Struktur Teks Anekdot dan Contohnya tentang Pendidikan

Struktur Teks Anekdot dan Contohnya tentang PendidikanStruktur Teks Anekdot dan Contohnya tentang Pendidikan - Hai sobat berjumpa lagi dengan admin yang baik hati ini. Semoga sobat sehat semua yaaa. Pada pertemuan kali ini admin kembali dengan artikel yang tak kalah menariknya dari pertemuan sebelumnya. Pada pertemuan kali ini admin akan menjelaskan tentang struktur teks anekdot yang pastinya dapat menjadi wawasan baru untuk sobat semua. Maka dari itu mari lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Anekdot merupakan cerita pendek yang lucu dan menarik dapat berupa cerita fakta maupun fiksi. Teks anekdot juga banyak diambil dari kisah nyata sang penulis yang di sebar luaskan untuk memberikan hiburan yang menarik kepada pembaca akan kisanya tersebut. Anekdot pada dasarnya dibuat sebagai bacaan hiburan yang didalamnya terdapat teks yang lucu namun selain itu anekdot juga berusaha untuk mengungkapkan kenyataan dan kebenaran yang lebih umum dari kisah yang diceritakan.

Untuk mengenal anekdot lebih jauh lagi mari kita pelajari tentang struktur anekdot di bawah ini.

Struktur Anekdot

Anekdot terdiri dari beberapa bagian yang dipisahkan berdasarkan fungsi dasar pada teks tersebut. Bagian-bagian tersebut antara lain:

1.   Abstraksi
Abstraksi adalah kalimat yang merupakan gambaran umum dari cerita yang ingin di ceritakan. Abstraksi terletak pada awal pembukaan paragraf. Penggunaan abstraksi bertujuan untuk mengantarkan pembaca masuk kedalam kisah tersebut.

2.   Orientasi
Orientasi adalah bagian awal kejadian atau peristiwa dari kisah tersebut ataupun juga latar belakang yang ada dibalik kisah tersebut.

3.   Krisis
Krisis adalah bagian dalam teks anekdot yang menceritakan kejadian dari peristiwa yang menarik ataupun yang dialami oleh penulis. Pada bagian ini merupakan bagian awal yang lucu dalam kisah tersebut.

4.   Reaksi
Reaksi bercerita tentang bagaimana tokoh yang terlibat konflik di dalam cerita menanggapi kejadian tersebut dan mencari jalan keluarnya.

5.   Koda
Koda merupakan bagian akhir dari teks anekdot yang di dalamnya terdapat kesimpulan dari kisah unik tersebut.

Ciri-Ciri Anekdot

Sebuah teks dapat dikatakan sebagai teks anekdot apabila di dalamnya terdapat ciri-ciri dibawah ini.
  1. Teks anekdot menceritakan benda secara umum dan realistis.
  2. Teks anekdot bertujuan untuk memberikan hiburan yang menarik kepada pembaca.
  3. Anekdot dibuat serta mengajak pembaca agar meyakini hal tersebut adalah kisah nyata.
  4. Anekdot nyaris menyerupai dongeng.

Kaidah Anekdot

Anekdot juga memiliki kaidah-kaidah yang harus diikuti agar teks anekdot tersebut menjadi lebih menarik. Adapun kaidah-kaidah tersebut antara lain.
  1. Menggunakan pertanyaan retorik.
  2. Menggunakan kata keterangan waktu lampau.
  3. Menggunakan kalimat perintah.
  4. Urut berdasarkan kejadian waktu.
  5. Menggunakan penghubung.
  6. Menggunakan kata kerja.

Contoh Teks Anekdot tentang Pendidikan

Adi dan Dewi adalah pasangan suami istri yang telah menikah selama 7 tahun namun belum juga di berikan keturunan. Namun mereka tetap sabar dan berdoa pada tuhan setiap hari dan setiap waktu. Setelah umur pernikahan mereka berjalan 8 tahun, Budi pun menanyakan kepada Dewi, "Dek Bagaimana jika kita periksa ke dokter saja siapa tahu kita bisa diberi momongan?" tannya Adi. Dewi pun menjawab, "Tak usah mas kita cukup pergi ke mbok sarni minta diurut perutku siapa tahu cepat ngisi". Adi merasa kesal karena mereka sudah pijat ke mbok sarni puluhan kali tetapi tidak ada hasil. Adi pun malas bertengkar lalu ia kembali pergi keladang untuk mencar rumput pakan kambingnya. Malam harinya setelah Dewi tertidur, Adi membuka facebooknya yang tlah lama tak dibukanya. Pada awalnya biasa saja ia membuka foto-foto kenangannya bersama teman-temannya dahulu. Namun ia mendapatkan keganjilan ketika membuka fotonya dengan teman-temannya dahulu di kampung. Dari kelima teman yang berdiri dengannya pada foto tersebut ada satu teman yang tak ada kabar selama lebih dari 10 tahun namanya Andri yang merupakan teman yang sangat akrab Adi ketika masih kecil. Adi pun penasaran nah kebetulan ada yang menuliskan nomor hp Andri di kolom komentar, ia pun lekas mengirim sms ke Andri dan menanyakan kabarnya. Namun apa dikata smsnya tak dibalas dan ketika ditelepon nomornya ternyata sudah tak aktif. Akhirnya budi pun menanyakan kepada Rizky salah satu teman akrabnya dulu tentang bagaimana kabar Andri, Rizky pun lewat telepon menjelaskan bahwa andri tlah menghilang selama lebih dari 9 tahun dan tak ada kabar diperkirakan andri telah meninggal. Adi pun sangat kecewa dan merasa sedih atas kabar tersebut. Namun setelah beberapa saat, Budi mencari berkas sekolahnya untuk melamar pekerjaan di lemari kamarnya dan ia pun menemukan dompet yang berisi fotonya dan Andri. Tetapi siapa sangka itu adalah dompet istrinya Dewi. Lantas karena Adi penasaran ia pun menanyakan hal itu kepada Dewi. "Dek kamu dapat foto ini dari mana?" tanya Adi. Dewi pun tak menjawabnya dan hanya diam saja. Adi tambah penasaran dan ia kembali bertanya "Dek, kamu dapat foto ini dari mana?" dengan nada sedikit tinggi. Karena Dewi ketakutan dan ia pun akhirnya menjawab. "Itu adalah fotoku denganmu mas yang aku simpan sebagai kenangan". Adi kebingungan, "Apa maksudmu?" tanya Adi. "iya itu sebenarnya emmmm aku emmhhh aku....... Aku adalah andri mas, aku sudah mencintaimu ketika aku masih jadi laki-laki sejak kecil dulu pun aku sudah sangat menyayangimu" Jawab Dewi. "Jadi kamu Andri", tanya Adi dengan bentakan. Dewi menjawab, "Iya saya Andri, saya operasi kelamin demi menjadi kekasihmu mas dan menikah denganmu". Adi pun merasa marah, geram dan lalu ia pergi meninggalkan rumah itu dan tak pernah kembali lagi.



Nah itulah sobat artikel tentang Struktur Teks Anekdot dan Contohnya tentang Pendidikan semoga dapat menjadi tambahan wawasan untuk sobat semua. Sampai jumpa dan semoga sukses.

Related Posts:

0 Response to "Struktur Teks Anekdot dan Contohnya tentang Pendidikan"

Posting Komentar