Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi Terbaik dan Mudah Dipahami

Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi Terbaik dan Mudah Dipahami
Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi

Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi Terbaik dan Mudah Dipahami - Paragraf narasi merupakan suatu paragraf karangan atau cerita yang menyuguhkan suatu peristiwa yang terjadi. Paragraf narasi menjelaskan suatu peristiwa yang berlangsung berdasarkan urutan waktunya. Pada paragraf narasi, cerita yang disajikan bisa cerita nyata yang benar-benar terjadi maupun cerita fiksi. Beberapa jensi cerita yang di dalamnya terdapat paragraf narasi antara lain novel, cerpen, roman, biografi serta kisah perjalanan.
Baca Juga: Pengertian karangan narasi terlengkap

Paragraf Narasi

Paragraf narasi pada dasarnya dibagi menjadi dua jenis, antara lain:

1.   Paragraf Narasi Ekspositoris
Narasi ekspositoris merupakan bentuk dari narasi yang menjelaskan suatu informasi tentang berlangsungnya suatu proses peristiwa secara terperinci. Jenis narasi ekspositoris pada umumnya bertujuan memberikan tambahan wawasan kepada pembaca. Tahap tahapan yang diuraikan pada narasi ekspositoris disajikan dengan penggunaan bahasa yang informatif dan mudah dimengerti.

Contoh Paragraf Narasi Ekspositoris
Menanam tomat hidroponik sebenarnya cukup mudah asal ada kemauan. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menanam tomat dengan sistem hidroponik adalah dengan cara menyemai benih tomat terlebih dahulu. Ketika tomat telah berumur 7 hari barulah tomat siap di pindahkan ke media polybag. Setelah itu hal yang harus anda lakukan adalah melakukan perawatan tanaman yang meliputi pemupukan serta pengendalian hama dan penyakit. Barulah ketika tomat telah berumur 60 hari tomat sudah bisa dipanen.

2.   Paragraf Narasi Sugestif
Berbeda dengan narasi ekspositoris, narasi sugestif merupakan jenis narasi yang menjelasskan suatu kejadian baik itu dari  pengalaman maupun cerita fiksi atau khayalan yang bertujuan untuk merangsang pembaca agar merasakan apa yang terjadi pada cerita yang disajikan. Narasi sugestif pada penyajiannya menggunakan bahasa yang sifatnya lebih konotatif atau bahasa kiasan.

Contoh Paragraf Narasi Sugestif
Matahari pun belum terlihat ketika wondo meninggalkan gubuknya menuju ke pasar dengan sepeda tuanya. Di perjalanan ada yang meneriakkan namanya "kakek berhenti!" wondo pun berhenti sekejap dan dia termenung. Seorang gadis cilik yang tertinggal angkutan sayuran menuju sekolahnya itu mengejar wondo, wondo pun akhirnya berhenti. Gadis itu memohon kepada wondo yang sedang membawa sayur dagangannya menuju ke pasar itu untuk mengantarkannya ke sekolah. Sekejap wondo berfikir karena sekolah dan pasar arahnya berbeda. Namun karena rasa iba wondo kepada anak itu wondo pun rela mengantarkannya kesekolah dan merelakan dagangannya, karena jika matahari sudah terlihat pembeli pun sudah habis. Namun apa dikata ketika wondo pulang membawa dagangannya yang tidak laku. Tetapi apa dikata jika rezeki yang mencari kakek tua itu. Seorang langganannya rela menunggu wondo dirumah demi untuk membeli sayurannya itu. 

Itulah baru kita simak tentang pengertian dan contoh paragraf narasi. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang mengalami kesulitan dalam menjelasskan paragraf narasi.

Related Posts:

1 Response to "Pengertian dan Contoh Paragraf Narasi Terbaik dan Mudah Dipahami"