Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Laporan Hasil Pengamatan Terlengkap

Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Laporan Hasil Pengamatan TerlengkapPengertian, Ciri-ciri dan Contoh Laporan Hasil Pengamatan Terlengkap - Mungkin banyak sobat yang masih belum memahami tentang cara membuat laporan hasil pengamatan. Padahal materi yang satu ini sangat penting karena sangat berguna untuk membuat laporan yang biasa menjadi tugas sekolah dan kuliah. Oleh karena itu coba anda simak ulasan tentang laporan hasil pengamatan berikut ini.

Pengertian Laporan Teks Hasil Pengamatan atau Observasi

Laporan hasil pengamatan merupakan suatu hasil dari sebuah pengamatan yang di lakukan dengan tujuan untuk menginformasikan hasil yang sudah di peroleh kepada orang banyak ataupun sekelompok orang. berdasarkan pengertian tersebut teks laporan dapat disebut juga teks klasifikasi karena teks ini dapat mengklasifikasi jenis – jenis sesuatu berdasarkan criteria tertentu. Teks laporan dapat dikatakan teks deskripsi padahal berbeda dengan teks laporan. Perbedaan yang teks laporan dengan deskripsi yaitu pada sifatnya, teks laporan bersifat global atau meluas, sedangkan teks deskripsi bersifat individual. Teks laporan lebih ke pengelompokan jenis – jenis atau cirri cirri suatu criteria. berdasarkan pengertian tersebut, teks laporan merupakan sebuah tulisan yang memaparkan atau menggambarkan hasil fonomena hasil dari pengamatan kepada pembacanya. 

Struktur Teks Laporan Pengamatan 
  1. Disusun dengan struktur teks pernyataan umum atau klasifikasi yang diikuti dengan aspek yang di laporan.  
  2. Pernyataan umum di tulis di awal paragraf. Pada tahap penyataan umum yang dimaksudkan adalah suatu kata pembuka atau pengantar tentang apa yang akan di laporkan. 

Ciri-Ciri Teks Laporan pengamatan atau observasi
  1. Laporan yang ditulis bersifat fakta
  2. Laporan Bersifat objektif
  3. Laporan hasil harus ditulis lengkap dan sempurna
  4. Tidak memasukan unsur-unsur menyimpang atau moral yang tidak baik, seperti propaganda, pemihakan, atau penuduhaan dan atau pransangka buruk. 
  5. Laporan disajikan secara menarik pembaca, baik dalam hal tata bahasa atau pemilihan kata (diksi) yang jelas, isinya yang berbobot yang penting, dan susunan teksnya harus logis. 


Langkah-Langkah Membuat Teks Laporan Hasil Pengamatan

Setelah kita simak ciri- ciri teks laporan pengamatan, mungkin masih banyak teman-teman yang belum tau cara atau langkah-langkah membuat teks laporan. teks laporan hasil pengamatan disusun dengan rapih, logis, dan menarik pembaca. Berikut langkah – langkah menyusun teks hasil pengamatan. 
  1. Menentukan judul teks laporan pengamatan berdasarkan objek yang ingin diamati. Penentuan judul biasanya didasarkan atas ketertarikan penulis akan suatu masalah yang melatarbelakanginya.
  2. Membuat kerangka laporan pengamatan.
  3. Membuat kalimat pembuka laporan pengamatan. 
  4. Mengembangkan ide-ide yang ada di dalam kerangka yang sudah di buat. Pengembangan kerangka karangan harus sejalan dengan tujuan. 
  5. Menyusun isi sebuah laporan dengan gagasan pokok, dan saran yang disertai alasan mengenai teks laporan. 
  6. Membuat kalimat penutup, Kalimat penutup berupa kesimpulan yang diambil dari pengamatan. 

Dengan menulis atau menyajikan yang sesuai dengan teknik penulisan, maka dengan mudah dan benar saat membuat teks laporan pengamatan. 

Contoh Laporan Pengamatan

Laporan Pengamatan 
Ketertiban Siswa di Perpustakaan SMP 9

Latar Belakang: mengamati dan mengetahui ketertiban siswa di dalam ruang perpustaakn di SMP 9. 

Tujuan Pengamatan: Mengamati ketertiban siswa di dalam ruang perpustakaan dan menanggulanginya. 

Waktu dan Tempat Pengamatan : Rabu, 21 september 2016, ruang perpustakaan SMP 9.  

Hasil Pengamatan :

Pagi itu saya mengamati keadaan ruang perpustakaan di SMP 9, saat itu terdapat anak-anak yang sedang berkunjung ke perpustakaan untuk belajar bersama dengan guru bidang studinya. Keadaan yang di dapat saat mereka melepas sepatu dan lalu masuk ke ruang perpustakaan sangat gaduh sekali, guru bidang studinya lalu menyuruh diam dan mencari buku pelajaran yang ingin di pelajari. Setelah mereka menemukan bukunya mereka duduk dan membaca, keadaan saat itulah mereka saling mengobrol satu sama lain, dan saling bercanda ria tidak mengingat peraturan yang ada di ruang perpustakaan. Penjaga atau guru yang berada di perpustakaan lalu memberitahukan kepada mereka agar diam dan tidak mengobrol, beberapa saat kemudian mereka diam. Beberapa saat kemudian mereka kembali mengobrol dan akhirnya guru menjelaskan kembali tentan peraturan yang ada di perpustakaan bahwa di larang untuk ribut, dan di mohonkan ketenangan pada saat belajar.

Jadi dapat disimpulkan hasil pengamatan saya di perpustakaan SMP 9 menggambarkan bahwa suasana di perpustakaan sangat tidak terkondisikan meskipun guru sudah memberikan peraturan agar tidak gaduh di perpustakaan.

Demikian telah kita simak bersama-sama pembahasan tentang Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Laporan Hasil Pengamatan. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang sobat cari dan menambah wawasan sobat semua. Sampai jumpa dan semoga berhasil.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian, Ciri-ciri dan Contoh Laporan Hasil Pengamatan Terlengkap"

Posting Komentar