Contoh Abstraksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Terbaru

Contoh Abstraksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Terbaru

Contoh Abstraksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Terbaru - Mungkin sobat masih banyak yang bingung dengan yang namanya abstraksi. Abstraksi biasanya terdapat pada awal pembukaan karya tulis ilmiah baik skripsi dan berbagai macam lainnya. 

Abstraksi merupakan gambaran dari suatu masalah pada tingkatan generalisasi tertentu yang bertujuan untuk membuat pembaca fokus pada kata kunci masalah tanpa harus memperhatikan secara rinci. Jika sobat belum terlalu memahami tentang pengertian, ciri-ciri dan tingkatan abstraksi maka bisa mengunjungi halaman pada arikel pengertian abstraksi dan  ciri-cirinya. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat contoh abstraksi karya tulis ilmiah dan skripsi di bawah ini.

Contoh Abstraksi 1



ABSTRAK


FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI KEDELAI PADA PROGRAM SWASEMBADA KEDELAI NASIONAL DI DESA ENDRA  KEC. RAMAN  
KABUPATEN LAMPUNG TIMUR

Oleh

ANDI ARIF R

Pemerintah menargetkan program swasembada kedelai tahun 2017 dapat terealisasi melalui perluasan areal tanam dan mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk merealisasikan program swasembada kedelai. Namun, upaya yang dilakukan masih terkendala berbagai hal di lapangan. Oleh karena itu sampai saat ini produksi kedelai masih terbilang sangat rendah bila melihat luasan lahan yang berpotensi untuk ditanami kedelai. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kedelai pada program swasembada kedelai nasional di Desa Raman Endra Kecamatan Raman Kabupaten Lampung Timur dan (2) Menganalisis pendapatan petani kedelai di Desa Raman Fajar Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur.

Penelitian ini dilakukan di Desa Raman Fajar Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur pada bulan November 2015. Alat analisis yang digunakan untuk tujuan pertama adalah analisis regresi linier berganda dan untuk analisis tujuan kedua menggunakan analisis pendapatan dengan uji hipotesis menggunakan analisis R/C. Responden pada penelitian ini sebanyak 53 orang.

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi kedelai di Desa Raman Fajar Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur yaitu: pendidikan, luas lahan dan bimbingan dan pelatihan (2) Pendapatan total petani kedelai di Desa Raman Fajar Kecamatan Raman Utara Kabupaten Lampung Timur sebesar Rp. 1.493.290,- per usahatani (0,43 ha) dengan analisis ratio sebesar Rp.1,45,- .


Kata Kunci: swasembada, produksi kedelai, analisis usaha tani



Contoh Abstraksi 2

STRATEGI PENGEMBANGAN KEDELAI PADA PEMBERDAYAAN EKONOMI RAKYAT DI DESA MARGODADI 

Desi Ratna Dewi

Fakultas Ekonomi
Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jakarta


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan kedelai di Desa Margodadi pada pemberdayaan ekonomi kerakyatan dengan menggunakan 5 pendekatan, yaitu: analisis permintaan dan penawaran, usaha tani, produktivitas, dan pemasaran, dalam melakukan analisis SWOT (Strenght, weakness, opportunity, threat). Selain menggunakan sampel 15 desa tertinggal dalam melakukan observasi kepada para petani dan stakeholders pertanian kedelai serta industri pengolahan yang ada, penelitian ini menggunakan data sekunder periode 1996-2009. Hasil pada penelitian ini menunjukkan usaha tani kedelai lokal layak untuk diusahakan. Produktivitas kedelai yang tinggi dan pendapatan petani yang cukup baik memungkinkan dikembangkannya strategi peningkatan produksi kedelai lokal dan pengembangan industri pengolahan berbasis kedelai lokal. Tata niaga tani yang cenderung merugikan petani kedelai lokal, mudahnya kedelai impor yang lebih murah masuk ke pasar-pasar di daerah dan harga pupuk yang fluktuatif dan cenderung naik adalah beberapa ancaman yang harus segera ditangani untuk menjamin terciptanya ketahanan pangan Indonesia melalui ketersediaan kedelai lokal yang cukup dan berkelanjutan.

Kata kunci: Strategi pengembangan kedelai, analisis SWOT, pemberdayaan ekonomi rakyat.


Nah baru saja kita simak tentang contoh abstraksi karya tulis ilmiah dan skripsi. Semoga artikel ini dapat membantu sobat yang sedang kesulitan. Sampai jumpa lagi dan semoga sukses.

Related Posts:

1 Response to "Contoh Abstraksi Karya Tulis Ilmiah dan Skripsi Terbaru"