Pengertian, Analisis dan Jenis-jenis Wacana Terlengkap

Pengertian, Analisis dan Jenis-jenis Wacana Terlengkap
Pengertian, Analisis dan Jenis-jenis Wacana Terlengkap - Kalian ingin tahu apa sih wacana itu? Apa aja sih yang ada di dalam wacana itu? Bagaimana sih cara memahami sebuah wacana? Nah, sobat disini kalian dapat menemukan apa yang kalian cari. Dalam artikel saya ini akan membahas wacana. Analisis wacana merupakan sebuah kajian bahasa yang berusahan menginterprestasikan makna tulisan atau ujaran. Wacana sendiri banyak para ahli mengemukakan dan dapat saya simpulkan bahwa wacana adalah satuan bahasa yang paling teringgi dan terlengkap yang berada di atas tataran sebuah kalimat, klausa, frase, kata, morfem. Maupun fonem, maka dari itu wacana dapat dikatakan tataran teringgi dan terlengkap dari satuan bahasa lainnya. Wacana bersifat pragmatik. 

Analisis Wacana

Pengertian analisis wacana merupakan sebuah kajian bahasa yang meneliti atau mengkomunikasikan secara alamiah atau nyata atau sehari-hari. Manfaat analisis wacana yaitu penggunaan bahasa dalam peristiwa pada tingkatan yang lebih konkret atau komunikasi yang sebenarnya dan tujan tersebut harus dikemukakan secara utuh dan runtut. Jadi analisis wacana tidak hanya berguna untuk memahami hakikat bahasa, bahkan bermanfaat untuk memahami proes belajar bahasa dan perilaku bahasa. 

Jenis-jenis wacana 

Melalui dari berbagai sudut pandang wacana dapat diklasifikasikan sebagai berikut: 1) wacana berdasarkan saluran komunikasi, 2) wacana berdasarkan peserta komunikasi, 3) wcana berdasarkan tujuan komunikasi. 

1. Wacana berdasarkan saluran komunikasi 
Jenis wacana berdasarkan saluran komunikasi ini dapat diklafikasikan menjadi dua, yaitu wacana tulis dan wacana lisan. Wacana tulis, yaitu berupa kalimat yang disusun dalam bentuk tulisan, sedangkan wacana lisan, yaitu rangkaian kalimat yang disampaikan dari sebuah rekaman lisan. 

2. Wacana berdasarkan peserta komunikasi 
Jenis wacana berdasarkan peserta komunikasi ini berdasarkan peserta yang terlibat dalam komunikasi. Wacana berdasarkan peserta komunikasi ini dapat diklasifikasikan ke dalam tiga klasifikasi, yaitu:

a. wacana monolog
Wacana monolog adalah wacana yang disampaikan dari satu pihak ke pihak lain tanpa ada pergantian peran, pendengar, atau pembicara. Dalam wacana monolog ini terjadi komunikasi satu arah. Contoh wacana monolog, yaitu pidato, ceramah, khotbah di masjid.

b. wacana dialog 
Wacana dialog adalah berbeda dengan dengan wacana monolog, wacana dialog terdapat dua pihak dalam berkomunikasi. Kedua pihak tersebut melakukan pergantian peran dalam komunikasi yang dilakukan. 

c. wacana polilog
Wacana polilog adalah wacana yang dilakukan atau disampaikan yang terlibat lebih dari dua pihak dalam komunikasi. 

3. Wacana berdasarkan tujuan komunikasi 
Berdasarkan tujuan komunikasi ini yang sering terjadinya kesalahpahaman atau tertukarnya sebuah wacana. Berdasarkan tujuan komunikasi ini dapat diklasifikasikan menjadi 5 klasifikasi, yaitu:

a. wacana deskripsi
Wacana deskripsi yaitu suatu bentuk wacana yang melukiskan atau menggambarkan keadaan yang sebenarnya, sehingga pembaca seolah-olah dapat melihat, merasakan, mendengar bahkan mencium. 

b. wacana eksposisi
Wacana ekposisi yaitu wacana yang bertujan untuk mengungkapkan memberi tahu atau menrenagkan sesuatu. Dalam wacana eksposisi ini informasi yang di komunikasikan atau disampaikan berupa fakta dan objektif . 

c. wacana argumentasi
Wacana argumentasi yaitu wacana yang terdiri dari paparan, pendapat suatu simpulan. Wacana ini beralasan untuk mendukung atau menolak suatu pendapat dari setiap gagasan. 

d. wacana persuasi
Wacana persuasi, yaitu wacan yang bertujan untuk membujuk atau meyakinkan pembaca atau mitra tutur. Wacana persuasi biasanya memberikan alasan yang tidak rasional. 

e. wacana narasi
Wacana narasi, yaitu menyampaikan kejadian secara berututan atau secra kronologi dengan maksd memberikan arti dari sebuah rentetena suatu kejadian. 

Semoga artikel tentang Pengertian, Analisis dan Jenis-jenis Wacana Terlengkap ini dapat menambah wawasan sobat semua tentang Bahasa Indonesia. Sampai jumpa dan salam pelajar cerdas.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Analisis dan Jenis-jenis Wacana Terlengkap"

Posting Komentar