Macam-macam Contoh Pembukaan Pidato yang Berkesan

Macam-macam Contoh Pembukaan Pidato yang Berkesan

Contoh Pembukaan Pidato - Pidato pada dasarnya adalah sebuah orasi resmi yang diutarakan oleh seseorang di depan orang banyak bertujuan untuk memberikan informasi serta ajakan-ajakan kepada orang banyak tentang hal-hal yang penting dan layak dibicarakan. Pidato memang ada yang menggunakan teks namun ada pula orang-orang tertentu yang telah berpengalaman tanpa teks.

Banyak orang-orang yang sampai saat ini meskipun telah berpengalaman tetap mengalami ketidak percaya dirian ketika berpidato. Hal tersebut karena anggapan orang-orang yang menganggap pidato sangat erat kaitannya dengan keformalan. Maka dari itu pada perjumpaan kali ini  kita akan membahas tentang contoh pembukaan pidato yang menarik agar dapat mendapat respon yang baik dari para hadirin. Dengan pembukaan yang baik maka pembawa pidato akan merasa lebih rileks karena tanggapan dari hadirin yang sangat positif.

Pembukaan pidato sangat penting sekali kaitannya dengan keberlangsungan pidato tersebut apalagi jiga pidato tersebut adalah pidato yang bersifat dadakan dan tanpa persiapan sekalipun. Oleh karenanya penting bagi sobat untuk memahami cara membawakan pidato yang baik dan tepat. Maka dari itu mari kita lihat contoh pembukaan pidato dibawah ini.


1.   Pembukaan Pidato Bersyukur Kepada Tuhan

a.   Pertama-tama  mari kita panjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT yang mana telah melimpahkan nikmat dan karunianya kepada kita semua, terutama nikmat kesehatan sehingga kita diizinkan datang memenuhi undangan pada pagi hari ini. Selanjutnya solawat serta salam tak lupa kita sanjungakan ke hadapan nabi besar kita Muhammad SAW yang mana kita nanti-nantikan syafaatnya di yaumil akhir kelak. Allahhuma amiin....

Hadirin yang berbahagia,

Izinkanlah saya mewakili Bapak Presiden untuk menyampaikan tentang beberapa hal yang seharusnya beliau sampaikan, namun karena beliau sedang tidak berada ditempat dan ini adalah hal yang benar-benar penting maka dari itu sekali lagi mohon izinkan saya untuk menyampaikan beberapa hal yang sangat penting untuk diketahui semua rakyat Indonesia.

b.   Segala puji bagi Allah SWT tuhan semesta alam yang telah mengizinkan kita untuk hadir di tempat yang berbahagia ini tanpa kurang satu apapun. Oleh karena itu mari kita panjatkan rasa syukur yang setinggi-tingginya karena segala nikmat dan karunia yang telah diberikan Nya kepada kita hingga saat ini. Tak henti-hentinya mari kita sampaikan shalawat serta salam kejunjungan Nabi Muhammad SAW semoga kemuliaannya dapat selalu bersama kita hingga di hari yaumil akhir nanti.

Kepada yang terhormat Bapak/Ibu........
Yang terhormat Bapak/Ibu........
Yang terhormat Bapak/Ibu........
dan semua rekan, sahabat, saudara yang saya cintai.

Pada pagi hari ini izinkanlah saya menyampaikan pidato tentang ...................


2.  Pembukaan dengan Memperkenalkan Diri

Pada contoh pembukaan pidato yang ini pada dasarnya harus tetap menggunakan doa sama seperti pembukaan pada nomor satu. Untuk lebih jelasnya mari lihat contoh di bawah ini.

(Doa)

Hadirin yang berbahagia,

Pertama-tama izinkan saya memperkenalkan diri saya, karena sebagian besar pasti belum mengenal saya dan untuk efektifitas pidato saya agar lebih mudah diterima maka perkenanalan adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Nama saya adalah Asep Budiman, Saya saat ini menjabat sebagai Ketua KPK yang baru untuk masa jabatan 2020-2025. Pendidikan terakhir saya adalah S3 hukum internasional di University of Cambridge pada tahun 1999. Saya lahir di Jakarta 15 Mei 1956 dan saya merupakan anak dari seorang Tentara Nasional Indonesia.

Oleh karena itu untuk mempersingkat waktu, maka mohon izinkan saya untuk menyampaikan pidato singkat tentang kesadaran anti korupsi kepada adik-adik mahasiswa serta jajaran dosen yang hadir disini.


3.   Pembukaan dengan Memberikan Gambaran Pokok dari Isi Pidato


Pada contoh ini hal yang sangat ditekankan adalah melihat kondisi sekitar yang nantinya akan dijadikan pembuka dalam penyampaian pidato anda. Untuk lebih jelasnya mari lihat contoh dibawah ini.


(Doa)

Rekan-rekan Mahasiswa yang Saya Banggakan,

Apa kalian masih ingat kisruh di dalam gedung DPR RI tahun lalu? Itukah sosok wakil rakyat yang telah kita elu-elukan untuk mewakili perasaan seluruh rakyat Indonesia. Apa tak ada lagi manusia yang lebih baik dari mereka sehingga mereka terpilih? Apa tak ada lagi rakyat yang tak bisa dibeli dengan uang? Oleh karena itu mari kita tegaskan kepada diri kita agar pada pemilu tahun ini tak ada lagi manusia yang bisa dibeli dengan uang. Hancurkan Money Politic karena kita bukan bangsa jalang!!!

Catatan: Pembukaan pidato diatas lebih bersifat orasi untuk membangkitkan semangat para pendengar agar dapat lebih bergairah mendengarkan pidato yang akan disampaikan.


Nah itulah sobat contoh pembukaan pidato yang mungkin dapat membantu anda. Semoga dapat bermanfaat dan Semoga sukses!

Related Posts:

1 Response to "Macam-macam Contoh Pembukaan Pidato yang Berkesan"