Pengertian Sintaksis, Klausa dan Frasa Terlengkap

Pengertian Sintaksis, Klausa dan Frasa Terlengkap - Dalam Bahasa Indonesia terdapat berbagai aturan misalnya saja aturan penulisan dan aturan penempatan SPOK serta perpaduannya. Pada artikel kali ini akan dibahas secara lengkap tentang pengertian sintaksis, klausa dan juga pengertian frasa. Oleh sebab itu untuk meningkatkan pengetahuan kita tentang Bahasa Indonesia mari kita simak ulasannya berikut ini.

Sintaksis 

Sintaksis merupakan tataran bahasa yang membahas hubungan antara kata dalam tuturan. Tata bahasa terdiri dari morfologi dan sintaksis. Sintaksis secara etimologis berarti menempatkan kata-kata menjadi kelompok kata atau kalimat. Sintaksis ini sama halnya dengan morfologi, tetapi morfologi menabahs struktur gramtikal di dalam kata. Unsur yang terdapat dalam sintaksis adalah frasa, kalausa, dan kalimat. 

Secara umum struktur sintaksis terdapat susunan Subjek (S), predikat (P), objek (O), dan keterangan.eksistensi struktur sintaksis terkecil terdapat urutan kata, bentuk kata, dan intonasi, dapat juga di tambah dengan konektor yang biasanya disebut konjungsi (kata hubung). Peran ketiga alat sintaksis ini tidak sama antara bahasa yang satu dengan yang lain. 

Frase

Frase merupakan bahasa kedua yang lebih beasar dari satuan kata. Frase bukan hanya terdiri dari dua buah kata, tetapi bisa tiga atau lebih. Frasa biasanya mudah diingat karena sebagai satuan gramatikal yang berupa gabungan kata yang bersifat nonpredikat.

Terdapat beberapa jenis jenis frasa antara lain
1. Frasa eksosentrik, 
2. Frasa endosentrik ( disebut juga frasa subordinatif atau frasa modifikatif), dan 
3. Frasa apositif. 

Berikut unsur subjek kalimat yang terdiri dari 2 kata lebih. 
1. Air pantai pandawa sangatlah jernih
2. Negara Kesatuan Republik Indonesia harus kita perjuangkan

Frasa dapat kita luaskan menggunakan konjungsi (kata penghubung) "yang" 
3. Gedung sekolah yang baru di bangun tahun 2012 sangat bagus 
4. Penjaga gedung sekolah itu yang baru bekerja dua tahun  sudah memiliki tabungan berupa tanah yang luas.

Frasa bisa diperluas dengan keterangan berbagai konjungsi . seacara teori membuat frase yang sangat lua dengan menggunakan tambahan konjungsi (kata hubung) memang di mungkinkan. Bnamu, harus diperhatikan kalimat- kalimat frase yang sangat luas, biasanya terjadi pembaca sulit untuk mehamahinya. Jadi, gunakan lah konjungsi yang sederhana dengan kalimat yang di susun. 

Klausa  

Dalam ilmu linguistik, klausa adalah kelompok kata, susunan kata atau konstruktif yang bersifat predikatif. Artinya di dalam susuan sebuah kata ada kata yang berfungsi sebagai predikat 

5. Rumahmu     besar sekali 
          S                P 

6. Gaji pejabat    dua ratus juta perbulan 
           S                     P

Dari contoh di atas akan timbul pertanyaan, apa bedanya klausa dengan kalimat karena dari contoh di atas dapat di katakan sebuah kalimat. Secara penglihatan atau secara fisik memang terlihat sama dengan kalimat, yang membedakannya secara lisan yang diakhiri intonai secara final, sedangkan secara tertulis sangat jelas perbedaannya, yaitu tidak terdapat tanda titik pada contoh di atas. Tidak ada tanda tanya (?), tidak ada tanda seru (!) . sedangkan klausa secara lisan tidak diakhari dengan intonasi final dan secara tertulis akan diberi tanda koma (,), atau tanda titik koma (;) di dalam sebuah kalimat luas. 

Klausa sangat berpotensi bisa menjadi sebuah kalimat tunggal kalau diberi tanda intonasi final dalam bahasa lisan, serta diberi tanda titik koma (;) di dalam kalimat luas. 

7. Saya tidak masuk sekolah karena ibu sakit, ayah sedang keluar kota, dan hujan lebat sekali
                    K1        K2           K3             K4  ( empat klausa).   
Perlu diingatkan lagi bahwa yang disebut kalimat majemuk, yang majemuk adalah klausanya, bukan kalimatnya. Yang dapat membedakan klausa, sebagai berikut. 

Demikianlah telah kita lihat dan simak penjelasan lengkap tentang Pengertian Sintaksis, Klausa dan Frasa Terlengkap. Pada dasarnya Bahasa Indonesia itu sangatlah luas oleh karena itu diperlukan keseriusan dalam mempelajarinya. Jika sobat berkenan sobat bisa share artikel ini ke sahabat-sahabat sobat yang lainnya. Terimakasih dan salam cerdas.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Sintaksis, Klausa dan Frasa Terlengkap"

Posting Komentar