Pengertian dan Contoh Paragraf Generalisasi Terlengkap

Pengertian dan Contoh Paragraf Generalisasi Terlengkap


Paragraf generalisasi merupakan salah satu jenis dan pengembangan dari paragraf induktif atau induksi. Paragraf generalisasi adalah paragraf yang diawali dengan kalimat-kalimat pernyataan yang bersifat khusus lalu ditarik kesimpulan yang bersifat umum pada akhir paragraf. Kalimat-kalimat pernyataan yang bersifat khusus tersebut merupakan kumpulan peristiwa yang sudah terjadi. Paragraf generalisasi menggunakan penalaran pada paragraf induktif. Nah dari pada sobat-sobat tambah bingung, mari kita simak saja contoh paragraf generalisasi di bawah ini.

Contoh Paragraf Generalisasi 1

Lomba panjat pinang yang diadakan sangat meriah sekali untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Bukan hanya panjat pinang, lomba balap karung, lomba bakiak, lomba futsal ibu-ibu juga diadakan demi memeriahkan hari yang sangat bersejarah tersebut bagi seluruh rakyat Indonesia. Lomba panjat pinang menjadi lomba penutup dari kegiatan yang sangat meriah tersebut. Tidak ketinggalan juga orgen tunggal juga menambah ramai suasana hari itu. Anak-anak, Ibu-ibu hingga orang tua semuanya sangat bersemangat pada hari itu. Hadiah yang akan dibagikan juga benar-benar menarik misalnya saja, sepeda gunung, televisi, kulkas, handphone, serta masih banyak hadiah kecil-kecilan lainnya. Itulah kegiatan dan menariknya lomba 17 Agustus di Kota Metro.

Contoh Paragraf Generalisasi 2

Taman Nasional Way Kambas adalah taman nasional yang ada di Propinsi Lampung. Way Kambas merupakan satu-satunya tempat penangkaran gajah Sumatera yang diyakini saat ini keberadaannya sangat terancam. Bukan hanya Way Kambas saja yang ada di Propinsi Lampung melainkan pantai-pantai eksotik nan indah yang tersebar di seluruh pesisir di Propinsi Lampung. Berbagai jenis pantai dari pantai pasir putih, pantai terumbu karang dan masih banyak lagi. Maka dari itu tidak heran jika wisatawan lokal dan asing banyak yang memilih Propinsi Lampung sebagai destinasi utamanya.

Contoh Paragraf Generalisasi 3

Buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Beberapa manfaatnya antara lain mampu menangkal berbagai penyakit berbahaya. Selain nikmat buah ini sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk melancarkan pencernaan karena di dalamnya sangat kaya akan serat. Bukan hanya itu saja, daun sirsak juga ternyata terbukti ampuh mengobati penyakit kanker. Banyak penelitian yang telah meneliti daun sirsak dan semua hasilnya mengatakan bahwa daun sirsak memang ampuh untuk mencegah dan mengobati kanker. Ternyata tanaman sirsak adalah tanaman yang penuh manfaat bagi manusia.

Contoh Paragraf Generalisasi 4

Belasan ribu pulau tersebar dari Sabang hingga Marauke menjadikan Indonesia sebagai negara dengan pulau terbanyak di dunia. Pulau-pulau tersebut banyak yang belum terjamah manusia sehingga keadaannya masih benar-benar alami. Selain itu hutan yang ada di dunia satu perempat bagiannya ada di Indonesia. Jadi wajar jika hutan Indonesia disebut sebagai paru-paru dunia. Keragaman flora dan fauna tersebar dari daratan hingga lautan yang merupakan kekayaan alam ini. Hewan-hewan endemik tersebar dari timur ke barat yang menambah ke eksotisan negeri ini. Flora yang ada di Indonesia juga tak kalah menarik. Lebih dari jutaan spesies tersebar di Indonesia itupun dirasa masih banyak spesies-spesies yang belum dikenali. Maka dari itu tidak heran jika dunia menyebut Indonesia sebagai negara dengan kekayaan alam nomer satu di dunia.

Contoh Paragraf Generalisasi 5

Banjir yang ada selalu terjadi di Jakarta setiap tahunnya merupakan masalah lama yang hingga saat ini belum teratasi. Kiriman air dari bogor setiap musim hujan yang selalu menenggelamkan daratan Ibu Kota menjadi hal yang sudah biasa bagi rakyat Jakarta. Permasalahan banjir dianggap sangat kompleks karena erat kaitannya dengan kebiasaan masyarakat yang sering membuang sampah sembarangan. Hal tersebut karena banyaknya pemukiman kumuh yang berjejer di pinggiran sungai-sungai di Jakarta. Pengelolaan sungai serta sosialisasi yang baik ke masyarakat dianggap belum mampu menyelesaikan masalah ini. Oleh karena itu tidak heran jika Jakarta merupakan daerah langganan banjir setiap tahunnya.

Nah contoh diatas menjadi contoh kalimat generalisasi terakhir yang sekaligus mengakhiri perjumpaan kita pada hari ini. Semoga sobat-sobat paham akan penjelasan yang telah admin berikan diatas. Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Paragraf Generalisasi Terlengkap"

Posting Komentar