4 Contoh Karangan Argumentasi Tentang Alam dan Lingkungan Terbaru


4 Contoh Karangan Argumentasi Tentang Alam dan Lingkungan Terbaru

Contoh Karangan Argumentasi Tentang Alam dan Lingkungan - Mungkin sobat sedang mencari inspirasi untuk membuat karangan argumentasi? atau sobat bingung ingin memulai dari mana? Maka dari itu admin akan memberikan beberapa contohnya namun sebelum itu jika sobat belum paham tentang kalimat dan paragraf argumentasi maka dapat mempelajarinya lebih dulu.

Contoh Karangan Argumentasi 1

Judul:   Indonesia Bukan Paru-paru Dunia

Dahulu Negeri kita tercinta ini disebut-sebut sebagai paru-paru dunia karena sekitar 1/4 bagian hutan dunia berada di Indonesia. Namun sepertinya julukan itu sudah tidak layak lagi ditujukan untuk Indonesia. Sebagian besar hutan Indonesia telah rusak dan banyak flora dan fauna yang kehilangan tempat tinggalnya sehingga lumrah saja jika banyak flora dan fauna di Indonesia yang terancam punah. Ketidak bertanggung jawaban orang-orang membuat banyak rakyat Indonesia terbebani. Bukan cuma pejabat yang merugikan rakyat namun saat ini banyak penjahat yang berkedok perusahaan semau-mau menggunakan hutan untuk kepentingan pribadi. Karunia tuhan yang besar kepada Indonesia telah disalah gunakan oleh sebagian kelompok orang saja dan bukan untuk rakyat Indonesia secara luas.

Keseimbangan hutan jelas mempengaruhi banyak hal hingga tidak heran banyak bencana yang bertubi-tubi datang menghampiri Indonesia. Banjir, tanah longsor, global warming, dan bencana kecil lainnya merupakan makanan yang tidak asing bagi televisi Indonesia. Sungguh menyakitkan rasanya melihat negeri yang kita cintai ini bukan lagi negeri yang asri. Bencana yang datang tidak mengincar orang yang menyalahgunakan melainkan rakyat kecil yang setiap harinya mencari makan dan bekerja di hutan. Coba hitung berapa banyak rakyat Indonesia yang telah menjadi korban kemurkaan alam. Sungguh ini kejahatan yang luar biasa kejam.

Bencana banjir dan tanah longsor diakibatkan karena sudah tidak adanya penyangga bumi kita ini. Daya hisap tanah terhadap air menurun. Pergeseran lempeng tanah mengakibatkan longsor. Hingga global warming terjadi semua rakyat dunia merasakannya. Hal ini karena manusia tidak sadar akan murka tuhan karena sudah menyalahgunakan nikmatnya. Maka dari itu jika ingin hutan Indonesia asri mari bersama-sama kita berjuang untuk menghijaukan hutan kita. Jika tidak bisa, buatlah hal kecil yang menunjukan bahwa kita cinta alam seperti tidak membuang sampah sembarangan.

Contoh Karangan Argumentasi 2

Judul:   Alam Mengancam Kesehatan

Tanpa kita sadari saat ini alam kita telah memberikan ancaman yang besar bagi kesehatan manusia. Bagaimana tidak, perbuatan manusia sendirilah yang membuat ancaman itu terjadi. Udara yang bersih, sungai yang jernih pun sudah sulit ditemui. Banyak orang yang telah terenggut nyawanya akibat perbuatannya sendiri. Asap kendaraan, sampah disungai, hutan yang gundul semuanya merupakan perbuatan manusia. Tanpa sadar hal tersebut menjadi bumerang yang menyakitkan bagi kita semua. Namun bukannya berkurang, saat ini semakin banyak nyawa manusia yang dihabisi oleh penyakit yang dibuatnya sendiri.

Banjir di Jakarta merupakan salah satu contoh dari keteledoran dan ketidak pedulian manusia terhadap alam dan lingkungan. Sampah yang dibuang selama bertahun-tahun kesungai secara nyata saat ini berbalik merugikan manusianya sendiri. Setiap tahun Jakarta ditenggelamkan air hujan dan setiap tahun juga masyarakat Jakarta mati percuma dari penyakit yang disebabkan dari banjir. Namun bukannya menyadari, masyarakat Jakarta malah semakin menjadi-jadi membuang sampah secara sembarangan seperti ingin protes kepada alam. 

Coba anda lihat kebakaran hutan Indonesia yang baru saja terjadi di Sumatera dan Kalimantan. Dunia di hebohkan oleh bencana itu. Negara tetangga terganggu akan asap yang ditimbulkannya. Penyakit seperti ISPA datang menyerang manusia dari anak kecil hingga orang dewasa. Tidak sedikit yang mati akibat penyakit tersebut. Hal ini karena keserakahan orang-orang yang tidak bertanggung jawab membakar hutan dengan semaunya sehingga jutaan orang dirugikan dari ulah mereka. 

Sayangi alam kita maka alam akan menyayangi kita. Lingkungan yang selalu terjaga akan memberikan manfaat yang sangat banyak bagi manusia. Dengan menghentikan perbuatan yang bisa merusak alam maka kita akan memberikan warisan yang sangat besar kepada anak cucu kita kelak. 


Nah itulah sobat contoh karangan argumentasi tentang alam dan lingkungan semoga dapat menginspirasi sobat. Tunggu karangan-karangan selanjutnya dari kami!

Related Posts:

0 Response to "4 Contoh Karangan Argumentasi Tentang Alam dan Lingkungan Terbaru"

Posting Komentar