Contoh Teks Biografi Ir. Soekarno dan Profil Terlengkap


Contoh Teks Biografi Ir. Soekarno dan Profil - Teks biografi merupakan teks yang berisi perjalanan hidup seseorang yang di laluinya sejak lahir hingga sekarang. Pada pertemuan kali ini kita akan mengupas tuntas tentang profil dan biografi Ir. Soekarno. Maka dari itu mari kita bahas secara lengkap dan jelas di bawah ini.

Biografi Ir. Soekarno

  • Tempat dan Tanggal Lahir: Surabaya, 6 Juni 1901
  • Tempat dan Tanggal Meninggal: Jakarta, 21 Juni 1970
  • Tempat Dimakamkan: Kota Blitar, Jawa Timur 
  • Kebangsaan: Indonesia
  • Anak-anak: Putra: Guntur Soekarnoputra, Totok Suryawan, Taufan Soekarnoputra, Bayu Soekarnoputra. 
  • Putri: Megawati Soekarnoputri,  Rachmawati Soekarnoputri, Kartika Sari Dewi Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri, Ayu Gembirowati, Rukmini Soekarno,
  • Pasangan/Istri: Inggit Garnasih, Fatmawati, Siti Oetari, Kartini Manoppo, Hartini, Haryati, Yurike Sanger, Heldy Djafar, Ratna Sari Dewi Soekarno.
  • Pendidikan: Sekolah Dasar (SD) Bumi Putera, Hoogere Burger School, ITB dahulu bernama Technische Hoogeschool.
  • Penghargaan: Penghargaan Perdamaian Lenin Tahun 1960,  Bintang Kehormatan Filipina Tahun 1965, Doktor Honoris Causa dari 26 Universitas, The Order Of The Supreme Companions of OR Tambo (Presiden Afsel - 2005)
  • Orangtua: Soekemi Sosrodihardjo (Ayah), Ida Ayu Nyoman Rai (Ibu)
  • Gelar Pahlawan: Pahlawan Nasional

Teks Biografi Presiden Soekarno

Presiden Soekarno memiliki Ayah yang bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibundanya bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Dahulu, Soekarno diketahui mempunyai tiga orang istri dimana yang semua istrinya memberikannya keturunan. Istrinya Soekarno pertama, fatmawati memberinya lima orang anak yakni Megawati, Sukmawati, Rachmawati, Guntur dan Guruh, kemudian bersama istri yang lain yang bernama Hartini memberinya dua orang anak laki-laki yang diberi nama Taufan dan Bayu.


Kehidupan Presiden Soekarno
Presiden Soekarno, sejak kecil ia tidak tinggal bersama kedua orang tuanya yang berada di Blitar. Sejak SD sampai ia lulus sekolah ia tinggal dan kos di rumah H. Oemar Said Tjokroaminoto di Kota Surabaya, sedangkan H. Oemar Said Tokroaminoto adalah pendiri dari Serikat Islam (SI). Setelah lulus, Soekarno kemudian melanjutkan pendidikan di Hoogere Burger School. Di sekolah itu Soekarno memperoleh banyak ilmu pengetahuan dan jiwa pejuang nasionalismenya sebagai bangsa Indonesia menjadi sangat besar. Pada tahun 1920 ia lulus dari Hoogere Burger School, Soekarno muda kemudian melanjutkan pendidikan di Technische Hoogeschool yang sekarang bernama ITB.
Soekarno menempuh pendidikannya selama enam tahun kemudian ia mendapatkan gelar Insinyur (Ir) pada tanggal 25 Mei. Setelah menyelesaikan pendidikannya, Soekarno kemudian mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI Marhaenisme) pada tanggal 4 Juli 1927 ia kemudian mulai mengamalkan ajaran Marhaenisme pada anggota partainya itu.  Partai Nasional Indonesia yang dibentuknya itu bertujuan agar suatu saat bangsa Indonesia bisa merdeka dan terlepas dari Jajahan Belanda. 

Soekarno Dipenjara Oleh Pemerintah Kolonial Belanda
Keberaniannya membentuk Partai Nasional Indonesia itu membuat ia tertangkap dan dipenjara oleh pemerintah kolonial Belanda di penjara Suka Miskin. Kehidupan ketika ia dipenjara sangat memprihatinkan, namun kebutuhan hidupnya di atasi oleh Inggit istrinya. Inggit dengan dibantu kakak iparnya yang bernama Sukarmini sering kali membawakan Soekarno makanan ke penjara Suka Miskin dan sejak saat itu pengawasan penjara diperketat oleh  pemerintah kolonial.

Di dalam penjara Ir Soekarno dianggap oleh pemerintah kolonial memiliki kemampuan menghasut tahanan lain agar berpikir untuk merdeka. Maka dari itu pemerintah kolonial menganggapnya sebagai tahanan yang berbahaya. Akibat peristiwa itu, Soekarno lalu di isolasi dengan tahanan elit tujuannya agar ia tidak bisa mendapatkan informasi dari luar penjara. Tahanan elit sebagian besar merupakan Warga Negara Belanda yang memiliki kasus internal dengan pemerintahan kolonial seperti penggelapan, korupsi dan juga penyelewengan. Hal inilah yang menjadi tujuan Belanda agar topik pembicaraan antar tahanan untuk memerdekakan Indonesia tidak sesuai karena sebagian besar tahanan elit yang bersama Soekarno adalah warga negara belanda.

Setiap harinya ia hanya mendengar topik pembicaraan yang tak bermutu seperti halnya soal makanan, cuaca dan sebagainya. Setelah berbulan-bulan di penjara Soekarno pun putus komunikasi dengan kerabat dan  teman seperjuangannya yang berada di luar penjara. Namun hal itu tak menyurutkan niatnya, akhirnya ia menemukan ide baru, dimana ia menggunakan telur sebagai alat komunikasi dengan istrinya. Inggit sering mengirimkan makanan kepada Soekarno nah lewat makanan yang dibawakannya itu Inggit menggunakan telur asin sebagai alat komunikasinya. Jika teman Soekarno mengalami musibah baik itu tertangkap belanda atau terbunuh maka telur yang akan dibawakan istrinya adalah telur asin, Hanya saja Soekarno cuma bisa menduga kabar buruk apa yang sebenarnya terjadi.

Untuk berbicara dengan istrinya Inggit ketika ia menjenguk Soekarno petugas keamanan selalu mengawasi dengan ketat bahkan dilakukan penggeledahan barang bawaan Inggit di luar penjara agar tak memungkinkan untuk Inggit menyelundupkan barang yang dianggap membahayakan Pemerintahan kolonial. Akhirnya Soekarno dan inggit menemukan cara yang paling mudah untuk melakukan komunikasi agar tidak diketahui oleh penjaga penjara yaitu dengan menggunakan telur juga namun caranya sedikit berbeda yaitu dengan menusukan jarum ke telur. Jika terdapat satu tusukan jarum pada telur berarti kabar baik yang di dapat, jika tusukan ada dua pada telur artinya seorang teman Soekarno tertangkap namun jika terdapat tiga tusukan berarti aktivis kemerdekaan yang ditangkap jumlahnya cukup banyak.

Soekarno akhirnya dibebaskan dari penjara Suka Miskin pada bulan desember tahun 1931 kurang lebih ia menjalani masa tahanan 2 tahun dari tahun 1929. Selama Soekarno berada dipenjara, orang tua Soekarno tak pernah sekalipun menjenguknya dengan alasan orang tuanya tidak sanggup melihat anaknya dipenjara, Ia kurus dan hitam selama berada di penjara karena itulah yang menurut ibu Wardoyo sehingga orang tua soekarno tidak mau menjenguk Soekarno. Usaha Soekarno agar orang tuanya tidak khawatir adalah dengan beralasan bahwa ia sering bekerja dibawah sinar matahari hingga kulitnya menjadi hitam selain itu dalam penjara ia ingin memanaskan tulang-tulangnya karena di dalam penjara ruangannya amat gelap, lembab dan sangat dingin karena sinar matahari tidak ada.

Soekarno dan Pembelaan "Indonesia Menggugat"
Kasus Soekarno terkait pemberontakan dengan membentuk Partai Nasional Indonesia itu disidangkan oleh Belanda ketika sudah delapan bulan. Dalam pembelaanya ia memberi judul "Indonesia Menggugat" ia juga mengungkapkan kepada bangsa Belanda bahwa bangsa Belanda adalah bangsa yang serakah karena telah menindas dan merampas kemerdekaan Bangsa Indonesia. Bentuk dari pembelaannya itulah yang membuat Belanda semakin murka dengannya sehingga Partai Nasionalisme Indonesia yang dibentuk Soekarno akhirnya dibubarkan pada bulan Juli 1930. Setelah ia keluar dari penjara, Karena ia sudah tidak mempunyai partai lagi maka ia kemudian bergabung dengan Partindo. Kemudian Soekarno didaulat sebagai pemimpin Partindo namun lagi-lagi Soekarno kembali ditangkap oleh Belanda dan kemudian diasingkan ke Flores. Empat tahun setelah tertangkap kemudian Soekarno dibuang ke Bengkulu, setelah itu ia bertemu dengan Mohammad Hatta yang menjadi teman seperjuangannya yang keduanya akan memproklamasikan Kemerdekaan bangsa Indonesia.

Akhirnya Soekarno dan Moh. Hatta Memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia dan Menjadi Presiden Pertama dan Wakil Presiden pertama bangsa Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, hari itulah merupakan akhir dari penjajahan Jepang dan hingga kini juga diperingati sebagai Hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Selanjutnya ia membuat Pancasila yang dijadikan sebagai dasar dari negara Indonesia. 

Diluar sosonya sebagai pejuang bangsa Indonesia dalam meraih kemerdekaan, tak banyak orang tahu bahwa Soekarno sudah pernah menikah sebanyak 9 kali, kharisma yang dimilinya melalui ucapannya kepada orang-orang yang dekat dengannya sungguh luar biasa dan sangat jarang orang mememilikinya. Hal itulah yang membuat wanita-wanita cantik bisa dengan mudah jatuh hati padanya dan mau dijadikan istrinya. Beliau adalah sosok pria yang hanya akan tertarik pada wanita yang sederhana dan berpakaian sopan. Soekarno sangat tak menyukai wanita yang berpenampilan seksi yang kurang sopan dipandang dan memakai lipstik layaknya wanita modern pada umumnya. Oleh karena itu, percaya atau tidak percaya artis dunia asal Amerika Marylin Monroe sangat menyukai kharisma dari seorang Presiden Soekarno.

Pada tahun 1960an terjadi pergulatan politik di Indonesia yang menyebabkan kekacauan dimana-mana, penyebab utamanya adalah pemberontakan yang dilakukan oleh PKI (Partai Komunis Indonesia) dan puncaknya dikenal dengan sebutan G30-S/PKI. Peristiwa itu kemudian membuat pemerintahan Presiden Soekarno dan juga orde lama berakhir ditandai dengan adanya "Supersemar" atau Surat Perintah Sebelas Maret ditahun 1966. Supersemar merupakan himbauan dari Soekarno ke Soeharto untuk dapat mengendalikan Keamanan dan juga ketertiban negara yang ketika itu sedang kacau dan menjadikan Soeharto sebagai Presiden yang baru bagi bangsa Indonesia.

Akhir Jabatan Sebagai Presiden
Setelah Soekarno mengakhiri jabatannya sebagai Presiden Indonesia, kemudian ia banyak menghabiskan hari-harinya di istana Bogor. Sampai lama-kelamaan kesehatan Soekarno menurun sehingga ia mendapat perawatan dari tim dokter kepresidenan. Pada akhirnya tepatnya pada tanggal 21 Juni 1970 Presiden Soekarno atau Bung Karno menghembuskan nafas terakhirnya di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Kepergian sang Proklamator sekaligus Bapak Bangsa Indonesia itu membuat banyak pihak merasa terpukul terutama rakyat Indonesia karena jasanya yang sangat besar. Jenazah Bung Karno dibawa di Wisma Yaso, Jakarta selanjutnya jenazahnya dibawa ke Blitar, Jawa Timur untuk dimakamkan dekat dengan makam ibundanya.

Baru kita simak sobat tentang contoh teks biografi Ir. Soekarno yang sangat mengagumkan untuk diteladani karena semangat juangnya yang tinggi untuk memerdekakan bangsa Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel lainnya yang lebih menarik lagi. 

Related Posts:

0 Response to "Contoh Teks Biografi Ir. Soekarno dan Profil Terlengkap"

Posting Komentar