20 Contoh Paragraf Campuran Beserta Pengertian Terlengkap

20 Contoh Paragraf Campuran Beserta Pengertian Terlengkap
20 Contoh Paragraf Campuran Beserta Pengertian Terlengkap

20 Contoh Paragraf Campuran Beserta Pengertian Terlengkap


Paragraf Campuran

Pada perjumpaan kita yang sebelumnya kita telah membahas artikel tentang paragraf induktif dan paragraf deduktif  yang admin yakin sobat-sobat sudah paham semuanya kan?. Untuk paragraf campuran sebenarnya merupakan gabungan dari kedua paragraf tersebut. Jadi dapat disimpulkan bahwa Paragraf Campuran merupakan paragraf yang gagasan utamanya terdapat pada awal dan akhir kalimat.

Untuk lebih jelasnya mari kita lihat beberapa contoh paragraf campuran dibawah ini:

Contoh paragraf campuran 1
Internet saat ini telah menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar manusia. Hampir semua orang mengandalkan internet untuk berkommunikasi jarak jauh. Saat ini juga orang-orang telah mengesampingkan sms, telepon yang menggunakan biaya pulsa. Mereka saat ini lebih mengandalkan aplikasi-aplikasi mesengger yang mempunya fitur yang lebih lengkap. Hal tersebut jelas membuat manusia sangat mengandalkan internet untuk melakukan aktifitasnya sehari-hari.

Contoh paragraf campuran 2
Saat ini keberadaan pasar tradisional mulai tergusur dengan banyaknya pasar modern. Orang-orang saat ini lebih memilih untuk berbelanja ke supermarket meskipun mereka tahu bahwa harga yang ditawarkan supermarket lebih mahal dari yang ada di pasar tradisional. Selain itu supermarket juga dianggap lebih bersih ketimbang pasar tradisonal yang berantakan dan tidak bersih. Hal ini jelas mengancam nasib orang-orang kecil yang bekerja di pasar tradisional. Maka dari itu sangat diperlukan pemerintah untuk menjamin nasib para pedagang pasar tradisional dengan membatasi keberadaan supermarket disuatu daerah. Dengan begitu keberadaan supermarket tidak akan mengancam keberadaan pasar tradisional yang telah bertahun-tahun menjadi mata pencaharian banyak orang.

Contoh paragraf campuran 3
Jalanan di Jakarta pada libur panjang natal dan tahun baru ini terlihat cukup sepi dan tidak macet seperti hari-hari kerja. Hal ini disebabkan karena banyak sekali penduduk Jakarta yang pergi liburan bersama keluarganya baik itu pulang kampung ke kampung halaman maupun pergi berekreasi. Polisi juga terlihat lebih santai dari biasanya karena kendaraan yang melintas tidak padat seperti biasanya. Suara kendaraan serta klakson kendaraan juga sangat jarang terdengar. Namun hal ini tidak akan terjadi di Ibukota jika tidak ada libur panjang

Nah itulah beberapa Contoh Paragraf Campuran yang mengakhiri perjumapaan kita pada kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua.

Related Posts:

0 Response to "20 Contoh Paragraf Campuran Beserta Pengertian Terlengkap"

Posting Komentar