Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif yang Mudah Dipahami

Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif yang Mudah Dipahami
Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif yang Mudah Dipahami


Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif


Paragraf Induktif

Jika pada beberapa waktu lalu bimbelbahasaindonesia telah menjelasskan tentang paragraf deduktif, maka pada perjumpaan kali ini kami akan menyejikan ulasan tentang paragraf induktif.

Paragraf Induktif merupakan jenis paragraf yang gagasan utamanya terletak pada akhir akhir paragraf. Paragraf induktif selalu diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang menjelaskan tentang gagasan utama yang terletak pada kalimat akhir paragraf.
Pada dasarnya paragraf induktif terdapat tiga jenis, antara lain:
  1. Paragraf Induktif Generalisasi, yaitu paragraf induktif yang dikembangkan sebagai suatu pola yang bertolak dari sejumlah peristiwa nyata yang memiliki kemiripan menuju pada kesimpulan. Intinya paragraf  induktif generalisasi selalu diawali dengan kalimat-kalimat yang merupakan penalaran generalisasi.
  2. Paragraf Induktif Analogi, yaitu rangkaian pola paragraf yang berupa perbandingan dari dua hal yang sifatnya sama. Kesimpulannya bahwa paragraf induktif analogi didasarkan sifat persamaan dalam hal lain yang beranggapan bahwa sudah terdapat persamaan dalam berbagai segi.
  3. Paragraf Induktif Hubungan Klausal, yaitu pola susunan paragraf yang memiliki hubungan sebab dan akibat berdasarkan beberapa fakta.
Contoh Paragraf Induktif
Impor beras Indonesia pada tahun 2014 sebanyak 40% dari seluruh kebutuhan beras nasional. Hal itu cukup mengkhawatirkan mengingat pertumbuhan penduduk yang terus meningkat setiap tahunnya. Namun ditangan pemerintahan jokowi saat ini impor beras sudah mulai menurun. Menurut BPS tahun 2015 ini impor beras nasional hanya 1 % saja itupun hanya beras khusus yang diperuntukan bagi penderita diabetes. Hal tersebut cukup membuktikan bahwa pemerintahan Jokowi cukup sukses di bidang kedaulatan pangan karena telah mampu menekan angka impor beras yang cukup signifikan.

Contoh Paragraf Induktif
Saat ini generasi muda semakin bobrok. Banyak sekali anak-anak yang putus sekolah tanpa disebabkan hal-hal yang jelas. Anak dibawah umur yang merokok sudah tidak menjadi hal yang aneh lagi dimata orang-orang. Bukan hanya itu saja, lebih parahnya lagi saat ini teror narkoba yang melanda anak bangsa juga semakin parah. Seks bebas sudah bukan hal tabu di mata mereka dan akibatnya banyak anak muda yang terserang HIV/AIDS. Dalam hal ini peran orang tua serta keluarga sangat dibutuhkan demi menjaga keselamatan anak bangsa dari pergaulan bebas.

Contoh paragraf tersebut mengakhiri perjumpaan kita kali ini tentang ulasan Pengertian dan Contoh Paragraf induktif. Sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya dan tentunya dengan sajian yang lebih menarik lagi!

Related Posts:

0 Response to "Pengertian dan Contoh Paragraf Induktif yang Mudah Dipahami"

Posting Komentar