Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terlengkap

Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terlengkap

Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terlengkap - Dalam Bahasa Indonesia terdapat banyak sekali jenis teks dan terkadang jenis-jenis tersebut menyesuaikan dengan kondisi dan peristiwa yang dialami seseorang pada saat tertentu. Teks negosiasi adalah salah satu jenis teks yang digunakan seseorang untuk melakukan tawar menawar tentang suatu peristiwa tertentu. Untuk itu mari kita lihat penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Teks Negosiasi

Teks negosiasi merupakan teks yang di dalamnya berisi interaksi antara seseorang dengan orang lain yang bertujuan untuk menentukan keputusan antara pihak-pihak yang memiliki kepentingan yang berbeda. Kedua belah pihak dalam negosiasi mempunyai hak atas hasil akhir yang dinyatakan . Hasil akhir dalam sebuah negosiasi ini membutuhkan persetujuan antar kedua belah pihak sehingga akan terjadi kesepakatan bersama tentang hal yang di setujui bersama.

Struktur Teks Negosiasi

Struktur adalah pembangun dari sebuah teks, tanpa adanya struktur yang baik dan sistematis maka teks akan sulit untuk dipahami dan tujuan dari dibuatnya teks tersebut tak akan tersampaikan dengan baik. Struktur teks negosiasi pada dasarnya sama halnya dengan jenis teks lainnya yang terdiri dari pembukaan, isi dan penutup. Mari kita bahas bersama-sama dibawah ini.

1.   Pembukaan
Pembukaan dalam teks negosiasi biasanya berupa salam dan juga perkenalan diri. ataupun juga kalimat pertanyaan akan suatu barang.

2.   Isi
Isi dalam teks negosiasi terbagi menjadi dua aspek yang pertama penyampaian materi, yang gunanya untuk menyampaikan pertanyaan dan penjelasan tentang suatu objek yang dimaksud. Dan yang kedua adalah tawar-menawar dan penyelesaian masalah yaitu bagian dimana antar kedua belah pihak aktif bernegosiasi sampai pada akhirnya mencapai kesepakatan.

3.   Penutup
Penutup dalam teks negosiasi berupa sapaan akhir biasanya berupa salam maupun ucapan terima kasih.

Apabila sebuah teks sudah memiliki ketiga struktur diatas maka teks tersebut sudah dapat dikatakan sebagai teks negosiasi. Untuk lebih jelasnya mari kita simak contoh teks negosiasi di bawah ini.

Contoh Teks Negosiasi

Contoh Teks Negosiasi peminjaman uang antara pengusaha dan pihak bank

Pihak Bank: "Selamat pagi Ibu, silahkan duduk, ada yang bisa saya bantu?"
Pengusaha: "Selamat pagi. terimakasih."
Nasabah: "Begini Pak, saya ingin meminjam uang di Bank ini untuk usaha saya."
Pihak Bank: "Maaf, Untuk usaha apa ya bu?"
Nasabah: "Untuk usaha rumah makan saya pak, rencananya saya mau membuka cabang baru di Bekasi ."
Pihak Bank: "Maaf bu, sebelumnya apakah ibu pernah meminjam di Bank kami? dan jaminan apa yang akan ibu ajukan?"
Nasabah: "Ya, sebelumnya saya sudah pernah meminjam di bank ini sebesar 1 M. Rencananya saya ingin mengajukan sertifikat tanah beserta bangunan yang saya perkirakan memiliki nilai 3 M pak"
Pihak Bank: "Jadi rencananya berapa besar pinjaman yang akan ibu ajukan?"
Nasabah: "2,5 Milyar pak."
Pihak Bank: "Ok, Sebentar buk, saya coba konfirmasi ke atasan saya dulu. Tapi sebelumnya boleh saya lihat sertifikat tanahnya bu?"
Pengusaha: "Iya pak, ini silahkan."
Pihak Bank: "Mohon maaf sebelumnya bu, setelah saya konfirmasi ke atasan saya, ternyata kami hanya menyanggupi pinjaman sebanyak 2 milyar bu".
Nasabah: "Apa benar-benar sudah tidak bisa di naikan lagi pak? karena tanah tersebut sudah lengkap dengan bangunan yang berdiri di atasnya."
Pihak Bank: "Menurut peraturan kami, yang dihitung hanya luas tanahnya saja bu, bangunannya tidak dihitung."
Nasabah: "Seandainya di tambah 25 juta lagi bagaimana pak?."
Pihak Bank: "Mohon maaf bu, hanya 2 milyar yang kami sanggupi."
Pengusaha: "Bagaimana ya? ya sudahlah saya terima 2 milyar. tapi mohon dihitung bunga dan lama cicilannya pak!".
Pihak Bank: "Sebentar Bu saya hitung dulu."
Pihak Bank: "Cicilan selama 2 tahun dengan bunga 5 % buk dengan cicilan sebesar Rp. 10.000.000 per bulannya bu.
Pengusaha: "Saya minta langsung di transfer ke rekening saya langsung ya."
Pihak Bank: "Baik bu, tetapi proses pencairan tidak bisa langsung saat ini dan paling lambat 5 hari kedepan."
Pihak Bank: "Kalau sudah waktu pencairan nanti kami menelpon ibu."
Pengusaha: "Oke pak, terimakasih atas bantuannya."
Pihak Bank: "Sama-sama bu, senang bisa membantu anda."


Nah itulah sobat artikel tentang Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terlengkap yang telah kita bahas bersama-sama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk sobat semua dan semoga sukses!

Related Posts:

1 Response to "Pengertian, Struktur dan Contoh Teks Negosiasi Terlengkap"