Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Pada Remaja Terbaru

Contoh Teks Pidato Singkat Terbaik - Hai sobat, Pada perjumpaan kali ini admin akan memberikan informasi tentang teks pidato yang mungkin bisa bermanfaat untuk sobat semua. Teks Pidato yang akan admin bahas bertema "Bahaya Narkoba Pada Remaja". Telah kita ketahui bahwa Narkoba memang mengancam gengerasi bangsa kita maka dari itu banyak sosialisasi yang diberikan oleh pemerintah terkait masalah ini baik itu berupa penyuluhan, pidato, atau sebagainya. Maka dari itu mari kita lihat contoh di bawah ini.

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Pada Remaja Terbaru

Contoh Teks Pidato

Assalamualaikum wr.wb

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi kita semua

Kepada yang terhormat Bapak Ridho Ficardo selaku Gubernur Lampung
Yang terhormat Ibu Dr. Sukma Hidayati selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung
Yang terhormat Bapak Zaenal Mustakim, M.M selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandar Lampung
Serta Semua hadirin dan hadirat yang kami muliakan

Pertama-tama mari kita bersyukur kepada Allah SWT yang tidak henti-hentinya selalau memberikan hidayah dan nikmat kesehatan kepada kita, sehingga kita dapat mengadiri undangan pada acara ini dengan keadaan sehat dan tanpa kurang satu apapun. 

Tidak lupa pula mari kita bershalawat kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW beserta sahabatnya, semoga kita semua akan mendapat syafaatnya di Yaumil Akhir kelak. amiiiin.

Pada siang hari ini berilah saya kesempatan untuk menyampaikan sebuah pidato tentang Bahaya Narkoba Pada Remaja. Mengingat bahwa saat ini narkoba telah mengancam semua kalangan khususnya remaja yang kita ketahui sudah menelan banyak korban jiwa di Negeri kita tercinta Indonesia.

Hadirin yang berbahagia,

Generasi muda bangsa Indonesia saat ini sedang terancam sebuah bahaya besar yang jika kita abaikan akan menghancurkan bangsa kita ini. Dewasa ini penyalah gunaan narkoba pada kalangan remaja meningkat tajam karena akibat dari penyimpangan prilaku anak muda zaman sekarang. Lingkungan, teman-teman, keluarga merupakan faktor penting dalam penyalah gunaan narkoba tersebut. Oleh karenanya mari kita bersama-sama mengawaasi lingkungan kita, anak-anak kita, kerabat kita dari barang jahat ini.

Telah kita ketahui bahwa setiap negara sangat bergantung pada generasi muda namun saat ini keberlangsungan generasi muda dikemudian hari sangat terancam. Penerus bangsa yang kita harapkan untuk membawa Indonesia kedalam kejayaan dan kesejahteraan sudah dihancurkan oleh orang-orang jahat yang bersenjatakan narkoba. Hal ini mengindikasikan bahwa kita sebagai orang tua, teman, sahabat telah gagal mengawasi bahaya narkoba. Oleh sebab itu mari kita bertekad untuk mengawasi lingkungan serta keluarga untuk terhindar dari bahaya narkoba.

Hadirin yang berbahagia,

Saat ini di Indonesia, Perkembangan pecandu dari tahun ke tahunnya semakin meningkat dan pada umumnya adalah remaja yang berumur 11-25 tahun. Dengan kata lain, usia tersebut adalah usia pelajar. Umumnya remaja sebelum memulai pergaulan tersebut mereka mengenal rokok terlebih dahulu lalu lambat laun seiring pergaulan meningkat maka akan sangat mudah mengenal yang namanya narkoba. Pengguna narkoba itu awalnya mencoba namun berakhir dengan ketergantungan dan akhirnya mati. 

Namun remaja yang sudah mulai narkoba atau yang sudah ketergantungan akan memperlihatkan tanda-tanda yang berbeda dengan kesehariannya. Tanda-tandanya antara lain perubahan sikap, misal yang tadinya pendiam tiba-tiba menjadi pemarah lalu sering membolos, pelajar akan jarang masuk sekolah karena lebih memilih untuk mengkonsumsi barang haram bersama teman-temannya. Selanjutnya cepat mengantuk, zat adiktif tersebut mengandung zat yang berbahaya yang dapat mempengaruhi fungsi otak sehingga orang yang mengkonsumsinya jadi sulit berkonsentrasi dan mudah mengantuk. Selanjutnya adalah pecandu narkoba tidak memperdulikan kesehatannya, terlihat dari penampilan yang berbeda, sedikit kusam, pucat, lemas dan lain sebagainya. Lalu yang terakhir adalah suka mencuri, orang yang sudah ketergantungan dengan narkoba apalagi berasal dari keluarga yang kurang mampu maka akan mengandalkan segala cara untuk mendapatkan barang haram tersebut. Maka dari itu kita sebagai orang tua, saudara, sahabat sebaiknya mengetahui tanda-tanda ini agar jika ada orang terdekat kita yang memperlihatkan tanda-tanda seperti ini maka kita dapat mencurigakannya.

Hadirin yang berbahagia,

Untuk upaya pencegahannya sendiri sebenarnya tak sulit hanya saja membutuhkan kerjasama dari berbagai pihak seperti keluarga dan sekolah. Orang tua harus memberikan pemahaman dalam bentuk pengajaran agama atau yang lainnya. Selain itu orang tua juga harus memberikan waktu luang kepada anak-anaknya baik itu untuk bermain, berlibur atau kegiatan lainnya yang terpenting anda sebagai orang tua seperti memperlihatkan kasih sayangnya kepada anak. 

Jika untuk pihak sekolah upaya pencegahannya dirasa sudah paham namun hingga saat ini yang paling efektif adalah razia mendadak kesemua siswa. Selain itu penyuluhan yang dilakukan oleh sekolah maupun bekerjasama dengan pihak luar sekolah yang menangani kasus narkoba. Intinya pihak sekolah wajib memberikan pengawasan lebih agar siswanya tidak msuk kedalam pergaulan narkoba. 

Hadirin yang berbahagia,

Telah sampailah kita pada akhir pidato yang singkat ini. Saya kembali menekankan agar kita semua saling bekerjasama untuk melawan kejahatan dalam bentuk apapun yang mengincar generasi muda Indonesia baik itu anak, saudara, siswa, siapapun harus menerima pengawasan agar mereka tak terjerumus kedalam lubang setan. Semoga pidato ini dapat memberikan kesadaran, tambahan wawasan serta motivasi untuk kita semua agar generasi muda kita akan bisa membawa kesejahteraan pada semua rakyat Indonesia kelak.

Saya juga mohon maaf apabila dalam penyampaian dalam pidato saya ini ada tutur kata yang menyinggung atau kurang berkenan di hati hadirin semua. 

Saya akhiri pidato singkat ini.

Wabilahitaufik walhidayah, Wassalamualaiakum wr. wb


Nah itulah sobat contoh pidato singkat tentang bahaya narkoba pada remaja yang semoga dapat bermanfaat dan dapat memberikan wawasan serta pemahaman kepada sobat semua. Semoga sukses dan sampai jumpa lagi!

Related Posts:

0 Response to "Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Bahaya Narkoba Pada Remaja Terbaru"

Posting Komentar