Contoh dan Pengertian Kalimat Majemuk Campuran Terlengkap

Contoh dan Pengertian Kalimat Majemuk Campuran Terlengkap
Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk - Untuk kalimat majemuk setara dan bertingkat kita sudah membahasnya pada kesempatan sebelumnya. Sedagkan Kalimat majemuk campuran adalah kalimat majemuk yang terdiri dari tiga klausa atau lebih yang merupakan gabungan dari kalimat majemuk setara dan bertingkat. 

Ciri-ciri Kalimat Majemuk Campuran

Kalimat dapat dikatakan sebagai kalimat majemuk campuran apabila di dalamnya terdapat ciri-ciri berikut ini:

  1. Kalimat terdiri dari tiga klausa atau lebih.
  2. Terdiri dari induk kalimat dan anak kalimat di dalamnya.
  3. Terdapat dua buah konjungsi/kata penghubung di dalam kalimat.

Untuk memahaminya mari kita lihat contoh kalimat di bawah ini;

"Adik pergi bermain saat hujan datang dan Ibu memanggilnya untuk pulang."

Induk Kalimat: Adik pergi bermain
Induk Kalimat: Ibu memanggilnya untuk pulang 

Anak Kalimat: Hujan datang

Dapat dilihat pada contoh kalimat di atas bahwa terdapat 2 buah kalimat induk dan satu anak kalimat yang digabungkan dengan dua buah konjungsi "saat" dan "dan". Untuk kalimat majemuk campuran sendiri sebenarnya terdapat dua jenis kalimat antara lain:


1.   Kalimat majemuk campuran (1 induk kalimat dan 2 anak kalimat)

Kalimat majemuk jenis ini di dalamnya terdapat satu buah induk kalimat dan dua buah anak kalimat. Untuk memahaminya lihat contoh di bawah ini:

Contoh:

"Ibu memasak nasi di dapur ketika semua kelaparan setelah bangun tidur."

Induk Kalimat: Ibu memasak nasi di dapur.
Anak Kalimat: Semua kelaparan
Anak Kalimat: Bangun tidur.
Konjungsi : Ketika dan setelah


2.   Kalimat majemuk campuran (2 induk kalimat dan 1 anak kalimat)

Pada kalimat yang satu ini di dalamnya terdapat dua buah induk kalimat dan 1 buah anak kalimat. Mari lihat contoh di bawah ini untuk memahaminya.

Contoh:

"Ibu pergi ke pasar dan ayah pergi bekerja ketika semua tertidur."

Induk Kalimat: Ibu pergi ke pasar
Induk Kalimat: ayah pergi bekerja
Anak Kalimat: semua tertidur
Konjungsi : Dan dan ketika

Contoh di atas sudah mewakili bentuk-bentuk dari kalimat majemuk campuran pada umumnya. Untuk itu agar memperluas wawasan mari lihat contoh di bawah ini:

Contoh Kalimat Majemuk Campuran

  1. Aku akan pergi ke Jakarta nanti sore setelah ayah menyuruhku kesana sebab ada lowongan pekerjaan.
  2. Jawa adalah suku yang lemah lembut dan santun dan Betawi adalah suku yang keras dalam bertutur kata Oleh sebab itu keduanya memiliki karakter yang berlawanan.
  3. Dia adalah anak yang cerdas di kelasnya tetapi tidak disekolahnya karena Budi adalah anak tercerdas di sekolahnya.
  4. Kamu jangan makan coklat jika tidak ingin tubuhmu gemuk karena coklat dapat membuat tubuh cepat gemuk.
  5. Pak guru mengumumkan bahwa besok libur tetapi tugas harus tetap dikumpulkan agar nilai matematika bisa keluar.
  6. Ibu memberikanku hadiah ulang tahun ketika aku sedang tertidur dan aku benar-benar terkejut.
  7. Kekasihku sangatlah cantik sekali namun kelakuannya sangat kekanak-kanakan sehingga aku merasa malu.
  8. Belajarlah dengan sungguh-sungguh agar mendapat nilai yang bagus dan kamu bisa membahagiakan orang tuamu.
  9. Ayah bekerja setiap hari untuk keluarganya dan untuk masa depan yang lebih cerah.
  10. Jokowi adalah presiden ketujuh Indonesia yang berasal dari rakyat sipil dan pengusaha.
  11. Aku tertarik kepada gadis itu tetapi Andi juga menyukainya sehingga aku bingung.
  12. Perampok itu sudah tertangkap polisi ketika dia sedang ingin meninggalkan kota untuk melarikan diri.
  13. Adik menonton televisi ketika aku sedang belajar lalu aku memarahinya karena mengangguku.
  14. Indonesia adalah negara yang kaya dengan banyaknya sumber daya alam sehingga membuat iri negara lain.
  15. Pak polisi mengatur lalu lintas di persimpangan agar tak terjadi kecelakaan karena kemarin sore telah terjadi kecelakaan.
  16. Aku ingin meminjam buku di perpustakaan namun bukunya tidak ada karena Indah telam meminjamnya terlebih dulu.
  17. Kakek itu kesulitan menyeberang jalan sehingga aku membantunya karena tak ada orang yang memperdulikannya.
  18. Indonesia telah merdeka 70 tahun lamanya namun masih banyak yang belum merdeka karena rakyat miskin dan anak terlantar masih cukup banyak di negeri ini.
  19. Keluargaku akan liburan ke Inggris bulan depan ketika semua berlibur maka pamanku yang  menjaga rumahku.
  20. Adik hanya boleh bermain game setelah PR nya telah selesai dikerjakan karena dia jarang mengerjakan PR.
  21. Kakek mengajakku bermain sebelum aku pulang namun aku menolaknya karena sangat lelah.
  22. Aku bekerja dengan sungguh-sungguh namun gajiku tidak naik-naik tetapi aku tetap semangat.
  23. Dia terkenal sebagai anak nakal karena kenakalannya kepada teman-temannya sehingga dia terancam dikeluarkan dari sekolah.
  24. Aku sangat cemburu melihat kau bersamanya tetapi aku sadar bahwa aku bukan siapa-siapa.
  25. Hujan akan segera datang karena langit sudah sangat gelap oleh karena itu mari kita pulang lebih cepat.
  26. Budi menjuarai olimpiade biologi nasional sehingga membuat kami merasa bangga dan ingin memujinya.
  27. Lampung adalah propinsi dengan banyak objek wisata di dalamnya yang membuat banyak wisatawan asing datang kembali.
  28. Banjir di jakarta sudah seminggu terjadi namun belum ada bantuan logistik dari pemerintah sehingga banyak masyarakat yang jatuh sakit.
  29. Intan adalah gadis desa yang cantik sehingga tak heran banyak orang jatuh hati padanya karea kecantikan dan kesopanannya.
  30. Aku akan pergi ke dokter gigi untuk memeriksakan gigiku yang bolong setelah sampai disana ternyata dokternya libur.
  31. Laptop yang ku gunakan sedang rusak sehinggaa aku ingin meminjam laptop Adi agar bisa bekerja kembali.
  32. Ibu mengingatkan kepada adik supaya adik mau menabung dengan giat agar tak menyesal kelak.
Nah itulah sobat pengertian kalimat majemuk dan contohnya. semoga dapat membantu dan salam sukses. Sampai jumpa lagi!

Related Posts:

0 Response to "Contoh dan Pengertian Kalimat Majemuk Campuran Terlengkap"

Posting Komentar