Pengertian Resensi, Manfaat Resensi dan Penjelasannya Terlengkap

Pengertian Resensi, Manfaat Resensi dan Penjelasannya Terlengkap

Pengertian Resensi, Manfaat Resensi dan Penjelasannya Terlengkap - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Resensi adalah mempertimbangkan, mengulas dan menilai sebuah buku. Dengan kata lain resensi merupakan ulasan dari sebuah karya baik itu buku  pengetahuan, nove, cerpen dan sebagainya untuk memberikan penilaian yang berguna untuk memberikan pertimbangkan bahwa sebuah buku tersebut baik atau kurang baik yang ditinjau dari isinya.

Resensi mengulas buku fiksi maupun non fiksi yang dilihat dari berbagai aspek seperti norma-norma, dan disimpulkan kelemahan dan kelebihan dari buku tersebut. Dengan membaca resensi maka pembaca dapat mengetahui tentang ulasan singkat tentang sebuah buku secara garis besar sehingga pembaca  dapat mempertimbangkan dan lalu menyimpulkan bahwa buku tersebut layak atau tidak untuk dibaca. Menulis resensi pada dasarnya sama dengan menulis karya tulis yang di dalamnya terdapat tujuan, manfaat dan berbagai aturan lainnya. Maka dari itu selengkapnya mari kita bahas bersama-sama dibawah ini.

1.   Tujuan Menulis Resensi

Menurut G Keraf, penulisan resensi bertujuan untuk memberikan informasi kepada orang banyak pada suatu karya tulis tentang kelebihan dan kekurangannya. Sedangkan menurut D. Samad, menulis resensi bertujuan sebagai berikut.

  • Mengungkapkan informasi mengenai isi buku
  • Mengajak masyarakat untuk menilai dan memikirkan masalah yang ada di dalam suatu buku yang dibahas.
  • Memberikan informasi kepada masyarakat tentang isi buku agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan bisa memberikan jawaban dari pertanyaan – pertanyaan yang muncul tentang sebuah buku.

2.   Manfaat Menulis Resensi

Resensi memiliki manfaat yang banyak bagi masyarakat untuk meninjau suatu buku yang akan dibaca. Adapun manfaat resensi adalah sebagai berikut.
  • Resensi memberikan gambaran tentang isi buku kepada pembaca agar pembaca dapat mempertimbangan buku yang akan dibacanya.
  • Untuk penulis, menulis resensi dapat menjadi sumber tambahan ekonomi karena dalam membuat resensi buku bukan dipilih dari orang sembarangan melainkan langsung dari orang yang paham dan mengerti tentang resensi.
  • Bagi penulis buku, resensi dapat menjadi sarana promosi darai buku yang dijualnya karena di dalam resensi terdapat kelebihan dan kekurangan yang tentunya menarik minat pembaca untuk mengetahui terlebih dahulu buku tersebut dari segi kekurangan dan kelebihan.

Aturan Penulisan Resensi

Menulis resensi sama halnya dengan menuli karya tulis pada umumnya yang memiliki aturan yang sistematis. oleh karena itu dalam menulis resensi dibutuhkan keahlian khusus dari penulisnya. Adapun aturan dalam menulis resensi adalah sebagai berikut.

1.   Judul Resensi
Judul resensi merupakan hal wajib dari sebuah resensi judul merupakan identitas dari sebuah resensi buku tersebut. 

2.   Identitas Buku
Identitas buku adalah data-data yang menggambarkan buku yang dijadikan resensi. Data-data tersebut berupa judul, penulis, penerbit, tahun terbit, kota penerbit, ketebalan dan sebagainya.

3.   Ikhtisar Buku
Menggambarkan tentang isi buku secara ringkas dalam bentuk garis besar. Dengan kata lain ikhtisar buku adalah ringkasan dari isi buku tersebut.

4.   Kepengarangan
Kepengarangan berisi tentang data  pengarang seperti latar belakang, pengalaman menulis, hasil karya tulis, prestasi dan sebagainya.

5.   Kelebihan dan Kelemahan
Di bagian akhir resensi penulis diwajibkan untuk menyimpulkan dari isi buku tersebut untuk disimpulkan di dalam kelebihan dan kekurangan menurut sudut pandang penulis yang tentunya penulis berpengalaman dalam menentukan kelemahan dan kekurangan. Aspek-aspek yang ditinjau antara lain konten, tokoh, unsur intrinsik dan unsur ekstrinsiknya.

Pengertian Resensi, Manfaat Resensi dan Penjelasannya telah dibahas secara jelas pada uraian diatas. Semoga artikel ini dapat membantu dan selamat mencoba membuat resensi dan semoga sukses.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Resensi, Manfaat Resensi dan Penjelasannya Terlengkap"

Posting Komentar