kantornya.

Menurut Agus, gesekan dua pesawat itu terjadi pada bagian ujung sayap. Alhasil, kedua sayap pesawat mengalami lecet pada bagian tersebut. Lanjut agus, Kejadian itu terjadi ketika pesawat tujuan Silangit siap terbang. Sedangkan pesawat satunya dari tujuan Malang sudah berhasil mendarat dan akan parkir.

Namun penumpang yang berada di pesawat tujuan Silangit dipindahkan ke pesawat Sriwijaya lainnya, Dalam peristiwa ini tidak ada korban.

"Kalau pesawat dengan tujuan Malang tidak ada penumpangnya," ujar Agus.

Contoh Teks Berita 2

Hingga kini (12/4/2016) Banjir masih melanda beberapa daerah di Jakarta akibat hujan deras yang terjadi sejak tadi malam, kendati di sebagian titik rawan banjir, air sudah mulai surut.

Badan Penanggulangan Bancana Nasional menyebut, tinggi air di Bendungan Katulampa yang menjadi patokan Jakarta, bermula dari ketinggian 30 cm pada pukul 03.00 WIB yang berarti sudah siaga 4, lalu meningkat menjadi 150 cm pada pukul 05.05 WIB, yang berarti siaga 2, namun tak lama kemudian tinggi air kembali surut ke angka 100 cm pada pukul 06.00 WIB yang merupakan status siaga 3.

Dari Kampung Makassar, Mala menjelaskan lewat akun twitternya @ShipitMala bahwa banjir telah mencapai ketinggian dada orang dewasa atau sekitar 150 cm. Rumah - rumah kebanjiran, dan berbagai kegiatan sekitar di wilayah tersebut lumpuh. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jakarta pun mengerahkan perahu karet untuk mengevakuasi warga dari rumah-rumahnya untuk dibawa kepemukiman.


Demikian tadi telah kita simak bersama-sama artikel tentang Contoh Teks Berita 5W+1H dalam Bahasa Indonesia. Berita adalah materi penting dalam Bahasa Indonesia, oleh karena itu sebaiknya sobat dapat memahami materi ini dengan sangat matang. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Related Posts:

0 Response to "Contoh Teks Berita 5W+1H Bahasa Indonesia Terbaik"

Posting Komentar