Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Paragraf Argumentasi Singkat



Paragraf Argumentasi

Pada postingan sebelumnya admin telah menjelaskan tentang pengertian dan contoh paragraf deskripsi. Nah pada postingan kali ini admin masih akan menjelaskan tentang jenis-jenis paragraf yaitu Paragraf Argumentasi. Admin yakin sobat-sobat masih banyak yang bingung tentang apa sih paragraf argumentasi itu. Maka dari itu pada perjumpaan kali ini admin akan menjelaskan tentang pengertian, cara membuat serta contoh paragraf argumentasi.

Pengertian Paragraf Argumentasi
Paragraf argumentasi merupakan salah satu jenis paragraf yang banyak digunakan dalam berbagai jenis tulisan. Paragraf argumentasi adalah paragraf yang berisi tentang opini, sikap, perilaku yang didalamnya disertai dengan alasan, contoh-contoh serta bukti yang dapat meyakinkan pembaca tentang isi rangkaian cerita yang terdapat pada paragraf tersebut.

Cara Membuat Paragraf Argumentasi

  1. Pertama yang harus dilakukan untuk membuat paragraf argumentasi ialah menentukan tema cerita serta topik  yang akan dituangkan ke dalam paragraf.
  2. Merumuskan tujuan penulisan
  3. Mengumpulkan serta menentukan bahan-bahan cerita yang bisa berbentuk bukti, fakta maupun pernyataan pendukung lainnya.
  4. Langkah keempat yaitu membuat kerangka karangan
  5. Selanjutnya yang terakhir adalah mengembangkan kerangka-karangan yang telah dibuat agar menjadi suatu karangan yang dituangkan dalam satu paragraf.


Contoh Paragraf Argumentasi
Pembunuhan seorang pria yang terjadi di jalan merdeka akhir pekan lalu ternyata sudah menemui titik terang. Hal tersebut disimpulkan oleh anggota kepolisian yang melakukan penyidikan ditempat itu selama satu minggu ini. Dia mengungkapkan bahwa pelakunya adalah orang dekatnya. Hal itu diperkuat dengan bukti yang terdapat di telepon genggam miliknya sebelum peristiwa terjadi dimana korban sempat menghubungi pelaku lewat sms. Namun saat ini pencarian pelaku masih terus dilakukan. Kabar terakhir yang diterima bahwa pelaku telah melarikan diri keluar kota.

Contoh Paragraf Argumentasi
Pisang memang terbukti dapat membantu sesorang menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah pisang terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Selain itu di dalam buah pisang terdapat serat yang cukup tinggi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Pisang juga dapat membuat seseorang cepat merasa kenyang sehingga nafsu makan dapat berkurang dan hal tersebut tentunya sangat membantu untuk mempercepat program diet.

Contoh Paragraf Argumentasi
Pembalap Moto GP Valentino Rossi sangat kecewa dengan hasil yang didapat di sirkuit sepang akhir pekan kemarin. Hal tersebut tidak lain karena insiden balapan yang melibatkan dia dengan salah satu pembalap Repsol Honda Marc Marquez yang mengakibatkan pembalap muda itu keluar lintasan dan gagal menyelesaikan balapan. Sang juara Moto GP tujuh kali itu menyangkal tuduhan yang datang kepadanya yang menyebutkan dia menendang Marquez hingga keluar lintasan. Rossi pun membela diri menyebutkan Marquez yang nekat menyalipnya saat di tikungan. Berdasarkan video balapan tersebut Marquez memang terlihat memepet Rossi saat berada ditikungan namun ia gagal dan akhirnya terjatuh. Sekilas pada video tersebut memang terlihat lutut dari Valentino Rossi mengenai stang pembalap Repsol honda itu. Namun hal ini sedang di selediki oleh panitia penyelenggara dengan menelaah video balapan tersebut. Jika terbukti bersalah The Doctor akan dikenai sanksi  yang membuatnya jelas dirugikan karena mengingat seri selanjutnya adalah seri penentuan di Valencia, Spanyol.

Baru kita simak tentang ulasan Pengertian dan Contoh Paragraf Argumentasi Singkat. Semoga artikel ini dapat membantu anda. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya yang jelas akan menyajikan ilmu-ilmu yang lebih bermanfaat lainnya.

Related Posts:

1 Response to "Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Paragraf Argumentasi Singkat "