Cara Penulisan Alamat Surat Dinas yang Benar

Cara Penulisan Alamat Surat Dinas yang Benar

Cara Penulisan Alamat Surat Dinas - Penulisan alamat surat merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah surat yang akan dikirim. Apabila penulisan tidak tepat maka akan berakibat surat tersebut tak sampai ketujuannya. Ada dua jenis alamat surat yaitu alamat yang berada di luar surat maupun yang di dalam surat itu sendiri. 

Alamat yang berada di luar surat biasanya dipergunakan untuk pihak pengirim surat untuk melacak tempat pengiriman surat yang akan dituju. Sedangkan untuk alamat yang berada di dalam surat berfungsi untuk memperjelas kepada pembaca surat/orang yang dituju bahwa surat tersebut ditujukan untuknya.

Di dalam surat, terdapat beberapa unsur yang berada di dalamnya seperti penyebutan kata "Kepada", "Yth", Jabatan, dan alamat. Maka dari itu mari kita bahas semuanya satu persatu dibawah ini.

1.   Kata "Kepada"

Kata ini merupakan penjelas surat tersebut akan dikirimkan kepada siapa. Namun dalam penulisannya sebetulnya kata ini tak wajib ditulis.

2.   Kata "Yth"

Yang Terhormat atau sering disingkat menjadi Yth. bertujuan untuk memberikan kesan positif pada surat yang disampaikan. Oleh karenanya kata ini wajib ditulis apabila surat tersebut akan dituju kepada seseorang. Jika surat tersebut dikirimkan pada perusahaan maka kata Yth tak perlu ditulis. Coba lihat contoh dibawah ini.

1.   Kepada Yth. 
      Bapak Zainal Malik, SH, M.M
2.   Kepada Yth.
      Ibu Dr. Indah Cantika Sari  

1.   Kepada Lembaga Bimbingan dan Pelatihan Mandala
2.   Kepada PT.Unilever tbk


3.   Gelar

Gelar merupakan hal yang penting dalam penulisan surat untuk orang yang dituju. Hal ini karena hal tersebut akan menunjukan sikap sopan dan hormat kepada orang yang dituju. Penulisan jabatan juga harus ditulis secara tepat baik itu gelar akademik maupun non akademik serta gelar keagamaan.

4.   Alamat

Alamat merupakan hal yang sangat penting dalam penulisan surat. Penulisan alamat harus jelas agar surat tersebut tak salah atau tersasar ke tempat yang bukan tempat tujuannya. Maka dari itu dalam penulisan alamat harus menyertakan alamat lengkap dari alamat yang dituju. Maka dari itu coba lihat contoh di bawah ini.

Kepada Yth. 
Bapak Zainal Malik, SH, M.M
Presiden Direktur PT. Unilever tbk
Jl. Merdeka 450 Tanggerang
Banten 393999

Kepada Yth.
Manager Personalia PT. Indonesia Raya
Jl. Kebayoran Lama 78 Jakarta Pusat
DKI Jakarta 112319


Nah itulah Cara Penulisan Alamat Surat Dinas yang Benar. Semoga artikel ini dapat membantu sobat yang sedang kesulitan dalam menulis nomor surat tersebut. Sampai jumpa dan semoga sukses.

Related Posts:

1 Response to "Cara Penulisan Alamat Surat Dinas yang Benar"