Pengertian dan Macam-macam Unsur Ekstrinsik Cerpen Terlengkap

Pengertian dan Macam-macam Unsur Ekstrinsik Cerpen Terlengkap
Pengertian dan Macam-macam Unsur Ekstrinsik Cerpen 

Pengertian dan Contoh Unsur Ekstrinsik Cerpen Terlengkap


Unsur Ekstrinsik Cerpen

Di dalam cerpen terdapat unsur-unsur yang sangat penting dan berpengaruh pada isi cerpen tersebut. Unsur-unsur tersebut adalah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Kedua unsur tersebutlah yang membuat alur cerita di dalam cerpen menjadi lebih hidup.

Unsur intrinsik adalah unsur yang membangun yang berasal dari dalam. Sedangkan unsur ekstrinsik berarti unsur-unsur pembangun cerpen yang berasal dari luar. Ruang lingkup unsur ekstrinsik jelas lebih luas dari intrinsik karena sangat banyak hal faktor-faktor pembangun sebuah cerpen yang berasal dari luar. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas unsur-unsur tersebut satu persatu.

Unsur-unsur ekstrinsik 

1.   Latar Belakang Masyarakat
Unsur ekstrinsik yang pertama adalah latar belakang masyarakat. Latar belakang masyarakat merupakan unsur yang sangat berpengaruh untuk membentuk seseorang. Jadi latar belakang masyarakat dianggap mempengaruhi penulis dalam menulis cerpen. Latar belakang masyarakat dibagi menjadi beberapa faktor antara lain:

a.   Ideologi negara
Pada suatu negara, karya sastra dianggap dibentuk berdasarkan ideologi negara tersebut. Jadi disetiap negara yang pastinya ideologinya berbeda pasti karya sastranya pun berbeda.

b.   Kondisi politik negara
Sobat pasti bertanya-tanya mengapa kondisi politik mempengaruhi karya sastra. Namun kondisi politik yang terdapat disuatu negara akan mempengaruhi bentuk karya sastra yang ada. Misalnya saja cerpen yang berada di Indonesia yang memiliki politik yang kisruh pasti berbeda dengan cerpen yang berasal dari Malaysia yang kondisi politiknya lebih stabil.

c.   Kondisi ekonomi negara
Secara tidak langsung kondisi ekonomi jelas mempengaruhi karya sastra yang ada di dalamnya. Kondisi ekonomi suatu negara yang memiliki ekonomi yang baik jelas berbeda dengan negara yang memiliki kondisi perekonomian yang kurang baik.

d.   Kondisi sosial Kondisi sosial yang memiliki tatanan yang baik serta terdapat batasan-batasan prilaku dan terdapat sanksi masyarakat di dalamnya pasti akan membentuk karya sastra yang berbeda jika dibandingkan dengan karya sastra yang terbentuk dengan kondisi sosial yang tidak tertata.


2.   Latar Belakang Penulis
Latar belakang penulis merupakan unsur-unsur pembentuk penulis tersebut yang berasal dari dirinya sendiri. Latar belakang penulis meliputi riwayat hidup penulis, kondisi psikologi, dan aliran sastra penulis maka mari kita bahas satu per satu faktor-faktor tersebut.

a.   Riwayat hidup penulis
Riwayat hidup atau biografi merupakan faktor-faktor pembentuk karakter penulis yang jelas antara penulis satu dan yang lainnya berbeda karena pengalaman yang dimiliki juga berbeda. Maka dari itu antara penulis satu dan yang lainnya memiliki gaya bahasa serta aliran yang berbeda dalam menulis.

b.   Kondisi psikologi penulis
Kondisi psikologi sangat erat kaitannya dengan minat, motivasi serta kondisi perasaan seorang penulis disaat dan sebelum menulis. Kondisi psikologi tersebut sangat berpengaruh besar terhadap alur cerita yang akan dibuat nantinya karena kondisi perasaan yang sedang senang, sedih ataupun gundah jelas akan membedakan ceritayang akan ditulis.

c.   Aliran sastra
Aliran sastra atau sering dikenal dengan genre adalah sesuatu yang dipegang teguh oleh penulis. Hal ini sangat mempengaruhi cerita yang dihasilkan. Aliran penulis diperumpamakan seperti genre musik yang banyak sekali jenisnya. Oleh karena itu setiap genre akan menghasilkan seni yang berbeda.


3.   Nilai yang Terkandung di Dalam Cerpen
Dalam sebuah cerpen terdapat beberapa nilai yang terkandung di dalamnya antara lain: nilai agama, nilai sosial, nilai budaya, dan nilai budaya. Mari kita bahas satu persatu nilai-nilai tersebut.

a.   Nilai agama
Nilai agama yaitu nilai-nilai di dalam cerpen yang terdapat kaitannya dengan ajaran agama yang dapat diambil manfaatnya.

b.   Nilai sosial
Nilai sosial adalah nilai yang dapat diambil manfaatnya yang berasal dari kondisi sosial yang ada di dalam cerpen misalnya lingkungan tokoh dan masyarakat sekitar tokoh yang ada di dalam cerpen.

c.   Nilai moral
Nilai moral yaitu nilai-nilai yang terdapat di dalam cerpen yang berkaitan dengan sikap, prilaku dan etika yang berlaku di dalam masyarakat. Nilai moral yang terdapat di dalam cerpen bukan hanya nilai moral yang baik namun juga nilai moral yang buruk.

d.   Nilai budaya
Nilai budaya adalah nilai-nilai yang berkaitan dengan adat istiadat, kebiasaan serta tradisi yang berlaku di dalam masyarakat di dalam cerpen.

Itulah baru kita simak tentang pengertian dan macam-macam unsur ekstrinsik cerpen terlengkap. Semoga artikel ini dapat membantu sobat. Sampai jumpa pada perjumpaan selanjutnya yang tentunya dengan artikel yang lebih menarik.

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Unsur Ekstrinsik Cerpen Terlengkap"

Posting Komentar