Pengertian Beserta 15 Contoh Paragraf Persuasi Terbaik

Pengertian Beserta 15 Contoh Paragraf Persuasi Terbaik
Pengertian Beserta Contoh Paragraf Persuasi 

Pengertian Beserta 15 Contoh Paragraf Persuasi Terbaik


Paragraf Persuasi

Hai sobat bahasaindonesiaku! Bagaimana kabarnya hari ini? Pada perjumpaan kali ini admin akan memberikan informasi untuk menambah wawasan sobat tentang Paragraf Persuasi. Pertama-tama yuk mari kita cari tahu apa sih sebenarnya paragraf persuasi itu. 

Paragraf Persuasi adalah Paragraf yang berisi uraian di dalamnya yang bertujuan untuk mempengaruhi, menghimbau, merayu pembaca agar mau mengikuti maksud utama pada paragraf tersebut dengan kata lain adalah keinginan penulis. Cara membuat paragraf persuasi sebenarnya tidaklah sulit hanya saja kita perlu melihat fakta-fakta yang ada disekitar. Dengan menentukan tema cerita yang akan dituangkan maka anda akan lebih mudah membuat paragraf persuasi nantinya. 

Himbauan, rayuan serta ajakan merupakan tujuan utama paragraf persuasi untuk mengajak si pembaca agar mengikuti maksud dari penulis. Contohnya saja ajakan tentang "mencegah bahaya merokok pada anak" atau "waspada bahaya begal motor" dan masih banyak contoh tema yang lain yang dapat diterapkan menjadi satu paragraf persuasi. Nah maka dari itu untuk  lebih mudahnya mari kita simak contoh-contoh paragraf persuasi dibawah ini.

Contoh Paragraf Persuasi
Orang tua dan keluarga merupakan faktor terpenting untuk menjaga perilaku anak agar tidak terjerumus dalam bahaya merokok. Saat ini merokok bukan lagi hal yang tabu dimata anak-anak dan orang dewasa. Dengan bahaya rokok yang ditimbulkan, wajib bagi anda untuk mengawasi anak anda agar tidak ikut ke pergaulan merokok rekan-rekannya. Jika anda berhasil mengawasi anak anda dari bahaya rokok maka berarti anda telah berhasil menjaga generasi muda bangsa ini dari kerusakan merokok.

Catatan:
Jika kita melihat tentang susunan cerita uang tersaji di dalam paragraf tersebut maka dapat disimpulkan paragraf berisi tentang ajakan dan himbauan tentang bahaya merokok bagi anak.

Contoh Paragraf Persuasi
Pemerintah Kota Bandar Lampung mulai bulan Juni 2015 ini telah mewajibkan jam wajib belajar bagi pelajar. Hal tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada para pelajar agar mampu menjalankan kewajibannya sebagai pelajar yaitu belajar. Jam wajib belajar diterapkan mulai dari jam 19.00 sampai jam 10.00 dengan menghimbau orang tua agar melarang anak untuk mematikan televisi. Kebijakan ini memang sulit diterapkan jika hanya pemerintah saja yang berusaha. Maka dari itu pemerintah mengajak semua warga Bandar Lampung untuk mendukung program ini.

Catatan:
Pada contoh paragraf persuasi diatas dapat disimpulkan bahwa paragraf narasi diatas berisi tentang himbauan dari pemerintah pada warga untuk mendukung program jam belajar.

Contoh diatas sekaligus merupakan akhir dari diskusi kita pada perjumpaan ini. Artikel tentang Pengertian Beserta 15 Contoh Paragraf Persuasi Terbaik semoga dapat menambah wawasan anda tentang keunikan Bahasa Indonesia secara luas.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian Beserta 15 Contoh Paragraf Persuasi Terbaik"

Posting Komentar